Sukses

Manfaat Buah Tin dan Daunnya Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Obati Penyakit

Dapatkan manfaat buah dan daun tin untuk bantu menjaga kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Buah tin atau juga dikenal dengan buah ara, merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Buah yang disebutkan di dalam Alquran ini ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ya, antioksidan di dalam buah tin ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, buah tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik. Maka tidak heran kalau buah tin ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya buahnya, daun tin juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran kalau manfaat buah tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis. Karena daging buah dan daun tin memiliki segudang manfaat, taka da salahnya untuk mengenal ada manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah dan daun tin.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (13/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah tin dan daunnya untuk kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah tin dan daunnya yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Pada buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pectin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Ya, pada kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Selain itu, buah tin juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjaga tekanan darah agar tidak naik agar tidak memicu gangguan jantung.

3 dari 8 halaman

Menjaga Saluran Pencernaan

Buah tin juga bisa menjaga saluran pencernaan. Ya, manfaat buah tin dan daunnya ini sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Ya, buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

4 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah tin dan daunnya yang lain adalah dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Salah satu penyebab tubuh kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi keropos adalah mengonsumsi makanan tinggi garam. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.

5 dari 8 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Selain buahnya, daun tin juga bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Hal ini telah diperkuat pada hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibody dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, penggunaan daun tin bisa menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

6 dari 8 halaman

Mengobati Batu Ginjal

Manfaat buah tin dan daunnya adalah bisa mengobati batu ginjal. Ya, daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang dimana kandungan ini bermanfaat sebagai diuretic yang bisa mengatasi sebuah masalah ginjal.

Selain itu, ada juga kandungan saponin dan alkaloid yang dimana manfaat daun tin dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras inipun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.

7 dari 8 halaman

Bantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun tin juga mampu mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol. Dikatakan bahwa air rebusan daun tin atau teh daun tin mengandung senyawa aktid.

Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormone insulin. Seperti yang diketahui bahwa manfaat hormone insulin dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.

8 dari 8 halaman

Sebagai Obat Antikanker

Manfaat buah tin dan daunnya juga bisa bertindak sebagai antikanker. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun tin ini hanya dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin.

Ya, getah yang ada di dalam daun tin ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan getah pada daun tin mengandung ficin. Ficin sendiri adalah enzim cysteine proteinase yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker sehingga sel kanker akan melakukan penghancuran sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.