Sukses

5 Tempat Wisata di Sidoarjo, Mulai Alam hingga Kuliner Unik

Liputan6.com, Jakarta Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Keberadaan kota ini sebagai salah satu penyangga kota Surabaya. Hal ini dikarenakan Sidoarjo memiliki beragam potensi yang strategis, di mana terdapat industri dan perdagangan, usaha kecil dan menengah, hingga pariwisata. Nah, perkembangan pariwisatanya sendiri, tempat wisata di Sidoarjo kerap dikembangkan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke kota ini.  

Ya, selain menjadi kota industri, kota ini juga menyimpan sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. Mulai dari situs budaya, situs bersejarah, hingga spot foto kekinian ada di Sidoarjo.

Buat kamu yang berencana ingin berkunjung ke Sidoarjo baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar, wajib memasukkan beberapa destinasi tempat wisata di Sidoarjo yang sudah populer di kalangan wisatawan. 

Berikut Liputan6.com, Rabu (14/8/2019) telah merangkum beberapa tempat wisata di Sidoarjo yang salah satunya bisa kamu masukkan ke dalam daftar kunjunganmu saat berkunjung ke kota ini. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini tempat wisata di Sidoarjo yang wajib kamu kunjungi.

2 dari 6 halaman

Wisata Lumpur Lapindo

Bila mendengar Sidoarjo, pasti masyarakat Indonesia identik dengan kejadian pada tahun 2006 silam. Di mana sebagian kawasan Sidoarjo terkena dampak tumpahan lumpur dari aktivitas pengeboran perusahaan Lapindo.

Kejadian ini membuat kondisi di sekitarnya berubah menjadi hamparan lumpur. Namun hal ini tak membuat haru yang berlarut-larut bagi warga di sekitarnya.

Pasalnya, kini kawasan ini telah dijadikan tempat wisata yang sampai saat ini sudah sangat populer. Terdapat destinasi wisata yang menarik dan unik di sini, yaitu wisata patung lumpur. Di sini kamu bisa menjumpai banyak patung-patung unik yang dibentuk layaknya orang tenggelam dalam genangan lumpur.

Nah, kalau kamu penasaran dengan kondisi Sidoarjo yang terkena dampak lumpur tersebut, kamu bisa langsung menuju kawasan wisata Lumpur Lapindo di kecamatan Porong, Sidoarjo. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo ini adalah saat sore hari.

3 dari 6 halaman

Candi Pari

Tidak jauh dari wisata Lumpur Lapindo, terdapat sebuah candi peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya dari masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh. Candi Pari ini berbeda dengan candi-candi peninggalan Majapahit lainnya. Pasalnya candi ini perpaduan antara pola Candi Khamer (Birma) dengan Candi Champa (Thailand).

Di sini kamu bisa menikmati nuansa religi penganut agama Hindu sambil menikmati suasana candi yang memesona. Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Candi Pari ini, langsung saja menuju Desa Candi Pari Kecamatan Porong Sidoarjo, letaknya sekitar 15 kilometer arah selatan dari pusat Kota Sidoarjo. Candi ini bisa dikunjungi mulai jam 07.00 hingga 16.00 WIB.

4 dari 6 halaman

Wisata Kali Porong

Selain terkenal dengan destinasi wisata Lumpur Lapindo, tempat wisata di Sidoarjo yang sangat populer juga adalah Kali Porong. Sidoarjo merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dilalui oleh aliran dua sungai besar, yaitu Kali Porong dan Kali Mas. Oleh karena itu, sejak dulu kota ini mendapat julukan kota Delta.

Dahulu, fungsi utama dari Kali Porong adalah untuk menyangga aktivitas perairan masyarakat setempat. Namun kini telah ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata di Sidoarjo.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti memancing atau menyusuri sungai hingga berakhir di muaranya, yaitu Pulau Sarinah yang merupakan pulau hasil sedimentasi lumpur lapindo.

Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang berbeda. Ya, kamu bisa menikmati pesona kecantikan matahari terbit dan matahari terbenam di sungai ini.

Masih ada lagi kegiatan yang bisa kamu nikmati saat di sungai ini. Dimana kamu bisa melihat buaya. Ya, wisata buaya di area sungai ini tidak berbahaya. Karena ada banyak pawing buaya yang bertugas untuk menanganinya.

Apabila kamu tertarik berkunjung ke sini, kamu bisa langsung menuju kea rah selatan kota Sidoarjo (arah Surabaya-Malang).

5 dari 6 halaman

Alun-alun Sidoarjo

Tempat wisata di Sidoarjo yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah alun-alun. Tempat wisata di Sidoarjo ini sangat mudah untuk diakses karena terletak di jantung kota. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memasukkan alun-alun Sidoarjo ke dalam daftar tempat wisata saat berkunjung ke sini.

Tempat ini menjadi menjadi pilihan utama masyarakat Sidoarjo untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur. Pasalnya, taman kota ini memiliki hamparan rumput yang sangat terawatt. Berpadu dengan rimbunnya pohon palem raja, menjadikan pengunjung betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di alun-alun ini.

Selain bersantai, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berolahraga, jogging, hingga wisata kuliner. Ya, apabila kamu tak memiliki waktu panjang untuk menikmati kuliner khas Sidoarjo, maka alun-alun Sidoarjo menjadi pilihan yang tepat.

Di sini terdapat berbagai makanan khas Sidoarjo yang bisa kamu santap. Mulai dari jajanan sederhana hingga makanan khas Sidoarjo.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto di area mascot kota Sidoarjo, yaitu Monumen Jayandaru lengkap dengan Patung Udang dan Bandeng. Tak ada batasan waktu untuk mengunjungi alun-alun Sidoarjo ini.

6 dari 6 halaman

Kebun Cokelat Balongbendo

Kalau kamu ingin menikmati sajian kuliner dengan nuansa yang unik saat di Sidoarjo, kamu bisa coba mengunjungi Kafe Kebun Cokelat. Tempat ini menawarkan beragam sajian kuliner unik seperti mi gobyor, mi cower, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga makanan khas Indonesia seperti aneka makana olahan ayam, bebek, dan lainnya di kafe ini.

Tal hanya menu makanannya yang unik, konsep tempat kafe ini juga unik karena mengusung konsep kebun cokelat yang dipadukan dengan kerlap-kerlip lampu menawan. Karena terletak di area kebun cokelat, maka tak heran banyak pengunjung yang tak mau kelewatan untuk mengabadikan foto di sini.

Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo ini, langsung saja menuju jalan utama Krian-Mojokerto. Dari sana kamu bisa langsung menuju ke Jembatan Bangkalan, lalu belok kanan hingga tiba di pinggir sawah dan sungai.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Wisata Kuliner Sidoarjo yang Menggugah Selera, Punya Cita Rasa Unik