Sukses

8 Desain Gagal Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas Ini Bikin Tepuk Jidat

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan sarana prasarana yang memadai seperti fasilitas untuk penyandang disabilitas tentu sangat diperlukan dalam ruang publik. Pasalnya penyandanga disabilitas membutuhkan sarana prasarana yang ramah terhadap mereka dan mendukung kegiatan. Untuk menghormati penyandang disabilitas, banyak tempat umum yang menyediakan toilet khusus juga jalan khusus untuk pengguna kursi roda.

Jalan untuk pengguna kursi roda ini memang biasanya dibuat lebar dengan jalan landai agar kursi roda dapat nyaman melintas. Namun dalam pembuatan fasilitas ini terkadang ada saja hal yang tak terduga terjadi. Mungkin karena tidak terlalu dipikirkan dengan matang, saat dipergunakan untuk penyandang disabilitas fasilitas tersebut terkesan hanya dibuat asal-asalan.

Pengguna kursi roda pun tentu tidak dapat menggunakannya bila di tengah jalannya lintasan kursi roda ternyata banyak halangan yang membuat dirinya tidak dapat melintas. Berikut 8 potret desain gagal untuk penyandang disabilitas yang bikin tepuk jidat yang Liputan6.com rangkum dari boredpanda, Kamis (15/8/2019)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Desain fasilitas bagi penyandang disabilitas yang gagal

1. Lintasan untuk pengguna kursi roda ini malah lebih seperti perosotan ketimbang lintasan kursi roda

2. Dengan jalan yang setinggi itu, tentu cukup berbahaya bagi pengguna kursi roda.

3 dari 5 halaman

Desain fasilitas bagi penyandang disabilitas yang gagal

3. Sekilias dilihat kualitas fasilitas ini bagus, namun tidak ramah bagi pengguna kursi roda.

4. Toilet yang didesain untuk penyandang disabilitas, namun akses jalan menuju toilet ini malah memberikan rintangan.

4 dari 5 halaman

Desain fasilitas bagi penyandang disabilitas yang gagal

5. Trek setinggi ini namun diberi tanda untuk disabilitas, sungguh pembangunan fasilitas yang tidak berguna.

6. Sungguh sia-sia membangun sebuah fasilitas namun bila tidak dapat digunakan.

5 dari 5 halaman

Desain fasilitas bagi penyandang disabilitas yang gagal

7. Niatnya memang baik untuk menyediakan jalan khusus bagi pengguna kursi roda, namun niat tersebut tidak lengkap dengan perencanaan yang baik.

8. Apa bedanya tangga untuk disabilitas dengan orang biasa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.