Sukses

Ciri-ciri Cacingan pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai, Jangan Disepelekan

Liputan6.com, Jakarta Cacingan pada orang dewasa dapat terjadi tanpa disadari. Ya, siapa yang menyangka kalau cacingan bisa menyerang dan menyebabkan berbagai ciri-ciri cacingan pada orang dewasa.

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing atau parasit yang tinggal di dalam usus manusia. Parasit tersebut bertahan hidup dengan cara mengambil sari makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Kemunculannya ditandai dengan memiliki ciri-ciri cacingan pada orang dewasa seperti sakit perut, diare, mual, muntah, kelelahan, dan menurunnya berat badan.

Penyakit cacingan pada orang dewasa bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Berikut ini beberapa ciri-ciri cacingan pada orang dewasa yang bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Telah Liputan6.com, Jumat (16/8/2019) rangkum dari berbagai sumber, ini ciri-ciri cacingan pada orang dewasa yang perlu diwaspadai.

2 dari 5 halaman

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa

Setelah mengetahui ciri-ciri cacingan pada orang dewasa, perlu juga mengetahui penyebab cacingan pada orang dewasa yang bisa terjadi karena berbagai kondisi. Berikut ada jenis cacing dan bagaimana hewan tersebut menyebabkan cacingan pada orang dewasa.

Cacing Gelang

Cacing gelang banyak ditemui pada lingkungan yang tidak bersih. Telur pada cacing ini dapat menempel di tangan atau sela-sela kuku dan masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika kamu tidak menjaga kebersihan tangan dengan benar.

Ciri-ciri cacingan pada orang dewasa yang diakibatkan oleh jenis cacing ini adalah mual, muntah, diare, nyeri perut, nafsu makan menurun, dan terjadi penurunan berat badan.

Cacing Kremi

Cacing kremi merupakan jenis cacing berukuran kecil, yang bisa menular melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda yang sudah terkontaminasi. Telur cacing bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut atauoun hidung, kemudian menetap di saluran pencernaan, menetas, dan akan bertelur kembali di are anus saat malam hari.

Nah, ketika cacing kremi masuk ke dalam tubuh, maka aka nada ciri-ciri yang bisa dirasakan berupa gatal pada anus saat malam hari, ruam, dan nyeri.

Cacing Pita

Cacing pita merupakan jenis cacing yang membutuhkan tempat atau inang untuk hidup. Biasanya cacing ini ada di tubuh manusia ataupun binatang. Telur pada cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan, seperti daging mentah atau setengah matang, juga akibat berontak dengan feses binatang yang terdapat telur cacing pita.

Apabila kamu mengalami kondisi ini, biasanya akan mengalami kondisi dengan ciri-ciri cacingan seperti sakit perut, mualm dan muntah, diare, sulit tidur, using, serta menurunnya nafsu makan dan berat badan.

3 dari 5 halaman

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa

Cacing Tambang

Pada cacing tambang memiliki dua jenis yang biasa menyerang manusia, yaitu Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Kedua jenis cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk telur apabila kamu memiliki kebiasaan tidak memakai sandal saat melakukan kegiatan di luar rumah. Apalgi bila area tersebut sudah terkontaminasi feses.

Ciri-ciri cacingan pada orang dewasa ini biasanya akan muncul gatal dan ruam di kulit, sakit perut, menurunnya nafsu makan, mudah lelah, dan menurunnya berat badan. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani, maka penderitanya bisa mengalami buang air besar berdarah.

Cacing Cambuk

Cacing cambuk merupakan jenis cacing yang hidup di lingkungan yang lembab dan tidak bersih. Cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh jika kamu mengonsumsi buah atau sayur yang masih terkontaminasi dengan tanah yang mengandung cacing cambuk atau tidak mencucinya dengan bersih.

Ciri-ciri terinfeksinya karena cacing ini adalah buang air besar yang disertai dengan lendir dan darah, mual dan muntah, menurunnya berat badan dan sakit kepala.

4 dari 5 halaman

Ciri-ciri Cacingan pada Orang Dewasa

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing atau parasite yang tinggal di dalam usus manusia. Parasit ini bertahan hidup dengan mengambil sari makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Secara umum, ciri-ciri cacingan pada orang dewasa seperti berikut ini:

- Nyeri perut,

- Mual,

- Muntah,

- Diare,

- Mudah lelah,

- Terjadi penurunan berat badan.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Cacingan pada Orang Dewasa

Penyakit cacingan sangat mudah terjadi. Tenang saja, kamu masih bisa mencegah munculnya penyakit cacingan ini. Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya cacingan, sebagai berikut:

- Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, terutama saat sebelum makan, setelah dari kamar mandi, dan sesudah bepergian dari luar rumah.

- Memotong kuku secara teratur.

- Rutin membersihkan kamar mandi dan sekitarnya.

- Jangan berbagai pakaian atau handuk dengan orang lain.

- Hindari mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.

- Usahakan sayur dan buah yang ingin dikonsumsi sudah dicuci hingga bersih. Gunakan air mengalir untuk membersihkannya.

- Konsumsi obat cacing secara rutin, setiap satu tahun sekali.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Sejak Dini, Ini 5 Tanda Anak Terkena Cacingan