Sukses

Cara Membuat Sari Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil kerap dibutuhkan atau dicari bagi yang sedang dalam masa kehamilan. Pasalnya, dengan mengonsumsi sari kacang hijau selama masa kehamilan bisa mendapatkan segudang manfaat.

Walaupun cara membuat sari kacang hijau ini nampak mudah, namun ternyata tidak semua orang bisa membuatnya sendiri. Bagi sebagian orang kerap membutuhkan panduan yang tepat untuk membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil ini. Pasalnya, apabila salah bisa menghilangkan kandungan nutrisi kacang hijaunya.

Nah, buat kamu yang ingin membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil, kini sudah tersedia berbagai panduannya. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (15/8/2019) juga telah menyiapkan beberapa langkah cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara Membuat Sari Kacang Hijau untuk ibu hamil ini bisa dilakukan bagi kamu yang pemula sekaligus.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan untuk Membuat Sari Kacang Hijau

Kacang Hijau

Cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama dan utama tentunya adalah kacang hijau. Gunakan kacang hijau sebanyak 150 gram. Kamu bisa memilih kacang hijau dengan kualitas yang bagus, dengan ciri warna hijau yang cerah, keras, dan gemuk.

Pisahkan dengan kacang hijau yang pucat, kisut, dan berjamur. Karena kacang hijau dengan kondisi tersebut akan memperngaruhi rasa pada hasilnya.

Gula Pasir

Bahan-bahan selanjutnya yang dibutuhkan adalah gula pasir yang berwarna putih bersih dan kering sebanyak 250 gram. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pemanis alami seperti gula merah atau gula aren untuk mendapatkan varian rasa sebanyak 150 gram.

Nah, kalau kamu memilih gula merah untuk pemanisnya, maka akan membuat warna sari kacang hijau akan pucat atau tidak cerah. Meski dengan menggunakan gula merah kamu akan mendapatkan rasa yang lebih enak.

Daun Pandan dan Jahe

Untuk menambahkan cita rasa, warna, dan aroma kamu bisa memasukkan daun pandan dan jahe ke dalam campurannya.

Bahan Lainnya

Siapkan juga garam secukupnya dan empat liter air.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sari Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

1. Cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil yang pertama adalah dengan mencuci bersih lalu rendam dengan air sampai pecah.

2. Kemudian rebus 2 liter air hingga mendidih dan masukkan rendaman kacang hijau dan tunggu hingga melunak.

3. Setelah itu masukkan gula merah dan aduk sampai gula melarut. Lalu matikan apinya dan tunggu sampai dingin.

4. Setelah menjadi dingin, kemudian saring kacang hijaunya dan sisihkan air rebusan kacang hijau dalam panci lain.

5. Lalu blender kacang hijaunya ditambah air, jahe serta gula pasir secukupnya.

6. Setelah selesai diblender, kemudian saring dalam panci yang berisi rebusan air kacang hijau tadi.

7. Ampas dari kacang hijaunya anda blender lagi, ditambahkan air serta gula. Silakan ulangi langkah tadi hingga air dan gulanya habis.

8. Cara membuat sari kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah kamu juga dapat merebus air sari kacang hijau. Masukkan garam secukupnya dan tunggu hingga mendidih.

9. Setelah mendidih, silahkan rebusan sari kacang hijaunya anda tuangkan kedalam gelas yang sudah kamu siapkan.

10. Diminum selagi hangat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Sumber Energi

Kandungan kacang hijau yang cukup tinggi adalah karbohidrat. Untuk itu, dengan mengonsumsi kacang hijau maka energi dalam tubuh akan tetap terjaga. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebagai sumber energi.

Sumber Protein yang Baik

Kacang hijau merupakan sumber protein dan zat besi yang baik bagi ibu hamil. Dengan asupan protein yang cukup, kesehatan ibu hamil lebih terjaga dan janin pun tumbuh optimal.

Menghalau Depresi

Asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau dapat membantu mengatasi Depresi. Sebab, folat dapat mencegah kelebihan homocysteine yang berisiko menghentikan darah dan nutrisi lain ke otak. Jika sudah demikian, produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan bisa terganggu.

Mempertahankan Tulang Agar Tetap Kuat

Kacang hijau mengandung vitamin K. Vitamin tersebut berperan penting dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin ini juga mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin dalam kandungan.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C pada kacang hijau. Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas.

Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik. Antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna untuk menjaga keshatan tubuh ibu hamil.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Mencegah Infeksi

Sejumlah kandungan vitamin seperti Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh.

Membuat Bugar Selama Masa Kehamilan

Kandungan Mangan dalam kacang hijau membantu dalam melawan radikal bebas karena merupakan co-factor untuk antioksidan. Berkat kandungan tersebut, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan.

Mencegah Anemia

Anemia saat masa kehamilan sangatlah berbahaya, sebab berisiko menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah mencegah anemi. Nah, dengan mengonsumsi kacang hijau, hal tersebut dapat dihindari karena adanya zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

Mengatasi Morning Sickness

Membantu mengatasi morning sickness merupakan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya. Kandungan Vitamin B2 dan B1 yang terdapat pada kacang hijau, dapat membantu mengatasi gejala muntah serta yang umumnya dialami ibu saat awal kehamilan.