Sukses

11 Tempat Wisata di Bukittinggi dengan Keindahan Alam dan Nilai Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Bukittinggi merupakan salah satu ikon pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Tempat wisata di Bukittinggi ini memiliki begitu banyak lokasi wisata yang sangat indah, dan dapat dikunjungi selama liburan. Apalagi, tempat wisata di Bukittinggi ini terletak berdekatan satu sama lain.

Berbagai tempat wisata di Bukittinggi memiliki keragaman yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam hingga tempat kuliner tersedia di kota ini. Tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang menyempatkan diri berkunjung ke Bukittinggi.

Tempat Wisata di Bukittinggi sangat cocok dijadikan destinasi liburan keluarga. Ditambah dengan suasana sejuk di kota ini, tentunya liburan kamu akan semakin menyenangkan. Tidak butuh waktu lama untuk mengunjungi berbagai wisata di kota ini, karena letaknya yang berdekatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019) tentang tempat wisata di Bukittinggi.

2 dari 6 halaman

Jam Gadang dan Ngarai Sianok

Jam Gadang

Tempat wisata di Bukittingi yang pertama dan tidak boleh dilewatkan adalah Jam Gadang. Berkunjung ke Bukittingi tentunya tidak akan lengkap bila belum mengunjungi Jam Gadang. Jam Gadang bisa dikatakan sebagai pusat keramaian Kota Bukittinggi sehari-harinya. Bahkan, ramainya pengunjung di Jam Gadang tidak hanya terjadi saat liburan saja, bahkan di hari-hari biasa sekalipun. Hal ini karena Jam Gadang juga terletak dekat pasar atas di Bukittingi.

Ikon pariwisata Bukittinggi ini merupakan destinasi wisata yang memiliki nilai historis sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena Jam Gadang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, tempatnya yang tidak jauh dari pasar membuatmu bisa sekalian berkunjung untuk membeli oleh-oleh. Banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara telah menyempatkan diri berkunjung ke Jam Gadang.

Ngarai Sianok

Merupakan wisata alam berupa lembah, tempat wisata di Bukittingi selanjutnya adalah Ngarai Sianok. Tidak kalah indah dibandingkan dengan Lembah Harau yang terletak di Payakumbuh, Ngarai Sianok diibaratkan sebagai Grand Canyon-nya Bukittinggi.

Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam yang sangat indah, dan kamu juga bisa bermain air dan sekadar nongkrong bersama teman di bawah ngarai ini. Bila ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, kamu bisa masuk ke Taman Panorama dan menyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari sini.

Selain itu, beberapa tempat wisata lainnya banyak yang dekat dengan Ngarai Sianok, sebut saja Panorama Ngarai Sianok, yang merupakan tempat melihat Ngarai Sianok dari atas, Janjang Saribu dan Great Wall, hingga Lobang Jepang. Jadi kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Bukittinggi sekaligus karena lokasinya yang berdekatan.

Menikmati pemandangan alam dengan tebing-tebing yang tinggi mengelilingi di Ngarai Sianok ini, akan membuat kamu terkagum-kagum akan keindahannya.  Di sini, kamu juga bisa menemukan berbagai satwa dan sungai yang mengalir indah.

3 dari 6 halaman

Wisata Dekat Ngarai Sianok

Lobang Jepang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lobang Jepang merupakan salah satu tempat wisata di Bukittingi yang berdekatan dengan Ngarai Sianok. Bunker atau terowongan bawah tanah ini dibangun pada masa penjajahan Jepang. Lobang Jepang ini dulunya berfungsi sebagai tempat berlindung tentara Jepang sekaligus penjara bawah tanah untuk tawanan perang. Lobang Jepang ini memiliki begitu banyak cabang dan terowongan yang sangat panjang.

Kamu juga bisa menemukan berbagai ruang khusus saat berkunjung ke Lobang Jepang ini, seperti gudang senjata, ruang penjara, dapur, hingga ruang pengintaian. Suasana yang ditawarkan tempat wisata di Bukittingi satu ini cukup menyeramkan, karena hanya diterangi lampu yang tidak terlalu terang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengunjungi tempat ini bersama-sama dan memakai jasa pemandu. Kamu bisa melihat sendiri saksi bisu sejarah penjajahan Jepang di Lobang Jepang ini.

