Sukses

6 Manfaat Daun Sukun Kering Bagi Kesehatan, Jadi Obat Herbal Alami

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sukun kering dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Pohon sukun merupakan tumbuhan berbunga dalam keluarga mulberry dan nangka. Sukun banyak ditemui di daerah Asia Tenggara, India Selatan, dan sebagian besar pulau di Samudra Pasifik. 

Buah sukun kerap menjadi camilan lezat seperti gorengan dan keripik. Selain buahnya, daun sukun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun sukun kering dapat memberi efek menyehatkan bagi tubuh. Pengobatan tradisional cina juga telah menggunakan manfaat daun sukun kering sebagai teh untuk menyembuhkan penyakit.

Daun sukun mengandung kalium, yang memiliki peran besar menghancurkan batu ginjal dengan mengencerkan batu sehingga dapat dihilangkan melalui urin. Manfaat daun sukun kering lainnya juga didapat dari kandungan asam amino esensial, riboflavin, hidrosianat, asetilkolin, tanin, dan polifenol.

Manfaat daun sukun kering bisa didapat dari ekstrak atau air seduhannya. Nah, apa saja manfaat daun sukun kering bagi kesehatan? Berikut manfaat daun sukun kering yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(13/8/2019).

2 dari 7 halaman

Bantu atasi gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Tubuh menjadi terlalu penuh dengan racun jika ginjal tidak dapat melakukan pekerjaan rutin mereka. Penderita gagal ginjal harus melakukan hemodialisis secara teratur.

Hemodialisis memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis. Konsumsi teh dari daun sukun kering dapat membantu mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Orang-orang di Jamaika minum teh daun sukun secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Selain itu, pola metabolisme tubuh yang buruk dapat membentuk plak di pembuluh darah, menyebabkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Senyawa dalam daun sukun membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah. Daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular.

Minum teh daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, dengan mengambil kolesterol dari darah dan mengeluarkannya melalui urin dan feses.

4 dari 7 halaman

Redakan asam urat

Minum teh daun sukun dapat mengurangi asam urat secara bertahap. Daun sukun juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Saat mengonsumsi teh daun sukun, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Purin merupakan penyebab timbulnya asam urat.

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut encok. Peningkatan kadar asam urat juga berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.

Asam urat juga dapat terkumpul dalam tubuh karena beberapa sebab. Ini termasuk dalam pola makan, genetik, obesitas, dan stres.

5 dari 7 halaman

Atasi alergi

Salah satu manfaat kesehatan dari teh daun sukun adalah untuk menyembuhkan alergi. Minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mengurangi timbulnya dan reaksi alergi. Alergi adalah respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh.

Alergi terjadi karena tubuh tidak dapat membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem anti-alergen dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh mengalami kegagalan sistem dalam mengenali beberapa zat, kemudian membuat beberapa reaksi ketika berhadapan dengan alergen.

6 dari 7 halaman

Pengobatan kandidiasis vagina

Kandidiasis vagina atau kandidiasis vagina adalah suatu kondisi infeksi vagina oleh ragi Candidia sp. Ini sering terjadi pada wanita dengan obesitas, diabetes, dan wanita dengan kekebalan rendah, seperti kanker, TBC dan pasien HIV.

Teh daun sukun dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini, dengan meminum teh 1 gelas per hari dan menggunakan teh sebagai sabun vagina 2-3 kali sehari. Minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mempercepat penyembuhan, infeksi kulit, atau ruam kulit lainnya.

7 dari 7 halaman

Pengobatan Pembesaran Limpa

Teh daun sukun memiliki aktivitas anti-toksin, berkat antioksidannya yang tinggi. Teh daun sukun dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh, sehingga meringankan limpa. Minum teh 1 cangkir per hari bisa menyembuhkan penyakit ini.

Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh kerusakan sistem limpa. Faktor risikonya beragam, tetapi yang paling umum adalah karena tubuh mengandung terlalu banyak racun. Banyak makanan buruk membuat limpa tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menciptakan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan, sehingga limpa akan rusak.

Teh daun sukun juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan hati atau pembesaran hati. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sukun, seperti asetilkolin dan antioksidan, sangat baik untuk melawan peradangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata Ancol yang Seru, Alternatif Liburan di Kawasan Jakarta