Sukses

Cara Membuat Infused Water Lemon Menyegarkan, Bisa Detoks Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat infused water lemon cukup praktis dan mudah. Popularitas infused water sebagai minuman sehat makin meningkat. Infused water dipercaya dapat mendetoks tubuh dari racun, meningkatkan tingkat energi dan membantu menurunkan berat badan.

Infused water adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Karena dibuat dengan menanamkan rasa, ketimbang membuat jus atau campuran, infused water mengandung sangat sedikit kalori. Ini membuatnya menjadi minuman yang populer untuk rejimen detox seperti "lemon detox" pada infused water lemon.

Salah satu infused water yang paling populer adalah menggunakan lemon. Infused water lemon memang memiliki sejuta manfaat bagi siapapun yang mengonsumsinya. Manfaat air lemon didapat dari nutrisinya yang kaya vitamin C. Cara membuat infused water lemon juga sangat sederhana.

Cara membuat infused water lemon sudah diterapkan banyak para pelaku hidup sehat. Anda juga bisa menerapkan cara membuat infused water lemon di rumah. Cara membuat infused water lemon bukan cuma mencampurkan lemon dan air, Anda juga bisa menambahkan rasa lain seperti timun atau rempah.

Nah, seperti apa cara membuat infused water lemon yang segar dan menyehatkan? Simak ulasan Liputan6.com dari berbagai sumber tentang cara membuat infused water lemon, Rabu (14/8/2019).

2 dari 5 halaman

Manfaat Infused Water Lemon

Bantu menurunkan berat badan

Air dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini berlaku untuk infused water. Air telah terbukti untuk sementara meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30% selama sekitar satu jam.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hidrasi penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat membuat kembung.

Minum banyak air dapat membantu makanan melewati usus dengan lancar dan mencegah sembelit.

Meningkatkan Mood dan Tingkat Energi

Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sekitar 1% dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala.

Satu studi mengamati orang dewasa yang mengonsumsi kurang dari 1,2 liter air per hari. Ketika mereka meningkatkan asupan air hingga 2,5 liter per hari, mereka lebih bahagia, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih tenang.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Infused Water Lemon

1. Siapkan 2 buah lemon, cuci sampai bersih

2. Iris lemon menjadi beberapa bagian, buang bijinya.

3. Siapkan 1 liter air putih matang

4. Masukkan seluruh potongan lemon ke dalam air.

5. Anda bisa menambahkan potongan timun, daun mint, atau buah lain sebagai penambah rasa.

6. Diamkan air lemon minimal 1 jam dan maksimal 4 jam. Anda bisa memasukkannya kedalam lemari pendingan agar lebih segar.

7. Setelah 1 jam, infused water akan berasa asam yang berarti infused water sudah siap diminum.

4 dari 5 halaman

Tips Agar Infused Water Lemon Tidak Pahit

Terkadang infused water lemon meninggalkan rasa pahit dari kulitnya. Untuk mensiasti ini pastikan untuk merendam lemon tidak lebih dari 4 jam untuk menghindari kepahitan dari kulitnya yang ditransfer ke dalam air.

Pastikan Anda tidak meninggalkan irisan lemon dalam air terlalu lama. Pastikan juga untuk menghapus semua biji sebelum menambahkannya ke air.

Kepahitan berasal dari kulit lemon dan terutama dari biji dalam lemon. Setelah 4 jam buang irisan lemon. Anda bisa membekukan irisan lemon dan air menjadi es batu untuk dapat menikmati rasa lemon yang lebih kuat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Lemon

Kaya Antioksidan

Air lemon mengandung zat bermanfaat dan merupakan sumber senyawa tanaman yang disebut flavonoid. Kandungan ini memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Flavonoid dari buah-buahan jeruk terutama lemon sering dikaitkan dengan manfaat untuk sirkulasi darah, sensitivitas insulin dan aspek-aspek lain dari kesehatan metabolisme. Flavonoid lemon juga berpotensi mengurangi stres dan kerusakan oksidatif.

Atasi Batu ginjal

Air lemon mengandung sitrat dalam jumlah tinggi, dan banyak penelitian pada manusia telah menemukan bahwa air lemon dapat membantu mengobati batu ginjal. Tampaknya paling efektif bila digunakan bersama kalium sitrat, bentuk suplemen sitrat.

Namun, air lemon juga bisa menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang tidak mentolerir kalium sitrat sebagai pengobatan lini pertama.

Menyegarkan napas

Anda bisa menghindari bau mulut dengan minum segelas air lemon setelah makan dan ketika bangun di pagi hari. Lemon dianggap merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Cegah anemia

Anemia dengan defisiensi besi cukup umum dialami. Ini terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang Anda makan.

Lemon mengandung zat besi, tetapi utamanya mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, mereka dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa Anda menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga