Sukses

Macam-macam Web Browser, Termasuk Kekurangan dan Kelebihannya

Berbagai macam web browser yang sangat menguntungkan.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah berkembang pesatnya teknologi terutama dengan mudahnya mengakses internet, membuat kita semakin dimudahkan dalam berselancar di internet. Ya, dengan adanya internet kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang kamu butuhkan.

Nah, untuk mengakses internet ini, kamu membutuhkan web browser. Fungsi dari web browser ini sendiri adalah untuk membantu mengakses internet. Web browser ini yang bisa membantu kamu dalam beraktivitas dengan internet, seperti searching, browsing, atau bahkan download.

Untuk memenuhi kebutahan orang-orang mengakses internet, banyak jenis web browser yang muncul dengan tingkat koneksi yang berbeda-beda, tergantung dengan beberapa faktornya. Buat kamu pengguna PC atau smartphone, kamu bisa memilih beberapa aplikasi web browser sesuai untuk masing-masing gadget-nya.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (12/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber macam-macam web browser. Dilengkapi dengan penjelasannya, kamu bisa memilih beragam web browser yang ada ini sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi Web Browser

Kini, setiap harinya pengguna internet tidak bisa terlepas dari yang namanya penggunaan web browser. Pasalnya, dengan menggunakan web browser kamu bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan. Agar kamu bisa mendapatkana manfaat dari web browser secara utuh, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa fungsi web browser seperti berikut ini:

Membuka Laman Website

Saat kamu menggunakan web browser, maka kamu sudah bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data. Sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan.

Memastikan Keamanan Suatu Web

Pada web browser, terdapat proses verifikasi atau authentication yang berguna untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi. Misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

Mendukung Permintaan Data

Fungsi web browser lainnya adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan (download) secara langsung dalam dokumen komputer.

Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada di dalamnya sehingga laman web tersebut dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan video, foto dan audio pada suatu laman.

Mendukung Penggunaan Search Engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Web Browser

Google Chrome

Chrome milik Google ini sukses menjadi web browser yang sangat efisien bagi pengguna dan menempati posisi teratas pada peringkat browser. Google Chrome yang termasuk ke dalam macam-macam web browser ini memiliki banyak peminat karena memiliki kemampuan yang snagat stabil, cross-platform, desain yang responsif untuk semua perangkat.

Selain itu, Google Chrome juga mudah untuk di-download dan digunakan karena memiliki pengaturan yang sederhana. Dari sederet kelebihan yang dimiliki, ternyata Chrome juga memiliki kekurangan alias kelemahan.

Walaupun ringkas dan sederhana, siapa sangka kalau Chrome ini merupakan web browser yang terberat dalam hal penggunaan sumber daya, sehingga tidak cocok untuk RAM yang kecil.

Mozilla Firefox

Selain Google Chrome, web browser yang memiliki banyak peminatnya juga adalah Mozilla Firefox. Bagi pengguna internet. Mozilla Firefox merupakan salah satu dari macam-macam web browser yang banyak digunakan. Banyaknya peminat terhadap Mozilla Firefox dikarenakan memiliki kecepatan yang kencang. Ditambah lagi karena adanya sistem privacy yang mampu menjaga keamanan pada web browser.

Namun, Mozilla Firefox juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan pada web browser ini diantaranya seperti kerap mengalami start loading yang lumayan lama, apalagi jika banyak add-ons yang terinstall.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Web Browser

Opera

Di tengah berkembangnya web browser, membuat pengguna web browser Opera kerap meninggalkannya. Sebelum kehadiran web browser dengan kualitas yang sangat baik di atas, dahulu Opera sempat menjadi web browser yang sangat berkualitas.

Dimana Opera mampu melakukan semua fitur yang dimiliki oleh pesaingnya, bahkan ditambah dengan adanya fitur tambahan yang membuatnya semakin berkualitas. Salah satu keunggulan yang dimiliki Opera saat itu adalah adanya fitur Opera Turbo. Fitur ini akan mengkompres traffic web kamu melalui server Opera sehingga memiliki performa yang lebih cepat.

Dengan menggunakan Opera, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan browser di daerah terpencil secara maksimal. Karena dengan menggunakan Opera ini, kamu bisa memaksimalkan pencarian selagi masih terhubung dengan koneksi internet.

Safari

Safari juga termasuk ke dalam macam-macam web browser. Namun, Safari ini merupakan web browser yang dikembangkan oleh Apple Inc. Safari memiliki kelebihan pada tampilannya yang ciamik, di mana memiliki ciri khas layaknya produk Apple. Terdapat fasilitas untuk memperkecil bandwith. Namun safari juga memiliki kekurangan seperti sering macet di beberapa versi windows.

Internet Explorer

Dibandingkan dengan web browser lainnya di atas tadi, Internet Explorer kini sudah semakin sedikit peminatnya. Walaupun begitu, Internet Explorer yang masih masuk ke dalam macam-macam web browser masih ada yang menggunakannya sebagai mesin pencarian. Pernah eksis, web browser ini pernah digunakan sampai 95% pengguna internet pada tahun 2002-2003.

5 dari 5 halaman

Manfaat Web Browser

Web browser mempermudah anda dalam mengakses informasi kepada media seperti situs, blog, gambar, video, dan lain-lain. Web browser bisa juga digunakan sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain-lain.

Selain untuk berselancar di dunia internet, web browser juga dapat menyimpan file yang anda cari saat menjelajah internet. Anda juga bisa mem-bookmark situs yang anda anggap penting. Dapat juga digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi. Serta masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas berselancar di dunia maya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini