Sukses

Jarang Disadari, Ini 6 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Tanaman kumis kucing biasanya dijadikan sebagai tanaman hias di taman rumah. Namun, ternyata tanaman kumis kucing memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Tanaman kumis kucing yang memiliki nama lain Orthosiphon aristatus ini ternyata sudah lama dipercaya sebagai masyarakat sebagai obat herbal. Bahkan beberapa penelitian telah menyatakan tanaman kumis kucing ini aman digunakan sebagai obat.

Manfaat tanaman kumis kucing berkaitan dengan kandungan beberapa senyawa yang berguna untuk melawan penyakit. Kandungan fitonutrien seperti flavonoid (eupatorin dan sinensetin), tanin, saponin, fenol terpenoid dan orthosiphonin (glikosida) menjadi faktor bermanfaatnya tanaman kumis kucing.

Berikut Liputan6.com rangkumtentang manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan  dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019).

2 dari 7 halaman

Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Salah satu manfaat tanaman kumis kucing adalah dapat mengobati infeksi saluran kencing. Dengan meminum air yang telah ditambahkan dengan ekstrak kumis kucing, maka kamu dapat memperlancara keluarnya kencing dan mengobati infeksi saluran kencing tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang. Hasilnya menunjukkan efek produksi urine yang normal pada tikus.

Ekstrak kumis kucing membuat kamu lebih sering dan lancar buang air kecil. Secara tidak langsung, bolak-balik buang air kecil dapat membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

Hal ini pun membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil biasanya mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemihnya. Kamu dapat membuat sendiri ramuan herbal untuk mengatasi gangguan tersebut.

3 dari 7 halaman

Mengobati Penyakit Ginjal

Kumis kucing bahkan juga populer disebut sebagai tanaman ginjal, karena manfaatnya terhadap kesehatan ginjal. Kumis kucing dapat secara efisien menghilangkan batu ginjal.

Hal ini telah diverifikasi oleh berbagai penelitian klinis. Ramuan ekstrak kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

4 dari 7 halaman

Detoksifikasi

Selanjutnya, karena memiliki manfaat diuretik, kumis kucing dapat membantu meningkatkan aliran urine, yang konon bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, untuk khasiat kumis kucing sebagai penurun berat badan masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Manfaat tanaman kumis kucing ini masih sejalan dengan manfaat diuretik-nya.

5 dari 7 halaman

Antihipertensi

Tanaman kumis kucing memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) pada daun tanaman ini yang juga berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Rutin mengonsumsi ramuan kumis kucing juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Sifat ini diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang tinggi di tanaman ini juga bermanfaat dalam mengobati hipertensi, karena potasium membantu mengurangi efek sodium.

Untuk mengonsumsi ramuan kumis kucing, siapkan beberapa daun dari tanaman kumis kucing. Potong kecil daun tersebut dan rebuslah bersama empat gelas air. Biarkan mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu, gunakan saringan untuk memisahkan daun dan air. Minumlah satu sampai dua cangkir setiap hari.

6 dari 7 halaman

Mengobati Rematik

Manfaat tanaman kumis kucing selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Pengobatan penyakit ini untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

Kamu bisa mengikuti cara berikut untuk mendapatkan manfaat tersebut. Ambil 5 lembar daun kumis kucing segar serta daun meniran dan 3 gelas air putih. Lalu rebus hingga berubah warna setelah dingin racikan tersebut bisa diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Keputihan

Selain itu, manfaat tanaman kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Keputihan menjadi masalah umum pada wanita. Gangguan ini disebabkan oleh sejumjlah bakteri, virus, jamur serta parasit.

Keputihan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi jangan khawatir, tanaman kumis kucing dipercaya bisa mengatasi masalah keputihan.  

Ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Air rebusan tersebut harus secara rutin kamu minum 2 kali sehari.

Sebelum menggunakan tanaman kumis kucing sebagai obat, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau orang yang sudah ahli. Jangan menggunakannya sembarangan karena bisa saja berdampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Loading