Janjang Saribu dan Great Wall

Masih berdekatan dengan Ngarai Sianok, kamu bisa menemukan Janjang Saribu dan Great Wall. Sesuai dengan namanya di sini kamu bisa menemukan jenjang yang konon memiliki seribu anak tangga. Selain itu, Great Wall merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang terdiri dari tangga yang banyak dan jalan yang bentuknya menyerupai Great Wall di China dalam veris lebih kecil Dari tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dari Ngarai Sianok.  

Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang merupakan satu lagi tempat wisata di Bukittingi yang terletak berdekatan atau bahkan di Ngarai Sianok itu sendiri. Tabiang Takuruang atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Tebing Terkurung, merupakan spot foto yang sangat populer di Bukittingi. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan indahnya bagian dari Ngarai Sianok dengan sungai dan sawah yang membentang luas.

4 dari 6 halaman

Benteng Fort de Kock dan Kebun Binatang

Benteng Fort de Kock

Bukittingi memang memiliki berbagai monumen masa lalu yang sekarang dijadikan tempat wisata. Peninggalan sejarah selanjutnya selain Jam Gadang dan Lubang Jepang adalah Benteng Fort de Kock. Benteng ini merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda, dan merupakan tempat yang luas berbukit dengan berbagai peninggalan benteng. Dari sini, kamu bisa sekalian masuk ke Kebun Binatang Bukittingi yang hanya dipisahkan oleh jembatan gantung, yang bernama Jembatan Limpapeh.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Hanya dipisahkan oleh Jembatan Limpapeh dari Benteng Fort de Kock, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini adalah kebun binatang-nya Bukittingi. Tempat ini juga tidak jauh lokasinya dari Jam Gadang. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis hewan dan juga Rumah Gadang dan berbagai barang yang tersimpan di dalamnya. Tempat wisata di Bukittingi satu ini sangat cocok dijadikan wiasta bersama anak-anak atau keluarga.

5 dari 6 halaman

Tarusan Kamang dan Puncak Lawang

Tarusan Kamang

Tarusan Kamang merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Bukittingi. Berlokasi di Kamang, yang tidak begitu jauh dari Kota Bukittingi, kamu bisa menikmati pemandangan indah dari sebuah danau yang pada musim panas akan kering, dan pada musim hujan dipenuhi air. Pemandangan senja di sini sangat syahdu sehingga banyak orang yang mengunjungi wisata alam satu ini.

Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan salah satu wisata dekat Kota Bukittinggi yang tidak kalah terkenal. Memiliki pemandangan Danau Maninjau di bawahnya, membuat tempat ini menjadi salsah satu favorit anak muda. Apalagi tempat wisata ini memiliki udara yang masih sangat sejuk, sehingga saat kamu berkunjung ke sini akan sangat nyaman dan tenang.

6 dari 6 halaman

Rumah Kelahiran Bung Hatta dan Los Lambuang

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya adalah Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Bung Hatta merupakan Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, dan merupakan Wakil Presiden pertama Indonesia. B

ila kamu ingin mengetahui sejarah tentang Bung Hatta dan melihat rumah kelahirannya, kamu bisa berkunjung ke tampat ini. Rumah kelahiran Bung Hatta ini dirawat dengan baik dan berbagai barang kuno di dalam rumah Bung Hatta ini masih dapat kamu lihat.

Los Lambuang

Bila kamu ingin menikmati kuliner khas Bukittingi, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Bukittinggi ini, yaitu Losa Lambuang. Los Lambuang terletak di Pasar Atas Bukittinggi, tidak jauh dari Jam Gadang.

Tempat ini merupakan sebuah kompleks yang menyediakan beberapa tempat untuk makan makanan khas Bukittingi, seperti Nasi Kapau yang sangat menggoda, Pical, hingga berbagai macam makanan lainnya. Saat ke sini, kamu harus bisa menahan kalap karena ingin mencoba semua lauk yang disajikan.

Loading