Sukses

Melihat Pemandangan Hijau Ternyata Ampuh Kurangi Keinginan Ngemil

Menikmati pemandangan hijau, ditambah beraktivitas di alam terbuka terbukti ampuh mengurangi keinginan untuk makan.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu suka makan ngemil setiap kali bekerja atau beraktivitas lainnya maka cobalah untuk menguranginya. Selain dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, camilan juga ternyata bisa melemahkan kekebalan tubuh. Proses lemahnya kekebalan tubuh akan dimulai dengan masalah peradangan. Hasrat untuk ngemil ini sering kali muncul saat orang merasa stres, cemas, atau bosan.

Menahan keinginan untuk menyantap camilan menjadi tantangan terbesar juga untuk orang sedang diet. Tidak sedikit orang yang bahkan memilih jalur ekstrem untuk menekan nafsu makan, seperti melakukan tindakan operasi untuk mengurangi kapasitas lambung. Sebuah penelitian dari University of Plymouth, Inggris, menemukan alternatif yang praktis agar kamu tidak kecanduan ngemil.

Penelitian ini menyebutkan, menikmati pemandangan alam dan ditambah beraktivitas di alam terbuka terbukti ampuh mengurangi keinginan untuk makan. Dilansir dari jurnal Health & Place, Sabtu (10/8/2019), kesimpulan ini diambil dari hasil survei yang menganalisis kaitan antara tingkat aktivitas di alam dengan keinginan untuk melakukan aktivitas yang berdampak bagi tubuh, salah satunya ngemil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemandangan Hijau Ampuh Kurangi Ngemil

Untuk menikmati pemandangan alam tidak perlu piknik ke lokasi wisata. Melihat pepohonan dan tanaman hijau di taman kota atau bahkan di halaman rumah sendiri juga sudah cukup membawa manfaat bagi kesehatan. Hasil survei menunjukkan bahwa manfaat ini akan semakin tinggi jika diimbangi dengan aktivitas fisik, seperti berolahraga di ruang terbuka. Tubuh lebih aktif, diet pun aman.

"Pengaruh positif ruang terbuka terhadap kesehatan memang telah lama dibuktikan secara sains. Namun, penelitian ini berhasil membuktikan adanya manfaat yang lebih mendalam terhadap kesehatan, yakni mengurangi keinginan untuk makan berlebih," ungkap pimpinan riset Leanne Martin.

Penelitian ini juga dibenarkan oleh psikolog Dr. Sabine Pahl. Menurut Pahl, metode ini dapat dilakukan untuk menekan risiko obesitas yang sudah mewabah di seluruh dunia. Pahl menambahkan, "Adanya kaitan antara keberadaan pemandangan hijau dengan penurunan keinginan untuk ngemil menjadi langkah yang menjanjikan dalam menuntaskan persoalan kesehatan ini."

Kaitan antara melihat pemandangan hijau dengan penurunan keinginan untuk ngemil adalah saat kita berada diluar dan menikmati pemandangan hijau, kita akan lebih fokus untuk menikmatinya daripada melakukan hal lain. Menurut Martin, hal ini dapat menjadi motivasi untuk memperbanyak lahan hijau di area publik. Selain sebagai sarana olahraga, lahan hijau juga baik bagi lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini