Sukses

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan, Kaya Antioksidan

Sirih merah kaya akan antioksidan sehat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan mungkin jarang diketahui. Sirih merah merupakan jenis tanaman endemik dari Sulawesi. Tanaman yang masih berkerabat dengan lada ini memiliki penampakan daun berwarna hijau gelap dan batang merah.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan cukup menakjubkan. Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan didapat dari sifat antiseptiknya yang luar biasa.

Sirih merah memang dikenal sebagai antiseptik herbal yang mengandung banyak zat seperti minyak atsiri, flavonoid, saponin, dan tanin. Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan juga dapat menghaluskan kulit.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan Anda didapat dari mengonsumsi air rebusan atau mengaplikasikannya langsung pada kulit. Nah seperti apa manfaat daun sirih merah untuk kecantikan?

Berikut manfaat daun sirih merah untuk kecantikan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan

Cegah jerawat

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kulit mati, atau bakteri. Sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat.

Kandungan minyak atsiri pada sirih merah mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit.

Antioksidan kulit

Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari. Flavonoid dan tanin dalam sirih merah membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Atasi Gatal Kulit

Karena sifat anti-inflamasinya yang kuat, sirih merah tak hanya mampu mencegah jerawat. Air rebusan sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga. Beberapa penelitian menyatakan sifat antiseptik pada daun sirih merah lebih baik dari sabun atau produk antiseptik buatan.

3 dari 5 halaman

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan

Cegah penuaan dini

Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan. Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. Antioksidan pada sirih merah mampu melawan efek radikal bebas, mereka dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan.

Sehatkan rambut

Kandungan antioksidan pada sirih merah juga dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. DKarena rambut secara teratur terpapar sinar matahari dan polusi, rambut terus dibombardir dengan radikal bebas. Antioksidan dapat mengatasi ini, melindungi folikel rambut yang lembut, dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif.

4 dari 5 halaman

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Atasi diabetes

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid pada sirih menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul pada daun sirih melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Hilangkan bau badan

Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratut untuk mengatasi bau badan.

Sirih merah juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

5 dari 5 halaman

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Pulihkan peradangan

Sifat anti-inflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Sirih merah dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Simak juga: 39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita

Daun sirih adalah obat klasik untuk luka. Ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Mereka meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh Anda, seperti superoksida dismutase dan katalase

Obat asam urat

Kandungan pada sirih merah mapun meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Manfaat ini terkait kemampuan sirih merah sebagai agen anti-inflamasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.