Sukses

Jarang Diketahui, 5 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak orang sudah tahu manfaat dari pohon mahoni. Batang pohon ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat beragam perabotan rumah tangga. Namun, selain kayunya yang bermanfaat, biji mahoni ternyata memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan sangat baik untuk kesehatan

Biji mahoni mengandung beberapa jenis flavonoid untuk melancarkan sirkulasi darah dan saponin berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini membuat biji mahoni memiliki kaya nutrisi seperti tanaman ginseng.

Selain itu, biji mahoni juga mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan oleh tubuh.

Biji mahoni juga mengandung antioksidan yang dapat membanntu terhindar dari serangan radikal bebas. Berikut 5 manfaat biji mahoni untuk kesehatan yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Melancarkan Peredaran Darah

Biji Mahoni yang mengandung flavonoid sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan peredaran darah, membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan kolesterol dan mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu, biji mahoni juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

3 dari 6 halaman

2. Montrol Kadar Gula Darah

Manfaat biji mahoni dapat membantu mengontrol gula darah, sehingga dapat menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan saponin pada biji mahoni memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah, bahkan lebih baik dibandingkan jenis obat antidiabetes tertentu.

Cara mengonsumsi biji mahoni untuk penderita diabetes adalah dengan cara menumbuk biji mahoni sampai menjadi bubuk, lalu disajikan dengan air hangat dan dapat diminum sebelum makan agar menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4 dari 6 halaman

3. Menangkal Radikal Bebas

Biji mahoni kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas hampir tidak bisa dihindari.

Maka dari itu, tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel serta mengoptimalkan fungsi sistem imun.

5 dari 6 halaman

4. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid bagi sebagian wanita sudah menjadi hal yang biasa, namun hal tersebut juga dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Biji mahoni memiliki kandungan flavonoid dan berbagai mineral penting yang secara efektif dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi pada wanita.

6 dari 6 halaman

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Biji mahoni juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena asupan dan pola makan yang tidak sehat membuat sistem pencernaan terganggu.

Biji Mahoni mengandung suatu senyawa yang dapat membantu kelancaran proses metabolisme sehingga buang air besa pun menjadi lebih teratur.

Loading