Sukses

Bikin Terenyuh, Ini 5 Fakta Penyakit Langka yang Diderita Anak Dede Sunandar

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini Komedian Dede Sunandar berkisah tentang kondisi anaknya. Dalam sebuah acara di Stasiun TV swasta yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Dede Sunandar bercerita tentang penyakit yang dialami oleh anaknya. 

Anak kedua Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, divonis mengidap penyakit langka. Bocah 1,5 tahun itu mengidap Williams Syndrome atau Sindrom Williams. Penyakit genetik ini diketahui dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh.

Efek dari sindrom ini, biasanya tampak pada fitur wajah. Pengidap sindrom william akan terlihat berdahi lebar, hidung pendek dan pipi penuh. Selain itu, masalah gigi, jantung dan hiperkalsemia juga sering muncul.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 fakta penyakit langka yang diderita anak Dede Sunandar, Jumat (9/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Penyakit langka Sindrom William

Sindrom Williams (WS) merupakan suatu kondisi genetik yang langka. Sindrom Williams adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi banyak bagian tubuh.

Kondisi ini ditandai dengan kondisi cacat intelektual ringan hingga sedang, karakteristik kepribadian yang unik, fitur wajah khas, jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) yang bermasalah.

3 dari 6 halaman

2. Tanda-tanda pengidap penyakit langka Sindrom William

Tanda-tanda dan gejala sindrom Williams bisa bervariasi, seperti penampilan wajah yang khas, dan kepribadian yang unik. Orang dengan sindrom Williams biasanya memiliki kesulitan dengan tugas-tugas visual-spasial seperti menggambar dan menyusun puzzle, tetapi mereka cenderung melakukan dengan baik tugas yang melibatkan bahasa lisan, musik, dan belajar dengan pengulangan (hafalan).

4 dari 6 halaman

3. Ciri-ciri anak pengidap penyakit langka Sindrom William

View this post on Instagram

#voiceover ❤️🙏🏻🏡

A post shared by dede sunandar (@dede_sunandar) on

Anak-anak kecil dengan sindrom Williams memiliki fitur wajah khas  seperti dahi yang lebar, hidung pendek dengan ujung yang luas, pipi penuh, dan mulut yang lebar. Tanda-tanda dan gejala tambahan sindrom Williams mencakup kelainan jaringan ikat (jaringan yang mendukung sendi tubuh dan organ).

5 dari 6 halaman

4. Belum ditemukan obat untuk pengidap penyakit langka Sindrom William

Karena sindrom williams adalah kelainan genetik, tidak ada obat atau perawatan yang bisa menyembuhkannya. Namun, ada beberapa terapi dan sumber daya yang tersedia untuk membantu mendukung anak-anak dan keluarga.

Sebagian besar anak-anak dengan sindrom williams dapat mengambil manfaat dari terapi fisik, terapi okupasi dan terapi wicara untuk membantu keterlambatan perkembangan dan keterampilan motorik.

6 dari 6 halaman

5. Dede Sunandar tolak pengobatan ke Amerika

Anak kedua Dede Sunandar yang bernama Ladzan Syafiq Sunandar dinyatakan dokter mengalami kelainan pada jantungnya. Dede mengatakan bahwa anak keduanya yang lahir pada 11 Februari 2018 mengalami penyakit langka yang disebut Williams Syndrome.

Kisah ini rupanya menarik perhatian seseorang dari Amerika Serikat. Lewat sebuah pesan langsung di media sosial, pria tersebut menawarkan bantuan medis secara gratis kepada Dede Sunandar. Namun karena berbagai pertimbangan, Dede Sunandar akhirnya menolak tawaran pengobatan ke Amerika tersebut.

Loading