Sukses

Cara Membuat Popcorn Caramel ala Bioskop Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat popcorn caramel layaknya di bioskop, tentunya menjadi keinginan tersendiri bagi banyak orang. Apalagi dengan harganya yang terbilang tidak begitu murah, tentu kamu menjad sering menahan diri untuk membelinya.

Padahal kamu bisa mengikuti cara membuat popcorn caramel ini di rumah. Dengan begitu, kamu pastinya tidak akan mengeluarkan kocek yang begitu banyak, dan keinginanmu menikmati popcorn yang enak akan terlunasi.

Cara membuat popcorn caramel tidak begitu sulit. Kamu tinggal menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Dengan begitu, popcorn caramel ini juga bisa jadi camilan alternatif kamu saat bekerja atau menonton di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara membuat popcorn caramel dari berbagai sumber, Kamis (15/8/2019).

2 dari 5 halaman

Bahan Cara Membuat Popcorn Caramel

Hal pertama yang harus dilakukan dalam proses cara membuat popcorn caramel adalah menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan. Selain itu, kamu juga perlu untuk memisahkan atau membagi bahan-bahan tersebut menjadi dua kelompok, yaitu bahan untuk membuat popcorn, dan bahan untuk membuat caramel.

Cara membuat popcorn caramel juga dilakukan dalam dua pembagian, yaitu membuat popcorn, dan membuat caramel. Kemudian, setelah menyelesaikannnya pembuatan popcorn dan pembuatan caramel secara terpisah, kamu tinggal menggabungkannya sebagai cara membuat popcorn caramel.

Bahan yang diperlukan:

1 cup jagung popcorn

100 gram mentega

Bahan karamel:

75 ml susu kental manis

100 gram gula pasir

200 ml air

1 sdt essence vanila

1/2 sdt soda kue

100 gram mentega

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Popcorn Caramel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat popcorn caramel dibagi menjadi cara membuat popcorn serta membuat caramel. Kamu bisa mengikuti cara membuat popcorn caramel di bawah ini untuk melakukan keduanya sekaligus:

- Masukkan sedikit mentega dalam panci.

- Tuang jagung ke dalam panci secukupnya.

- Aduk-aduk, dan setelah muncul jagung yang mengembang tutup panci namun jangan terlalu rapat.

- Kecilkan api dan tunggu sampai semua popcorn mengembang.

- Masak karamel dengan mencampurkan gula, susu, air, dan essence vanila sampai rata.

- Masak di wajan dengan api yang kecil sampai warna berubah kecokelatan.

- Matikan api dan masukkan soda kue.

- Tambahkan mentega dan aduk rata.

- Tuang karamel di atas popcorn dan aduk cepat sampai rata.

- Panggang dengan api kecil kurang lebih 30 menit sambil terus diaduk selama 10 menit sekali.

- Dinginkan dan popcorn siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Popcorn Bagi Kesehatan

Manfaat popcorn bisa kamu dapatkan tergantung dari cara membuatnya. Cara membuat popcorn caramel yang dipanggang di atas kompor lebih sehat daripada membuat popcorn dengan microwave. Berikut beberapa manfaat popcorn untuk kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat tinggi membuat popcorn dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Dalam satu porsi popcorn (atau sekitar tiga gelas), mengandung serat sebanyak 3,6 gram.

Tak hanya itu, ngemil popcorn juga hanya menyumbang kalori yang relatif kecil ke dalam tubuh. Satu porsi popcorn tawar hanya mengandung kalori sebanyak 93 kalori. Jadi, popcorn bisa dijadikan alternatif camilan sehat saat sedang diet.

Memperlancar Pencernaan

Selanjutnya, popcorn juga bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini disebabkan karena kandungan serat bisa membantu melancarakan buang air besar dan mencegah sembelit. Biji utuh jagung mengandung endosperm yang sangat bermanfaat dalam mengobati masalah pencernaan yang kamu alami.

Mengontrol Tingkat Gula Darah

Masih terkait dengan kandungan serat yang dikandungnya, popcorn tidak hanya mudah dicerna, bahkan juga bisa mengontrol tingkat gula darah. Jumlah serat yang cukup banyak dapat mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin pada tubuh.

Hal ini bermanfaat dalam mencegah terjadinya diabetes. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengonsumsi popcorn, asal yang organik dan belum ditambah dengan berbagai penyedap.

5 dari 5 halaman

Manfaat Popcorn Untuk Kesehatan Lainnya

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Manfaat popcorn selanjutnya adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol. Popcorn dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri.

Hal ini nantinya akan sangat baik dalam membantu menurunkan kemungkinan berbagai kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Manfaat satu ini juga berkaitan dengan kandungan serat yang dimilikinya.

Menyehatkan Tulang

Selanjutnya, popcorn juga dapat menyehatkan tulang. Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Kandungan mangan ini membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

Mencegah Kanker

Selain itu, popcorn juga dapat mencegah kanker. Hal ini terkait dengan kandungan polifenol dalam popcorn yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Polifenol merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itulah, beberapa manfaat popcorn untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi popcorn. Tapi harus ingat bahwa popcorn yang sehat adalah popcorn yang dibuat dengan kompor, bukan dengan microwave.

Selain itu, mengonsumsi popcorn polos tanpa tambahan penyedap juga lebih sehat daripada yang sudah menggunakan penyedap. Kamu bisa mengikuti cara membuat popcorn caramel dan mengonsumsinya sesekali.

Loading