Sukses

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu seorang penggemar minuman es campur, es teler atau es kuwut, seringkali kamu menemukan biji-bijian kecil di dalamnya. Biji-bijian tersebut merupakan biji selasih yang bukan hanya sekedar campuran pada minuman.

Biji selasih memiliki beberapa kandungan aktif utama yakni serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, dan antioksidan kuat lainnya. Biji yang ukurannya sangat kecil ini berasal dari jenis tumbuhan mirip kemangi atau basil.

Selama ini selasih lebih banyak digunakan sebagai campuran minuman yang menyegarkan. Namun, biji selasih juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat biji selasih untuk kesehatan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Liputan6.com (16/8/2019).

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji selasih memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Serat yang ada di dalam tubuh akan menyerap lemak berlebihan dan kolesterol jahat yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Jika kamu mengonsumsi makanan berserat seperti oatmeal dan biji selasih akan membuat kolesterol baik meningkat dan risiko gangguan pada jantung tidak terjadi.

3 dari 7 halaman

2. Mengontrol Asam Lambung

Mengalami gangguan kesehatan asam lambung memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tak perlu khawatir, rasa nyeri pada ulu hati dan kesulitan menelan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ternyata dapat diredakan dengan konsumsi biji selasih.

Mengonsumsi biji selasih dapat menenangkan lambung serta membuang racun yang menyebabkan kembung. Tak hanya itu, biji selasih akan menetralkan efek asam HCL di dalam lambung sehingga mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat asam lambung.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Kesehatan Mata

Biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar, jika kamu memiliki gangguan penglihatan atau tingkat stres oksidatif tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih.

Vitamin A di biji selasih mempunyai peran sebagai antioksidan kuat di retina, dan mencegah perkembangan katarak serta memperlambat timbulnya degenerasi makula.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji selasih dapat menjadi solusi murah untuk mendapatkan kulit lembab. Konsumsi biji selasih secara teratur akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh yang akan melembapkan kulit.

Tak hanya untuk mendapatkan rambut sehat bercahaya, kamu bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan biji selasih yang tumbuk yang sebagai masker rambut. Selain itu, masker rambut biji selasih dapat memperkuat serta mempercepat pertumbuhan rambut.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh sangat membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan sistem imunitas. Salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis polifenol. Zat ini terdapat pada biji selasih.

Rutin mengonsumsi biji selasih sebagai makanan atau suplemen, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat akan membuat kamu jadi jarang sakit.

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kamu bisa mengonsumsi biji selasih kering untuk mendapatkan suplai mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh yakni zat besi, kalsium, dan magnesium. Setiap harinya, tiga nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh

Manfaat kandungan zat besi di dalam biji selasih untuk sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan kalsium dan magnesium di biji selasih baik untuk kesehatan tulang dan gigi khususnya mereka yang sudah lanjut usia.