Sukses

8 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Ikonik dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan yang cukup populer di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari destinasi wisata yang cukup lengkap di Sumatera Barat yang dapat dikunjungi, mulai dari pantai, tempat bersejarah, dan tentunya tempat kuliner.

Tempat wisata di Sumatera Barat terdiri dari wisata alam yang beragam, seperti laut, pantai, gunung, danau hingga potensi wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Liburanmu bersama teman maupun keluarga akan menjadi lebih menyenangkan.

Tempat wisata di Sumatera Barat menawarkan berbagai destinasi menyenangkan. Saat liburan tempat wisata ini begitu ramai dikunjungi. Mulai dari wisata pada dataran tinggi, maupun wisata pada dataran rendah tersedia di Sumatera Barat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019) beberapa tempat wisata di sumatera barat.

2 dari 5 halaman

Wisata Ikonik di Sumatera Barat

Jam Gadang

Tempat wisata di Sumatera Barat yang pertama dan tidak boleh dilewatkan adalah Jam Gadang di Bukittingi. Ikon pariwisata Sumatera Barat khususnya Bukittinggi ini merupakan destinasi wisata yang memiliki nilai historis sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena Jam Gadang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, tempatnya yang tidak jauh dari pasar membuatmu bisa sekalian berkunjung untuk membeli oleh-oleh.

Istano Basa Pagaruyuang

Rumah Gadang merupakan rumah adat Sumatera Barat yang unik. Tentunya setiap orang yang berwisata ke Sumatera Barat sangat penasaran bagaimana bentuk rumah gadang dan ingin mendapatkan pengalaman secara langsung mesuk ke dalamnya. Istano Basa Pagaruyuang adalah solusi bagi rasa penasaranmu. Tempat wisata di Sumatera Barat satu ini sangat ikonik dan terkenal sebagai gambaran jayanya Minangkabau pada zaman dahulu. Kamu bisa masuk ke dalam Rumah Gadang ini dan melihat beberapa peninggalan budaya yang ada di dalamnya.

3 dari 5 halaman

Wisata Lembah di Sumatera Barat

Lembah Harau

Lembah Harau mungkin belum seterkenal Jam Gadang maupun Istano Basa Pagaruyuang. Namun keindahan Lembah Harau saat ini sedang diminati banyak orang. Menyediakan pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai dari bentangan sawah, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun membuat wilayah Lembah Harau merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Menikmati alam yang asri di Lembah Harau dapat menenangkan pikiran dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Ngarai Sianok

Masih seputar lembah, tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya ini adalah Ngarai Sianok yang berlokasi di Bukittinggi. Tidak kalah indah dibandingkan dengan Lembah Harau, Ngarai Sianok diibaratkan sebagai Grand Canyon-nya Bukittinggi. Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dan kamu juga bisa bermain air dan sekadar nongkrong bersama teman di bawah ngarai ini. Bila ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, kamu bisa masuk ke Taman Panorama dan menyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari sini.

4 dari 5 halaman

Lembah Anai dan Wisata Mandeh

Air Terjun Lembah Anai

Tempat wisata di Sumatera Barat satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di pandanganmu, karena sering disorot di televisi. Betapa tidak, berlokasi di pinggir jalan, air terjun lembah anai ini tentunya sangat mudah dikunjungi. Lokasinya berada di jalan antara Padang ke Bukittinggi. Kamu tidak hanya bisa menikmati air terjun ini dari mobil saja, namun bisa juga turun dan menikmati airnya yang dingin. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh karena banyak yang berjualan di sekitar tempat ini.

Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh terkenal dengan sebutan Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Hal ini karena pesona yang disajikan oleh tempat wisata di Sumatera Barat satu ini hampir sama dengan pesona Raja Ampat yang terkenal itu. Bahkan sekarang kawasan wisata mandeh juga sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya tersebut. Keindahan daratan dan keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi.

5 dari 5 halaman

Danau Singkarak dan Pulau Mentawai

Danau Singkarak

Ada beberapa danau di Sumatera Barat yang menjadi destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi. Salah satu yang terbesar adalah Danau Singkarak. Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat ini berada di 3 wilayah administrasi di Sumatera Barat dan menjadi sangat terkenal dengan adanya penyelenggaraan festival internasional Tour de Singkarak, yang diikuti oleh banyak pesepeda dari dalam maupun luar negeri. Danau Singkarak merupakan danau terluas ke-2 setelah Danau Toba. Di sini, selain menikmati pemandangan danau yang indah, kamu juga bisa menikmati kuliner khas danau yang sangat enak bersama keluarga.

Pulau Mentawai

Bagi kamu yang menyukai keindahan pemandangan pantai dan menyukai keindahan alam bawah laut tentunya Pulau Mentawai tidak bisa dilewatkan. Terdiri dari beberapa pulau yang memiliki pantai dan keindahan laut yang masih jarang dijamah, Pulau Mentawai menjadi tempat favorit wisatawan selanjutnya. Walaupun Pulau Mentawai kurang begitu terkenal bagi wisatawan domestik, namun bagi wisatawan mancanegara dari beberapa negara, Mentawai adalah destinasi favorit. Hal ini karena Pulau Mentawai memiliki spot surfing yang sudah berskala internasional.