Sukses

Bantu Jaga Kesehatan Tubuh, Ini 6 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali jenis teh yang bisa kamu nikmati. Mulai dari teh hijau, teh hitam, teh olong, teh putih, dan lain sebagainya. Nah, dari berbagai macam jenis teh yang ada ini memiliki manfaatnya masing-masing.

Memang, tidak mudah untuk memilih teh jenis apa yang manfaatnya paling dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi kamu bisa mengetahui masing-masing jenis teh beserta manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, buat kamu yang belum membiasakan diri untuk minum teh, mulai sekarang kamu bisa mencoba menerapkannya. Pasalnya, dengan mengonsumsi teh secara rutin bisa memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut Liputan6.com, Senin (12/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minum teh setiap hari yang bisa bantu menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 7 halaman

Menjadikan Kulit Lebih Sehat

Manfaat minum teh setiap hari yang bisa kamu rasakan secara signifikan adalah mengurangi risiko kanker kulit. Teh yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan manfaat ini adalah teh hitam. Ya, dengan mengonsumsi teh hitam secara teratur bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Untuk merasakan manfaatnya secara utuh, kamu bisa mengonsumsi teh hitam hangat. Hal ini juga telah dikatakan oleh Direktur Nutrisi yang ada di Amerika Serikat bahwa, teh hitam panas bermanfaat untuk mengurangi gejala karsinoma kulit skuamosa.

3 dari 7 halaman

Menjadikan Gigi Lebih Kuat

Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa memberikan manfaat agar gigi lebih kuat. Hal ini dikarenakan teh hijau sebagai antibakteri pembentuk lubang di gigi. Selain itu, minum teh hijau secara rutin juga bisa mencegah gigi berlubang makin parah.

4 dari 7 halaman

Bantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi kamu yang memiliki masalah pada pola tidur, bisa mulai mencoba konsumsi teh secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi teh sambil bersantai sebelum tidur. Menurut sebuah penelitian di jurnal Integrative Medicine Research, meminum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup bagi penderita insomnia ringan hingga sedang.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga bisa membantu mengembangkan resistensi terhadap stress dan berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol di dalam teh yang bisa melindungi sel dari kerusakan.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat minum teh setiap hari yang bisa kamu rasakan adalah bisa menurunkan risiko diabetes. Ya, dengan meminum teh hitam setiap hari dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2. Di mana teh hitam dapat membantu mengendalikan gula darah detelah makan.

7 dari 7 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

Bukan menjadi manfaat minum teh setiap hari, namun berikut ini kamu bisa mendapatkan manfaat dari minum teh setiap hari, yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Kamu yang mengonsumsi teh hitam tanpa menggunakan gula setiap hari akan mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat.

Selain itu, dengan mengonsumsi teh secara rutin juga dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol LDL, trigliserida, serta tekanan darah sistolik dan diastolik.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Minum Teh Melati Secara Rutin, Tak Kalah dari Teh Hijau Biasa
Artikel Selanjutnya
5 Dampak Buruk Minum Teh Berlebihan Bagi Kesehatan, Bisa Timbulkan Penyakit