Sukses

10 Gejala Penyakit Alzheimer Dini, Jangan Abaikan Begitu Saja

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit alzheimer bisa meliputi tanda-tanda yang tak disadari. Penyakit Alzheimer adalah jenis demensia di mana sel-sel otak mati. Menurut WHO, di seluruh dunia, sekitar 50 juta orang menderita demensia, dan ada hampir 10 juta kasus baru setiap tahun.

Kondisi ini memengaruhi daya ingat, pemikiran, dan perilaku. Menurut Alzheimer’s Association, penyakit ini menyumbang 60 hingga 80 persen dari kasus demensia. Penyakit Alzheimer lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 65, tetapi beberapa orang memiliki onset dini alzheimer dan menunjukkan gejala penyakit alzheimer pada usia 40 atau 50-an.

Gejala penyakit alzheimer awal berkisar antara penurunan fungsi otak seperti mudah lupa atau kehilangan daya berpikir. Karena alzheimer juga dapat menyerang orang berusia dibawah 50 tahun, gejala penyakit alzheimer penting diperhatikan.

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, para ilmuwan di Johns Hopkins mengatakan mereka telah mengidentifikasi perubahan otak yang terkait dengan Alzheimer. Perubahan ini bahkan dapat terjadi puluhan tahun sebelum gejala penyakit alzheimer muncul pertama kali. Menjaga pola hidup sehat bisa menjadi pilihan menghindari ganasnya alzheimer.

Beberapa gejala penyakit alzheimer dapat dikenali sejak dini. Gejala penyakit alzheimer ini bahkan merupakan gejala yang muncul tanpa disadari penderitanya. Agar lebih waspada dan segera mendapatkan perawatan, berikut gejala penyakit alzheimer yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019).

2 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Hilang ingatan

Anda atau orang yang dicintai mungkin mulai tampak lebih pelupa daripada biasanya. Lupa tanggal atau peristiwa penting dapat terjadi. Ini adalah gejala yang paling umum.

Gejala-gejala ini terjadi karena kerusakan dini biasanya terjadi pada bagian otak yang disebut hippocampus, yang memiliki peran sentral dalam memori sehari-hari. Ingatan untuk peristiwa hidup yang terjadi sejak lama sering tidak terpengaruh pada tahap awal penyakit.

Hilangnya penglihatan

Masalah penglihatan juga bisa terjadi. Ini mungkin sesederhana meningkatnya kesulitan membaca. Anda atau orang yang dicintai mungkin juga mulai memiliki masalah dalam menilai jarak dan menentukan kontras atau warna saat berkendara.

3 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Kesulitan merencanakan dan memecahkan masalah

Alzheimer menjadi lebih jelas jika Anda atau orang yang dicintai mengalami kesulitan mengembangkan dan mengikuti rencana sebuah tindakan. Bekerja dengan angka mungkin juga menjadi sulit.

Ini sering terlihat ketika Anda atau anggota keluarga mulai menunjukkan masalah dalam mempertahankan tagihan bulanan atau buku cek.

Kesulitan menyelesaikan tugas yang biasa

Beberapa orang mungkin mengalami masalah yang lebih besar dengan konsentrasi. Tugas rutin sehari-hari yang membutuhkan pemikiran kritis mungkin memakan waktu lebih lama seiring perkembangan penyakit ini.

Kemampuan mengemudi dengan aman juga dapat dipertanyakan. Jika Anda atau orang yang dicintai tersesat saat mengendarai rute yang sering dilalui, ini mungkin merupakan gejala alzheimer.

4 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Kesulitan menentukan waktu atau tempat

Kehilangan jejak tanggal dan kesalahpahaman memahami jadwal juga merupakan dua gejala umum. Ketika gejalanya berkembang, penderita alzheimer dapat menjadi semakin lupa tentang di mana mereka berada, bagaimana mereka sampai di sana, atau mengapa mereka ada di sana.

Kesulitan menentukan kata yang tepat

Memulai atau bergabung dalam percakapan mungkin tampak sulit. Percakapan dapat dijeda secara acak di tengah, karena Anda atau orang yang dicintai mungkin lupa cara menyelesaikan kalimat. Karena itu, percakapan berulang dapat terjadi. Anda mungkin mengalami kesulitan menemukan kata yang tepat untuk barang tertentu.

5 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Sering salah menaruh barang

Anda atau orang yang dicintai mungkin mulai meletakkan barang di tempat yang tidak biasa. Mungkin akan lebih sulit untuk menelusuri kembali langkah-langkah untuk menemukan barang yang hilang. Ini dapat membuat Anda atau orang yang dicintai berpikir bahwa orang lain mencuri.

Kesulitan membuat keputusan

Pilihan finansial mungkin menunjukkan penilaian yang buruk. Gejala ini sering menyebabkan efek finansial yang merugikan. Contohnya adalah menyumbangkan sejumlah besar uang kepada para telemarketer.

Kebersihan fisik juga menjadi kurang diperhatikan. Anda atau orang yang dicintai mungkin mengalami penurunan frekuensi mandi yang cepat dan kurangnya keinginan untuk berganti pakaian setiap hari.

6 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Alzheimer Dini

Menghindari interaksi sosial

Ketika gejala muncul, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda atau orang yang dicintai menjadi semakin menarik diri dari kegiatan sosial, proyek kerja, atau hobi yang sebelumnya penting. Penghindaran ini dapat meningkat saat gejalanya memburuk.

Mengalami perubahan suasana hati

Ayunan ekstrem dalam suasana hati dan kepribadian dapat terjadi. Perubahan suasana hati yang nyata mungkin termasuk kebingungan, depresi, kegelisahan dan ketakutan.