Sukses

Peta Wisata Pulau Lombok yang Perlu Dipahami, Mudahkan Perjalanan

Liputan6.com, Jakarta Peta wisata pulau Lombok perlu kamu pahami apabila memiliki rencana untuk berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di pulau ini. Ya, pulau Lombok merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki empat kabupaten dan satu kotamadya.

Kotamadya pulau Lombok sendiri adalah Mataram, dan keempat kabupatan Lombok diantaranya Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara. Di setiap wilayahnya memiliki keunggulan destinasi wisata yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin mengunjungi pulau Lombok, tidak ada salahnya untuk memahami letak peta wisata pulau Lombok secara menyeluruh.

Untuk itu, berikut Liputan6.com, Senin (12/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas tentang peta wisata pulau Lombok secara detail.

2 dari 6 halaman

Peta Wisata Kota Mataram

Kota Mataram merupakan ibukota dari provonsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Di antara kawasan pulau Lombok lainnya, Mataram merupakan daerah yang memiliki fasilitas memadai.

Di Mataram memiliki dua pusat transportasi penting, yaitu Terminal Mandalika yang terletak di kelurahan Bertais dan Pelabuhan Lembar. Nah, untuk Pelabuhan Lembar ini merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menuju Bali. Pasalnya, pelabuhan ini menghubungkan Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Tak hanya sebagai tempat transit, di Mataram kamu juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang menyenangkan. Ya, ketika kamu melihat peta wisata pulau Lombok, kamu bisa mengunjungi pelabuhan dan kawasan kota tua Ampenan. Selain itu, Mataram juga memiliki beberapa destinasi wisata sejarah dan religi. Kamu bisa mencoba mengunjungi Taman Amyura dan Pura Meru.

Tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Mataram tanpa membeli cendera mata khasnya. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki atau ingin memberikan beberapa cendera mata khas Mataram, kamu bisa berkunjung ke Pasar Cakranegara. Pasar ini sudah cukup terkenal dikalangan wisatawan untuk membeli cendera mata berupa kerajinan tangan khas Mataram dengan harga yang terjangkau.

3 dari 6 halaman

Peta Wisata Lombok Barat

Selanjutnya, peta wisata pulau Lombok yang perlu kamu pahami adalah bagian Lombok Barat. Kalau Mataram dikenal dengan memiliki fasilitasnya yang sangat memadai, lain halnya dengan Lombok Barat. Kalau Lombok Barat dikenal oleh wisatawan dengan segudang destinasi wisata pantainya yang terkenal. Ya, ada Pantai Senggigi di Lombok Barat.

Pantai Senggigi merupakan salah satu magnet yang memiliki keindahan dan menjadi salah satu ikon dari pulau Lombok. Tidak jauh dari Pantai Senggigi, terdapat tempat wisata Pura Batu Bolong yang memesona. Destinasi wisata Lombok Barat lainnya yang tidak kalah indah terletak di kawasan kecamatan Sekotong.

Di sini, kamu bisa diving dan surfing di Pantai Sekotong. Bergeser ke bagian barat, kamu akan menemukan Gili Renggit, Gili Layar, dan Gili Nanggu yang memesona.

Selain itu, keindahan peta wisata pulau Lombok di lepas pantai barat laut padalah terdapat gugusan tiga pulau eksotis yang merupakan destinasi wisata terbaik di dunia, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

4 dari 6 halaman

Peta Wisata Lombok Tengah

Begitu juga dengan peta wisata pulau Lombok Tengah. Di sini juga banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Bahkan Lombok Tengah digadang-gadang sebagai salah satu wilayah di Lombok yang memiliki destinasi wisata terbanyak dibandingkan yang lainnya. Mulai dari pantai hingga tempat industri kerajinan tangan ada di sini.

Jadi, ada baiknya kamu memahami peta wisata pulau Lombok Tengah ini untuk mempermudah kamu dalam mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di dalamnya. Pasalnya, Lombok Tengah bisa kamu pilih untuk mendapatkan paket wisata lengkap. Untuk wisata pantainya sendiri kamu bisa mengunjungi pantai Tanjung A’an, Selong Belanak, Gerupuk, dan Teluk Belongas. Di antara jajaran pantai tersebut, kamu bisa diving, snorkeling, juga surfing.

Setelah puas menikmati gugusan pantai, kamu juga bisa berkesempatan berkenalan dengan kehidupan tradisional suku Sasak di sini. Ya, apabila kamu tertarik mengenal susu Sasak, kamu bisa mengunjungi Desa Sade.

5 dari 6 halaman

Peta Wisata Lombok Timur

Peta wisata pulau Lombok selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah bagian Lombok Timur. Kawasan ini dikenal sebagai pusat perikanan di pulau Lombok. Di sini kamu bisa menemukan ikan-ikan besar hasil tangkapan nelayan.

Tenang saja, di Lombok Timur kamu juga bisa menikmati beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Diantaranya adalah Pantai Labuhan Haji. Selain itu, ada juga Tanjung Ringgit yang memiliki pemandangan pantai yang indah.

6 dari 6 halaman

Peta Wisata Lombok Utara

Berikutnya adalah bagian pulau Lombok yang terakhir, yaitu Lombok Utara. Buat kamu yang berencana ke kawasan Lombok Utara ini, maka kamu harus memahami peta wisata pulau Lombok bagian Utara ini. Apalagi buat kamu yang menyukai wisata pegunungan. Ya, buat kamu yang suka mendaki, pasti sudah enggak asing dengan gunung yang cukup populer di kawasan ini.

Ya, Taman Nasional Gunung Rinjani bisa kamu kunjungi apabila memiliki waktu yang cukup panjang. Tetapi, buat kamu yang tidak ingin mendaki, kamu bisa menikmati keindahan gunung dari kaki gunung Rinjani. Di sini juga terdapat banyak objek wisata seperti air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Tidak hanya terkenal dengan nuansa pegunungannya, Lombok Utara juga memiliki wisata pantai. Pantai Sire Medana yang terletak di Dusun Medana, bisa kamu kunjungi untuk dijadikan alternatif saat berkunjung ke Lombok Utara.

 

Loading