Sukses

9 Manfaat Sholat Dhuha untuk Jodoh, Kecantikan, dan Kesehatan yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sholat dhuha untuk jodoh hanya salah satu dari banyak manfaat lainnya. Manfaat sholat dhuha banyak sekali baik bagi jasmani ataupun rohani, dengan demikian tentu sangat baik apabila dijalankan setiap hari. 

Sholat dhuha merupakan sholat yang dapat dikerjakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu sholat zuhur. Pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan sholat 5 waktu, dapat dikerjakan 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat dengan masing-masing rakaat diakhiri satu salam.

Manfaat sholat dhuha untuk jodoh bisa didapatkan dengan melakukannya secara tawakal. Apalagi sholat dhuha juga merupakan sholat yang membukakan pintu rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya. Jadi laksanakanlah sholat dhuha secara rutin agar hidup lebih baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019) tentang manfaat sholat dhuha untuk jodoh

2 dari 4 halaman

Waktu Dhuha adalah Waktu Doa Dikabulkan

Waktu Paling Ijabah Untuk Berdoa

Manfaat sholat dhuha untuk jodoh bisa disebabkan oleh faktor bahwa waktu dhuha merupakan waktu yang paling ijabah untuk berdoa. Jika pada waktu dhuha ini kamu sempatkan untuk melakukan sholat dhuha, maka saat itu para malaikat turun ke bumi bertujuan menyaksikan shalatnya kaum mukmin (QS. Al-Isra :78).

Bahkan jika pada waktu dhuha kamu memohon dan berharap doa, maka malaikat juga menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT. Jadi, jika kamu berdoa untuk mendapatkan jodoh pada waktu sholat dhuha, maka bukan tidak mungkin doamu dikabulkan oleh Allah SWT.

Ampunan Dosa Dalam

hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa orang yang membiasakan shalat dhuha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Memudahkan Segala Urusan

Sholat dhuha juga dapat memudahkan segala urusan kamu. Dengan dimudahkannya urusan kamu, maka hal ini menjadi bukti bahwa manfaat sholat dhuha untuk jodoh bertambah kuat karena sebelumnya waktu dhuha merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa. Kepercayaan tentang keajaiban akan timbul dikala kamu menjalankan sholat dhuha disertai khusuk dan ikhlas. Semua urusan kamu pada hari itu akan dimudahkan oleh Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Sebagai Sedekah dan Wajah Terlihat Bercahaya

Dhuha Sebagai Sedekah

Selain itu, manfaat dhuha selanjutnya adalah sebagai sedekah. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut.

Artinya, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

Terhindar dari Keburukan

Selain itu, manfaat sholat dhuha untuk jodoh juga bisa dikaitkan dengan terhindarnya kamu dari keburukan. Adanya ikatan yang selalu kamu tumbuhkan setiap hari dengan Yang Maha Kuasa akan menambah besar iman dan kepercayaan kamu bahwa Allah SWT selalu mengamati setiap perilaku kamu. Dengan begitu, saat kamu akan melakukan dosa, tentu kamu akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang untuk melakukan sesuatu.

Wajah Kelihatan Lebih Bercahaya

Manfaat sholat dhuha untuk jodoh selanjutnya dapat dikaitkan dengan wajah kelihatan lebih bercahaya bagi setiap orang yang rutin mengerjakannya. Manfaat sholat lima kali bagi muslim yang selalu melakukannya, maka mukanya terlihat cerah, dikarenakan hampir tiap saat mencuci muka atau sedikitnya lima kali sehari.

Apalagi dengan ditambahnya pelaksanaan Sholat Dhuha, maka akan semakin cerah wajah seseorang, yang merupakan salah satu manfaat sholat dhuha untuk jodoh.

4 dari 4 halaman

Terlihat Awet Muda dan Melancarkan Peredaran Darah

Terlihat Awet Muda

Masih berkaitan dengan kecantikan, manfaat sholat dhuha untuk jodoh ditunjang dengan salah satu manfaatnya yaitu terlihat lebih awet muda. Ketika kita mau melaksanakan sholat dhuha, otomatis kita berwudhu terlebih dahulu. Dari wajah yang akan disapu dengan air yang segar maka kulit juga akan senantiasa terjaga kesegarannya.

Selain itu juga ketika kita berwudhu dan juga mengusap muka secara tepat, pastinya kulit menjadi kencang, dengan begitu tidak gampang kendur dan memberikan manfaat supaya tetap terlihat muda.

Menyehatkan Jantung dan Ginjal

Manfaat sholat dhuha bagi kesegaran yang kamu dapatkan ketika mau melaksanakannya menjelang memasuki shalat zuhur dapat mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. Hal ini dikarenakan pada saat tersebut situasi bumi berangsur panas pada siang hari. Keadaan bumi tersebutlah yang bisa memengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaan kamu.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat sholat dhuha lainnya adalah membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini didapatkan akrena saat pagi hari, udara masih segar dan masih belum ada polusi. Ketika itulah badan kita memiliki waktu untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar.

Sholat dhuha menjadi solusi aktivitas kamu untuk bergerak, karena selain mendapatkan manfaat kesehatan, kamu juga dapat menikmati manfaatnya untuk akhirat nanti.

Begitulah manfaat sholat dhuha untuk jodoh dan untuk kehidupan kamu. Lakukanlah sholat dhuha secara rutin agar kamu bahagia hidup di dunia maupun di akhirat kelak.