Sukses

Disepelekan, Ini 5 Kesalahan Menggunakan Sheet Mask yang Perlu Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kulit wajah tak boleh sembarangan. Terdapat berbagai macam proses atau urutan untuk merawat kulit wajah. Banyak produk yang perlu digunakan untuk mencukupi kebutuhan perawatan wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu urutan yang termasuk dalam proses perawatan wajah adalah menggunakan sheet mask.

Kini penggunaan sheet mask menjadi salah satu produk skincare yang sangat digemari perempuan. Hal ini dikarenakan penggunaan sheet mask sangatlah mudah dan praktis. Selain itu, produk perawatan ini kerap dipilih karena memiliki kandungan yang cenderung aman, melembapkan, dan mampu membuat wajah terlihat segar setelahnya.

Menjadi salah satu produk skincare yang sangat populer, ternyata sebagian orang belum mengetahui cara tepat menggunakannya. Ya, masih ada yang melakukan beberapa kebiasaan salah dalam penggunaan sheet mask ini. Kebiasaan salah yang tanpa disadari ini justru akan membuat manfaat sheet mask tidak didapatkan secara utuh.

Nah, agar kamu tidak melakukannya secara terus-menerus kesalahan tersebut, berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa kebiasaan salah saat penggunaan sheet mask. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini kebiasaan yang perlu kamu hindari saat menggunakan sheet mask, Rabu (14/8/2019).

2 dari 6 halaman

Memakainya Terlalu Lama

Banyak orang berpikir bahwa memakai sheet mask dalam jangka waktu yang lama alias mendiamkannya semakin lama akan memberikan hasil maksimal. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ya, mendiamkan sheet mask terlalu lama justru akan membuat kulit memburuk.

Sheet mask yang didiamkan terlalu lama bahkan hingga mengering akan membuat proses osmosis berbalik. Hal ini bisa mengakibatkan lembaran masker menyerap cairan dari wajah kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk melepas masker saat kondisinya masih lembap. Selain itu, jangan sampai kamu ketiduran saat menggunakannya.

3 dari 6 halaman

Membilas Wajah Setelah Menggunakan Sheet Mask

Kesalahan dalam penggunaan sheet mask yang sering dilakukan juga adalah membilas sisa essence setelah melepaskannya. Padahal, sisa essence dari sheet mask yang tertinggal di wajah memberikan keuntungan. Kalau kamu dengan sengaja menyingkirkan sisa essence tersebut, membuat pemakaian sheet mask menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, disarankan untuk menekan-nekan atau memijat lembut bagian wajah yang terkena sisa essence untuk membantunya terserap. Kalau sisa essence yang dihasilkan terlalu banyak sehingga membuat kamu terganggu, kamu bisa membaurkan sisa essence ke bagian leher, tangan, atau area tubuh lainnya.

4 dari 6 halaman

Tidak Mengikuti Instruksi yang Dianjurkan

Sebagian orang memilih sheet mask memang karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Namun, dengan kemudahan yang diberikan tak membuat kamu untuk menyepelekan instruksi yang tertera di kemasan produk. Pastikan untuk membaca keterangan produk sebelum memakaikannya pada wajah. Hal ini untuk menjauhkan risiko adanya kandungan masker yang tidak cocok dengan kulit wajah kamu. Nah, dengan membaca keterangan yang ada pada bungkus sheet mask, kamu juga bisa mengetahui berapa lama masker sebaiknya digunakan.

5 dari 6 halaman

Tidak Mempersiapkan Kulit Wajah dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemakaian sheet mask memang mudah dan memberikan manfaat yang sangat menguntungkan. Namun, sheet mask akan bekerja secara maksimal apabila kulit wajah kamu dalam kondisi yang bersih.

Oleh karena itu, sebelum memakai sheet mask, pastikan wajah kamu benar-benar bersih dari kotoran, makeup, debu, dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukan pembersihan berulang atau double cleanser dengan menggunakan pembersih khusus wajah, melakukan eksfoliasi secara halus, dan toner.

Nah, dengan melakukan proses pembersihan tersebut, kulit wajah kamu sudah berada pada kondisi terbaiknya dan siap untuk merasakan manfaat dari penggunaan sheet mask.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Pelembap

Kalau wajah kamu sudah bersih secara maksimal dengan menggunakan cara di atas, maka kamu tidak perlu menambahkan pelembap wajah sebelum menggunakan sheet mask. Pasalnya, fungsi dari sheet mask sendiri adalah untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Hal ini didapatkan dari essence yang terkandung dalam sheet mask.

Nah, kandungan essence pada sheet mask ini biasanya cukup cair atau bahkan sedikit kental. Tekstur inilah yang bisa kamu gunakan baik digunakan dalam urutan penggunaan skincare. Dimana urutan penggunaan skincare adalah dengan menggunakan produk yang paling cair hingga ke yang paling kental. Jadi, kalau kamu ingin melanjutkan menggunakan pelembap, gunakan setelah memakai sheet mask.

Loading