Sukses

5 Bahaya Makan Terlalu Cepat, Bisa Ganggu Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Terdapat berbagai tipe orang saat makan. Ada yang begitu cepat saat mengunyah makanan, normal, dan ada juga yang sangat pelan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa makan cepat atau bahkan sangat pelan. Dari beberapa kebiasaan tersebut, ada masing-masing dampak yang bisa terjadi.

Terutama bagi kamu yang memiliki kebiasaan makan terlalu cepat. Mengunyah dengan kecepatan tinggi atau bahkan langsung menelannya begitu saja, bisa mengundang segudang bahaya bagi kesehatan.

Terdapat sejumlah risiko dan bahaya kesehatan yang mengintai apabila kamu terbiasa mengunyah makanan terlalu cepat atau terburu-buru. Berikut Liputan6.com, Rabu (14/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa risiko atau bahaya makan terlalu cepat.

2 dari 6 halaman

Ganggu Sistem Pencernaan

Memiliki kebiasaan makan terlalu cepat atau terburu-buru bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Salah satu diantaranya yang bisa terjadi adalah bikin perut begah atau mengalami sensasi terbakar. Ya, kondisi ini bisa terjadi karena tubuh belum siap mencerna makanan yang ditelan dengan terburu-buru.

3 dari 6 halaman

Terkena Sindrom Metabolik

Terdapat sebuah penelitian, menemukan bahwa makan terlalu cepat mengalami peningkatan risiko sindrom metabolik. Sindrom ini merupakan cikal bakal diabetes, jantung, dan stroke.

Nah, diabetes menjadi salah satu masalah yang bisa terjadi saat kamu makan terlalu cepat. Pasalnya, ketika makan terlalu cepat cenderung membuat sulit merasakan kenyang. Disini secara tidak sadar kamu akan makan dengan secara terus menerus tanpa terkendali.

Selain itu, makan terlalu cepat juga membuat adanya kenaikan glukosa dengan jumlah yang besar. Akibatnya, akan sangat rentan mengalami resistensi insulin. Dimana kondisi ini membuat sel-sel di dalam tubuh tidak bisa merespon secara efektif terhadap hormon insulin. Kondisi ini bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula darah.

4 dari 6 halaman

Tersedak

Makan terlalu cepat membuat makanan yang dikunyah tidak sampai halus. Hal ini meningkatkan risiko tersedak saat sedang makan. Nah, kalau hal ini tidak segera diatasi, jalur napas bisa tertutup hingga akhirnya membuat kamu kehilangan napasa sama sekali.

5 dari 6 halaman

Berat Badan Naik Drastis

Tubuh kita memiliki hormon yang memberikan isyarat kenyang. Hormon ini membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk memberikan isyarat kenyang untuk sampai ke otak. Oleh karena itu, kebiasaan makan terlalu cepat bisa membuat kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan berat badan menjadi naik drastis.

6 dari 6 halaman

Sariawan

Mengunyah makanan terlalu cepat bisa membuat lidah maupun bibi kamu berisiko ikut tergigit. Nah, kalau hal ini terjadi, maka risiko munculnya sariawan sangat mungkin terjadi.

Loading