Sukses

6 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro, Bisa Jalan Kaki

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro bisa jadi pelengkap liburan di Kota Gudeg. Malioboro merupakan lokasi yang wajib dikunjungi kala berada di Jogja. Di sepanjang jalan ini terdapat deretan pedagang kaki lima yang menawarkan pakaian, kuliner, hingga pernak pernik khas Jogja. 

Malioboro menjadi wisata legendaris di Jogja yang tak pernah sepi. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya wisata belanja dan keriuhan jalan Malioboro yang dapat dikunjungi, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro juga tak boleh terlewat.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini sangat dekat dari jalan Malioboro, bahkan bisa di akses sambil berjalan kaki. Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro cukup beragam, mulai dari pasar, hingga bangunan bersejarah.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro juga tak kalah ramai dan populer di kalangan wisatawan. Jika Anda berencana menyusuri jalan Malioboro, tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro.

Berikut 6 tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019).

2 dari 7 halaman

Tugu Jogja

Sekitar 1 kilometer sebelah utara Malioboro, Anda dapat menemukan Tugu Yogyakarta. Tugu yang juga kerap disebut sebagai tugu pal putih ini menjadi lambang dari kota Yogyakarta yang sangat ikonik. Tugu terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo.

Tugu ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Kini kawasan Tugu menjadi objek wisata Jogja yang selalu ramai wisatawan. Di sini Anda bisa menikmati aktivitas kota Jogja. Terdapat juga berbagai kuliner kaki lima seperti angkringan dan kopi jos yang begitu fenomenal.

3 dari 7 halaman

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Pasar ini memiliki nilai historis penting bagi kota Jogja. Pada masa bedirinya Kraton Yogyakarta wilayah dari pasar Beringharjo menjadi pusat perekonomian warga Yogyakarta dan sekitarnya. Kini Pasar Beringharjo menjadi bagian dari wisata Jogja yang selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah.

Pasar ini berada Jalan Jl. Margo Mulyo No.16, Yogyakarta tepat berada setelah jalan Malioboro. Sambil menyusuri Malioboro, Anda bisa mampir ke pasar tradisional satu ini. Pasar Beringharjo menjual berbagai barang mulai dari batik, pakaian, barang antik, jajanan pasar, makanan khas Jogja, jamu, hingga sembako dan sayuran.

4 dari 7 halaman

Benteng Vredeburg

Sekitar 180 meter dari pasar Beringharjo ke selatan, Anda dapat menemukan bangunan bersejarah Benteng Vredeburg. Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta.

Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya. Untuk dapat masuk ke lokasi Benteng Vredeburgm cukup membayar Rp 2.000 untuk dewasa, Rp 1.000 untuk anak, dan Rp 10.000 untuk wisatwan mancanegara.

5 dari 7 halaman

Titik Nol Kilometer Jogja

Berjalan lagi 130 meter ke arah selatan dari Beteng Vredeburg Anda dapat menikmati suasana kota Jogja di titik nol Kilometer Jogja. Lokasi Titik Nol Kilometer Jogja merupakan tempat yang cocok untuk bersantai menyaksikan keriuhan Jogja. Kawasan Titik Nol Kilometer Jogja sudah diatur sedemikian rupa menjadi ramah wisatawan dengan bangku dan penataan taman yang rapi.

Di sekitar nol Kilometer Anda dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung. Terdapat pula Monumen Serangan Umum Satu Maret yang dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.

6 dari 7 halaman

Taman Pintar

Berjalan 500 meter dari titik nol ke sebelah timur, Anda dapat menemukan wahana wisata edikasi dan rekreasi Taman Pintar Yogyakarta. Terdapat beberapa zona edukasi anak seperti gedung PAUD, gedung Oval - Kotak, gedung memorabilia, planetarium dan taman bermain.

Di lokasi Taman Pintar ini Anda juga dapat menemukan jajaran kios buku yang menjual berbagai buku dalam kondisi bekas maupun baru. Tiket masuk Taman Pintar tergantung dari zona dan wahana yang ingin dikunjungi.

7 dari 7 halaman

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks bangunan keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta dapat disambangi setiap hari mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Tiap Jumat jam kunjung hanya sampai pukul 11.00 WIB. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Loading