Sukses

Cosmas Batubara Tutup Usia, Ini Perjalanan Kariernya 15 Tahun Menjabat Menteri

Mantan Menteri Cosmas Batubara tutup usia pada usia 80 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Berita duka datang dari mantan menteri Indonesia, Cosmas Batubara. Menteri tenaga kerja era Presiden Soeharto tersebut, meninggal dunia dini hari tadi, Kamis 8 Agustus 2019 sekitar pukul 03.27 WIB pada usia 80 tahun.. Mendiang yang juga pernah menjabat anggota DPR-RI itu menghembuskan napas terakhirnya saat mendapat perawatan di Rumah Sakit Kencana. Hal ini disampaikan oleh cucu Cosmas, Michael Manurung.

"Telah Berpulang ke rumah Bapak di Surga suami/ayah/opung yang kami cintai Bapak Cosmas Batubara pada Hari Kamis, 8 Agustus 2019," tulis Michael Manurung dalam pesan singkatnya, Kamis (8/8/2019). Jenazah akan disemayamkan di Cikini, Jakarta Pusat. Rencananya, Cosmas Batubara akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Cosmas meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker limfoma selama dua tahun. Cosmas Batubara diketahui telah menjalankan beberapa tahapan pengobatan kemoterapi di Jepang sebelum tutup usia. Cosmas Batubara adalah mantan menteri era Presiden Soeharto dan telah menjabat menjadi menteri selama 15 tahun.

Berikut perjalanan karier mantan menteri Cosmas Batubara yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier Cosmas Batubara

Cosmas Batubara lahir di Purbasaribu, Simalungun, 19 September 1938. Ia menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri. Pada masa mahasiswanya, ia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Ia juga menjadi Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani.

Pada 18 Januari 1966, Presiden Sukarno menerima 10 aktivis mahasiswa di Istana Merdeka. Salah satunya Cosmas, yang merupakan pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66. Ketika Cosmas menjadi ketua rombongan, ia menyampaikan petisi Tritura (Tri Tuntutan Rakyat), langsung membuat murka Bung Karno. Pada era Soeharto, Cosmas Batubara yang juga merupakan anggota Partai Golkar tersebut, pernah menjabat menteri untuk beberapa bidang.

Pada masa pemerintah Presiden Soeharto, Cosmas pernah memegang beberapa jabatan menteri, yaitu Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat (1978-1983), Menteri Negara Perumahan Rakyat (1983-1988), dan Menteri Tenaga Kerja (1988-1993). Sebelumnya, ia juga menjadi anggota DPR dari Fraksi Karya Pembangunan (Golkar) pada periode 1967-1978. Selain itu Cosmas pernah menduduki jabatan penting di beberapa perusahaan.

Cosmas Batubara pernah menjadi Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Komisaris Utama PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), dan Komisaris PT Intiland Development Tbk (DILD). Pada 2014, ia ditunjuk sebagai Rektor Podomoro University menggantikan Rhenald Kasali. Setelah tidak lagi menjabat di pemerintahan, Cosmas juga aktif sebagai konsultan sumber daya manusia dan komisaris di beberapa perusahaan realestat, perusahaan otomotif, minuman dan bubur kertas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.