Sukses

4 Cara Sehat Masak Daging Kurban Agar Terhindar dari Risiko Kolesterol

Cara sehat memasak daging kurban dapat menghindarkan kamu dari risiko kolesterol hingga membuat jantung lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara memasak daging kurban pada saat Hari Raya Idul Adha ini tentunya perlu diperhatikan. Bahkan untuk kamu yang  memiliki kadar kolesterol tinggi cara mengolah atau memasak makanan ini sama pentingnya dengan pemilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Cara sehat memasak daging kurban dapat menghindarkan kamu dari risiko kolesterol hingga membuat jantung lebih sehat. Apalagi dengan fakta bahwa daging merah, cenderung memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan tidak baik bagi tubuh.

Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus menghindari mengonsumsi daging kurban saat Hari Raya Idul Adha. Kamu bisa mengakali hal ini dengan mengikut cara sehat memasak daging kurban agar terhidnar dari risiko kolesterol.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2019) tentang cara sehat masak daging kurban agar terhindar dari risiko kolesterol

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pilih Daging yang Sedikit Lemak

Cara pertama yang harus kamu perhatikan adalah dalam memilih daging kurban yang akan digunakan. Pilihlah bagian daging yang memiliki lemak paling sedikit. Biasanya, pada daging sapi potongan pinggang, paha belakang, paha depan dan has luar (sirloin) adalah bagian yang sedikit kandungan lemaknya.

Begitu pula pada daging kambing atau domba. Kandungan lemak tinggi dalam daging dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya potong semua lemak yang terlihat sebelum memasak daging kurban untuk terhindar dari risiko kolesterol.

3 dari 5 halaman

Memanggang Dengan Bumbu Alami

Untuk menghindari risiko kolesterol, lebih baik kamu memasak daging kurban dengan cara memanggangnya daripada menggoreng. Gunakanlah bumbu sehat dari bahan-bahan alami dan usahakan untuk menghindari penggunaan minyak yang terlalu banyak. Rempah-rempah alami biasanya mengandung garam yang baik untuk daging kurban.

Selain itu, saat kamu memanggang daging, alirkan minya dari daging menggunakan rak. Jika kamu mengkhawatirkan daging malah menjadi kering dan tidak lembut, kamu bisa emngoleskan bumbu atau jus buah pada permukaan daging. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan daging yang lebih lembut, dan bahkan juga dapat membuat rasanya jadi lebih enak.

4 dari 5 halaman

Goreng dengan Menggunakan Minyak yang Sehat

Bila kamu tetap ingin menggoreng daging kurban, kamu bisa menggunakan minyak yang sehat, seperti minyak zaitun, bunga matahari, minyak kanola, hingga minyak kedelai. Minyak sehat ini mengandung lemak tidak jenuh yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari kolesterol.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memasak daging kurban dalam oven atau penggorengan yang memiliki suhu air setidaknya 71 derajat Celcius supaya dapat membunuh bakteri. Dengan begitu, setidaknya kamu bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari risiko kolesterol dengan minyak yang dapat menyehatkan jantung.

5 dari 5 halaman

Masak dengan Sedikit Minyak

Selain itu, saat memasak kamu tidak boleh menggunakan banyak minyak maupun mentega. Hal ini karena daging kurban yang akan kamu makan sudah mengandung lemak. Bila kamu menambahkan minyak atau mentega yang juga mengandung lemak, maka hal tersebut hanya akan menghasilkan makanan atau daging yang lemaknya jadi berlipat ganda. Dengan begitu, risiko kolesterol menyerangmu akan jadi lebih tinggi.

Padahal daging, baik daging merah atau daging putih, tinggi akan zat besi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Jadi untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, kamu harus memperhatikan cara mengolah atau memasak daging yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini