Sukses

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Pelihara Ikan Koi di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memelihara ikan di akuarium atau kolam ikan di rumah memang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh para pemelihara ikan koi adalah rasa nyaman ketika melihat ikan berenang dengan bentuk dan warna yang unik-unik.

Ikan koi merupakan jenis ikan mas yang berasal dari Jepang. Ikan yang memiliki corak indah dan juga beragam ini banyak digemari oleh orang Indonesia.

Namun menurut fengshui, ikan koi dipercaya akan mendatangkan keberuntungan di bidang karier maupun rumah tangga bagi yang memeliharanya. Sehingga banyak orang yang termotivasi untuk memelihara ikan koi di rumah.

Selain itu dengan memelihara ikan koi dapat menambah nilai estetika yang bisa membuat rumah menjadi elegan dan bisa memperindah rumah jika kamu memilhara ikan koi. Berikut manfaat memelihara ikan koi yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi Stres

Memelihara ikan koi dapat menghilangkan stres. Ada efek menenangkan dari suara gemercik air akuarium atau kolam ikan dan warna-warna ikan koi yang beragam. Sehingga akan membuat suasana hati tenang. Nikmati bermain dengan ikan koi kamu di rumah.

3 dari 6 halaman

2. Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan jenis penyakit demensia atau pikun. Jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan fungsi daya ingat, memecahkan masalah, dan gangguan fungsi otak lainnya.

Namun penyakit ini bisa diobati secara perlahan. Salah satu cara mengobati penyakit alzheimer adalah dengan melihat ikan koi secara rutin.

Gerakan ikan yang gesit dapat membuat seseorang mudah berpikir. Hal ini tanpa disadari dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu dengan membiasakan melihat ikan koi, psikis dan tingkah laku penderita Alzheimer dapat diperbaiki.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Penyakit Autis pada Anak

Penyakit autis merupakan penyakit yang sering diderita pada usia anak-anak. Jenis penyakit yang terjadi karena gangguan komunikasi serta gagguan interaksi sosial seseorang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini. Salah satunya dengan melakukan terapi memelihara ikan koi di rumah akan membuat emosi dari anak penderita Autis akan kembali ke dalam keadaan yang normal lagi.

5 dari 6 halaman

4. Memelihara Ikan Koi Menambah Nilai Estetika Rumah

Selain menjadi penghilang stres, memelihara ikan koi dapat menambah estetika dan mempercantik rumah. Ikan koi dan akuarium atau kolam ikan biasanya memiliki warna yang menarik dan enak dipandang mata.

Namun keindahan itu tentunya dengan dukungan tata letak akuarium atau kolam ikan yang baik pula.

6 dari 6 halaman

5. Mendatangkan Keberuntungan

Dari segi mitos, beberapa jenis ikan koi yang memiliki harga fantastis diyakini mampu mendatangkan hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya.

Namun, dari segi pebisnis, memelihara ikan koi bisa mendatangkan keberuntungan karena ikan peliharaannta dapat dijual kembali dengan harga yang juga fantasis. Dengan cara mengembangbiakkan ikan koi, seorang pemelihara ikan yang sudah mahir akan semakin meraup keuntungan.