Sukses

Manfaat dari Jaringan Komputer untuk Kehidupan Manusia, Menjaga Data Rahasia

Liputan6.com, Jakarta Untuk mempermudah kelangsungan hidup, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari jaringan komputer. Ya, dengan jaringan komputer kamu bisa melakukan berbagai aktivitas untuk semakin mudah dan ringkas. 

Apalagi di zaman sekarang ini yang hampir seluruh kegiatan sehari-harinya membutuhkan bantuan komputer.

Begitu juga dengan produk komputer sendiri, ternyata tidak hanya sebatas PC dan laptop saja. Komputer saat ini juga sudah merambah dunia otomotif, komunikasi, dan juga bidang industri. Berkembang pesatnya suatu teknologi dikarenakan adanya perkembangan dari jaringan komputer juga.

Teknologi jaringan komputer memang saat ini sangatlah berkembang pesat. Tidak hanya mampu menghubungkan antar PC di dalam satu jaringan, namun juga semua benda yang memiliki pengoperasian menggunakan komputer bisa saling terhubung satu sama lain. Salah satu contohnya adalah beberapa jenis mobil yang sudah bisa saling terhubung dengan smartphone.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari jaringan komputer yang bisa kamu rasakan. Berikut Liputan6.com, Jumat (9/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat dari jaringan komputer yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakannya secara maksimal.

2 dari 5 halaman

Mengenal tentang Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi. Sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi, maupun berbagai perangkat keras komputer.

Tujuan dibangunnya jaringan komputer ini agar informasi atau data yang dibawa pengirim dapat sampai kepada penerima dengan tepat dan akurat. Ya, dengan jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.

Selain itu, kegunaan jaringan komputer juga sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client hingga diperoleh suatu data yang televan. Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Nah, untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protocol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Namun, jaringan komputer juga mungkin dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jaringan Komputer untuk Kegiatan Sehari-hari

Manfaat dari jaringan komputer bisa kamu rasakan dengan menggunakannya ke berbagai alat penggunaan, seperti untuk perusahaan, organisasi, atau bahkan untuk bidang personal dan juga masyarakat umum.

Ya, jaringan komputer akan memberikan banyak sekali manfaat bagi kelangsungan hidup, baik dari sebuah kelompok atau individu. Berikut ini ada beberapa manfaat dari jaringan komputer yang bisa kamu rasakan, baik untuk suatu kelompok maupun individu.

Mempermudah Berbagi Dokumen

Manfaat dari jaringan komputer bagi suatu kelompok atau perusahaan adalah bisa membantu mempermudah berbagi dokumen. Suatu perusahaan ataupun organisasi kerap kali memiliki banyak dokumen atau file-file yang harus dilihat antar divisi ataupun bagiannya.

Nah, dengan adanya jaringan komputer ini, maka sudah pasti proses berbagi menjadi lebih mudah dilakukan dan prosesnya menjadi lebih singkat. Dengan penggunaan jaringan komputer ini, kamu cukup sekali klik, maka semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa memperoleh akses ke dokumen yang kamu kirimkan. Jadi, tidak perlu bersusah payah membawa setumpuk dokumen.

Menjaga Data yang Sifatnya Rahasia

Jaringan komputer juga memiliki manfaat sebagi proteksi dan juga keamanan terhadap data-data penting dari sebuah organisasi ataupun perusahaan. Nah, dengan menggunakan jaringan, terutama jarigan lokal, atau LAN, maka hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja yang bisa membuka dan juga mengakses data.

Tentunya, hal ini bisa mengurangi dan menghindari faktor risiko akan kejadian-kejadian yang tidak bertanggung jawab seperti hacking dan peretasan data. Selain itu, manfaat dari jaringan komputer ini juga memudahkan berbagi dokumen menjadi lebih aman. Karena kamu bisa menggunakan private email, diaman tidak aka nada orang lain yang mengetahui aktivitas yang sedang kamu lakukan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jaringan Komputer untuk Kegiatan Sehari-hari

Berkirim Pesan dengan Menggunakan Email

Manfaat dari jaringan komputer selanjutnya adalah bisa berkirim pesan dengan menggunakan surat elektronik. Ya, saat ini surat elektronik atau email sudah mengganti fungsi dari kartu pos. Sehingga saat kamu ingin menyampaikan pesan ke seseorang, kamu tidak perlu bersusah-untuk untuk menulis dan mengirimkannya ke pos terlebih dahulu. Belum lagi harus menunggu beberapa hari bahkan bulan untuk surat itu sampai.

Nah, dengan adanya email ini, kamu bisa mempersingkat waktu untuk berkirim pesan. Hanya dengan sekali klik dan waktu yang tak lama, kamu sudah bisa mengirimkan email ke siapa saja melalui jaringan komputer.

Mencari Informasi Khusus

Nah, sedangkan manfaat dari jaringan komputer untuk individu atau perorangan juga sangat banyak. Kamu bisa mencari berbagai macam informasi dengan menggunakan jaringan komputer ini. Ya, melalui jaringan komputer kamu bisa menggunakan internet untuk mencari informasi-informasi khusus.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jaringan Komputer untuk Kegiatan Sehari-hari

Menggunakan Media Sosial

Kini, media sosial sudah sangat dekat dengan kegiatan masyarakat. Ya, media sosial atau yang biasa disingkat medsos ini merupakan salah satu produk unggulan dari jaringan komputer saat ini. Nah, dengan adanya medsos ini, hampir semua informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.

Jadi, tidak hanya melalui internet yang terhubung dengan jaringan komputer untuk memperoleh infoemasi. Dengan menggunakan media sosial juga, kamu bisa memperoleh manfaat dari jaringan komputer untuk mendapatkan berita terbaru, kondisi seseorang, hingga lokasi seseorang juga bisa kamu lacak dengan menggunakan medsos.

Bermain Games

Jaringan komputer juga masih sangat populer untuk bermain game. Baik itu untuk game online maupun offline, banyak yang membutuhkan koneksi jaringan komputer untuk bermain. Biasanya, hal ini muncul pada game-game yang memiliki fitur multiplayer. Kamu bisa mengkoneksikan baik ke dalam jaringan LAN, maupun jaringan internet untuk bisa bermain game tersebut.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Fungsi DHCP Server dalam Jaringan Komputer dan Cara Kerjanya