Sukses

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Buah naga termasuk dalam buah-buahan yang populer di Indonesia. Buah Naga merupakan buah berjenis kaktus yang berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Memiliki kandungan serta manfaat yang tinggi, tak heran buah satu ini menjadi incaran banyak orang. Selain itu, bukan hanya buahnya saja, kulit buah naga juga bisa dimanfaatkan dan mengandung banyak nutrisi.

Kulit buah naga mengandung zat pewarna alami yang disebut dengan betasianin dan memiliki mineral tinggi. Dengan adanya zat pewarna alami ini bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami yang lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan pewarna sintesis yang tidak baik untuk tubuh.

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui hal ini dan membuang kulit buah naga begitu saja ketika sudah selesai makan buah naga. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kulit buah naga dapat memberikan alternatif alami untuk mencegah terjadinya pemecahan pembuluh darah serta membantu mencegah berbagai penyakit mematikan lainnya.

Berikut 4 manfaat kulit buah naga untuk kesehatan yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/8/2019).

2 dari 5 halaman

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Selain olahraga dan selalu memperhatikan gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh, kamu juga bisa mencegah penyakit kanker dengan rajin mengkonsumsi kulit buah naga.

Berdasarkan penelitian, kulit buah naga mengandung fitoalbumin yang apabila dikomboinasikan dengan vitamin C dan mineral lainnya mampu mencegah penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, kanker payudara, kanker liver, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

2. Mengobati Tumor

Di dalam kulit buah naga terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat sel abnormal yang kemudian menjadi tumor. Untuk mengonsumsi kulit buah naga sangatlah mudah. Kamu bisa mulai memotong kulit buah naga menjadi kecil-kecil, kemudian dijemur hingga kering. Jika kulit buah naga sudah kering, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air panas layaknya menyeduh teh dan bisa dikonsumsui sebanyak dua kali sehari.

4 dari 5 halaman

3. Melenturkan Pembuluh Darah

Berdasarkan penelitian, di dalam kulit buah naga mengandung senyawa yang mampu melenturkan pembuluh darah. Senyawa aktif yang mampu melenturkan pembuluh darah ini adalah taraxast 12, pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah.

Seperti yang sering diketahui bahwa untuk melenturkan pembuluh darah biasanya banyak orang mengonsumsi berbagai obat-obatan kimia.

5 dari 5 halaman

4. Merawat kulit

Kulit buah naga mengandung antioksidan, vitamin C dan Vitamin E yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit.Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang membuat kulit menjadi kusam, kering, dan sakit.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh atau kamu bisa membuat kulit buah naga ini menjadi masker wajah alami yang baik untuk kulit.

Dengan begitu kulit akan terbebas dari berbagai permasalah seperti jerawat, komedo, dan keriput sehingga kulit kamu menjadi lebih sehat.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin