Sukses

Hadiri Upacara HUT ke-74 RI, Ini Baju Adat yang Dipakai Jokowi, JK dan Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta Hari ini rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaannya yang ke-74. Beragam selebrasi dilakukan oleh masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-74 RI.

Mulai dari memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih di setiap rumah, hingga mengadakan event perlombaan untuk memperkuat semangat gotong royong. Hal ini sudah dilakukan setiap tahunnya demi memeriahkan HUT ke-74 RI.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara HUT ke-74 RI di Istana Kepresidenan. Penampilan  pejabat dan petinggi Tanah Air tak kalah dari sorot kamera pewarta.

Pasalnya, tiap tahunnya para pejabat dan petinggi Tanah Air selalu berpenampilan yang berbeda dengan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Berikut penampilan Jokowi, Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin saat hadiri upacara HUT ke-74 RI yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/8/2019).

2 dari 4 halaman

Jokowi - Pakaian Adat Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak berbeda di peringatan hari kemerdekaan, Sabtu (17/8). Dia mengenakan pakaian adat Bali, khas Pulau Dewata bermotif hitam dipadu dengan kain batik di bagian bawah. 

Tak lupa, Jokowi juga menambahkan ikat kepala untuk melengkapi pakaian adatnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengajak cucu laki-lakinya, Jan Ethes menggunakan baju adat Bali berwarna kuning. 

Pada HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Jokowi mengenakan pakaian adat yang berasal dari Provinsi Aceh. Tidak hanya Presiden Jokowi saja, saat itu Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pun memakai baju adat yang berbeda yaitu dari Minangkabau.

3 dari 4 halaman

Ma'ruf Amin - Pakaian Adat Betawi

Wapres terpilih Ma'ruf Amin menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta bersama sang istri Wury Estu Handayani.

Tak seperti biasanya mengenakan sarung, Ma'ruf Amin kali ini memakai celana berwarna hitam. Ma'ruf Amin ternyata memilih mengenakan baju adat Betawi. 

4 dari 4 halaman

Jusuf Kalla - Pakaian Adat Aceh

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenakan pakaian khas daerah Aceh yang didominasi warna hitam. Disandingnya, Mufidah Jusuf Kalla menggunakan baju adat Aceh berwarna ungu. Pada tahun sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menggunakan baju adat daerah asalnya, Makassar. 

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Momen Kunjungan Jokowi dan Iriana ke Yogyakarta, Bersepeda Bersama
Artikel Selanjutnya
6 Potret Keseruan Teuku Wisnu Saat Lomba Panjat Pinang, Penuh Lumpur dan Oli