Sukses

10 Macam Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Pencemaran lingkungan merupakan bagian-bagian dari penyebab terjadinya hal-hal yang bisa membahayakan makhluk hidup dalam melangsungkan kehidupannya. Terdapat 10 macam pencemaran lingkungan yang biasa terjadi.

Jika dilihat berdasarkan lingkungan yang terkontaminasi suatu pencemaran, maka pencemaran lingkungan bisa dikategorikan menjadi tiga bagian dalam ruang lingkung yang luas. Misalnya saja pencemaran yang terjadi di air, udara, bahkan tanah. Pengkategorian ini nantinya masih terbagi lagi sehingga menghasilkan 10 macam pencemaran lingkungan yang bisa membahayakan kelangsungan hidup.

Karena pencemaran lingkungan sangat mengganggu, berbagai cara mengatasinya selalu ditegakkan untuk mengembalikan kondisi lingkungan agar menjadi normal. Untuk itu, berikut Liputan6.com, Kamis (15/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber 10 macam pencemaran lingkungan yang sering terjadi, disertai dengan cara mengatasinya.

2 dari 6 halaman

Asap Rokok dan Pembakaran Sampah

Asap Rokok

Asap rokok masuk ke dalam 10 macam pencemaran lingkungan yang banyak terjadi hampir di seluruh bagian Indonesia. Ya, merokok di tempat umum dapat menyebabkan kualitas udara menjadi tidak sehat. Hal ini dikarenakan pada asap rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu, asap tersebut tidak hanya berbahaya bagi yang merokoknya saja. Melainkan juga berbahaya bagi orang-orang di sekitarnya. Ya, seperti yang telah diketahui bahwa orang yang menghirup asap rokok walaupun tidak merokok, bisa terserang berbagai penyakit seperti sesak napas dan kanker paru-paru.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menjauhkan diri dari prang-orang yang merokok dan memberitahukan bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Asap Pembakaran Sampah

Pencemaran asap pembakaran sampah yang disebabkan oleh ulah manusia yang membakar sampah di sembarangan tempat atau di tempat yang bebas. Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah ini akan tercemar pada polusi udara dan menjadi penyakit bagi manusia yang menghirup asapnya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya sampah-sampah tersebut ditanam atau dikuburkan saja di dalam tanah. Pasalnya dengan membakar sampah bukan menjadi solusi yang baik karena bisa merusak kualitas udara untuk dihirup.

3 dari 6 halaman

Asap Kendaraan dan Sampah di Sembarang Tempat

Asap Kendaraan

Asap kendaaran juga masuk ke dalam 10 macam pencemaran lingkungan yang mengganggu. Pada asap kendaraan bermotor sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh seseorang, hingga proses fotosintesis pada tumbuhan.

Hal ini dikarenakan asap pada kendaraan mengandung hasil pembakaran yang tidak sempurna dan penggunaaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan yang menyebabkan kadar karbondioksida di bumi.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa cukup berjalan kaki atau bersepeda jika dirasa jarak tempuh suatu tempat yang kamu tuju dekat. Selain ikut menjaga kondisi lingkungan terbebas dari asap kendaraan, dengan berjalan kaki dan bersepeda untuk pergi ke suatu tempat bisa mendapatkan manfaatnya juga.

Membuang Sampah di Sembarang Tempat

Sampah atau sisa limbah rumah tangga biasanya dibuang begitu saja ke sungai. Padahal kebiasaan ini bisa menyebabkan air menjadi keruh dan kotor sehingga dapat mengganggu keberlangsungan hidup biota yang ada di sungai tersebut.

Tak hanya mengganggu biota yang ada di dalam sungai, kebutuhan manusia juga akan terganggu karena air sungai tersebut sudah berubah menjadi keruh dan kotor akibat sampah-sampah yang dibuang di sungai. Parahnya lagi, membuang sampah di sembarangan juga dapat menyebabkan banjir.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, pentingnya untuk memiliki kesadaran bahwa air adalah kebutuhan pokok untuk semua makhluk hidup. Jika membiasakan membuang sampah di sungai atau di sembarangan tempat, maka bisa menyebabkan hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, mulai sejak dini, biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

4 dari 6 halaman

Penebangan Liar dan Polusi Udara

Menebang Pohon Secara Liar

Menebang pohon secara liar bisa mengakibatkan hutan menjadi gundul. Hal ini bisa menyebabkan permukaan tanah menjadi semakin sedikit karena ketika hujan banyak tanah yang terbawa oleh arus air yang mengalir ke sungai maupun danau.

Selain itu, dampak dari penebangan liar adalah bisa menyebabkan longsor karena ketika hujan, air yang mengalir bisa mengkis tanah. Hal ini akan menyebabkan tanah terbawa karena tidak ada lagi akar-akar pohon yang menahan tanah tersebut. Karena sering menebang pohon secara berangsur-angsur, dapat menyebabkan keruskan alam dan lingkungan sekitarnya.

Nah, untuk mengatasi permasalah ini, penting untuk setiap orang menjaga hutan dengan cara tidak menebang pohon secara liar dan tindakan selanjutnya adalah melakukan reboisasi atau penghijauan.

Polusi Udara

Pencemaran udara merupakan salah satu dari 10 macam pencemaran lingkungan yang sangat merugikan. Pencemaran udara biasanya terjadi akibat kehadiran dari satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfir dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewa, juga tumbuhan. Selain itu, polusi udara ini juga bisa mengganggu estetika, mengganggu kenyamanan, serta bisa merusak properti.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa melakukan berbagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di arena luas atau tempat-tempat terbuka karena itu akan menyebabkan pencemaran udara.

5 dari 6 halaman

Pencemaran Tanah dan Suara

Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah merupakan kondisi dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri, penggunaan pestisida, kecelakaan kendaaran yang mengangkut minyak dan zat kimia, dan lain sebagainya.

Zat kimia yang beracun di tanah ini akan mengakibatkan pencemaran tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau mencemari tanah dan udara.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, bisa menyediakan tempat pembuangan sampah organic dan sampah anorganik di berbagai daerah. Selain itu, bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk tanaman dan sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi barang-barang yang berguna.

Pencemaran Suara

Pencemaran suara juga termasuk ke dalam 10 macam pencemaran lingkungan yang mengganggu. Pencemaran ini biasanya berbentuk suara yang mengganggu aktivitas manusia dan merusak pendengaran.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan suara-suara yang mengganggu dengan menerapkan peraturan di setiap wilayah yang rentan mengalami masalah ini.

6 dari 6 halaman

Pencemaran Bahan Radioaktif dan Bahan Peledak

Pencemaran Bahan Radioaktif

Apabila di wilayah tempat kamu tinggal sudah tercemar bahan radiaktif, maka perlu berhati-hati karena pencemaran ini bisa menimbulkan kanker atau tumor. Biasanya pencemaran radioaktif ini berasal dari bom atau reactor nuklir.

Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghindari bahan-bahan pembuatan bom atau reactor nuklir. Sebiasa mungkin kamu menjauhi atau menghindari untuk berdekatan langsung dengan sumber penyebab pencemaran bahan radioaktif ini.

Penggunaan Racun dan Bahan Peledak

Penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan dapat membuat air menjadi terkontaminasi. Hal ini bisa terjadi karena bahan-bahan kimia yang digunakan membuat air terkontaminasi. Bahan-bahan ini bisa mengakibatkan ekosistem di dalamnya menjadi rusak.

Untuk mengatasi permasalah ini, kamu bisa membuat sebuah larangan untuk menggunakan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan. Bisa ditambahkan dengan adanya sanksi apabila sengaja ataupun tidak sengaja melakukannya.