Sukses

Jarang Diketahui, 4 Tanaman Ini Bisa Dijadikan Bonsai

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman tanaman terbesar di Dunia. Berbagai jenis tanaman dapat dipilih untuk dijadikan bonsai indah.

Bonsai merupakan sebuah tanaman kecil, yang ditanam di dalam pot dan tumbuh menyerupai pohon besar sesuai dengan bentuk batang serta lekukannya. Selain itu, pada zaman dahulu bonsai merupakan simbol kebahagiaan dalam ajaran Budha. Namun, saat ini tanaman bonsai sering dijadikan hiasan di rumah.

Tanaman di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dan tidak kalah dengan tanaman yang hidup di negara seperti Jepang, Cina atau negara-negara lainnya. Berikut ada 4 tanaman yang bisa dijadikan bonsai yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

1. Jeruk

Tanaman pertama yang bisa dijadikan bonsai adalah jeruk. Ada beberapa jenis jeruk yang menarik untuk dijadikan bonsai. Dalam membuat bonsai yang indah disarankan memilih tanaman jeruk yang berbentuk pohon dan bukan yang berbentuk semak atau perdu. Ada beberapa jenis tanaman jeruk yang bisa dijadikan bonsai yakni jeruk bali, jeruk keprok, dan jeruk kingkit.

3 dari 5 halaman

2. Sawo

Tanaman lainnya yang bisa dijadikan bonsai adalah sawo. Tanaman ini memiliki pohon yang mengandung getah. Sawo yang hidup di alam bebas bisa mencapai ketinggian lima sampai lima belas meter. Tanaman ini juga memiliki kulit batang yang tidak rata dan daun tunggal menyebar.

Ada beberapa jenis sawo yang bisa dijadikan bonsai seperti sawo manila, sawo kecik dan sawo duren.

4 dari 5 halaman

3. Siantho

Di Indonesia Siantho (Eugenia unifloral atau Eugenia michelli) memiliki naman lain yaitu dewa ndaru atau ceremai belanda. Tanaman ini sering dimanfaatkan menjadi tanaman pagar terutama di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tumbuhan ini memiliki ketinggian normal mencapai lima meter. Siantho memiliki buah yang banyak dan berwarna merah sehingga bentuknya menarik jika dijadikan bonsai.

5 dari 5 halaman

4. Jambu Biji

Jambu Biji merupakan tanaman buah yang memiliki daun berwarna hijau agak kasar. Tumbuhan ini memiliki buah berwarna hijau dan berbiji seperti kerikil, batu atau pasir keras.

Selain itu jambu bisi memiliki keunikan pada bagian batang yang halus dan keras serta akar yang indah. Jambu biji dapat kamu jadikan pilihan untuk membuat tanaman bonsai buah karena pohon ini mudah dibuat dan didapatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.