Sukses

6 Tempat Wisata di Penang yang Eksotis dan Memesona

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Penang bisa menjadi tujuan berlibur di Malaysia. Penang adalah negara bagian Malaysia yang terletak di pantai barat laut Semenanjung Malaysia, dekat Selat Malaka. Wilayah ini terbagi dua bagian, Pulau Penang dan Seberang Perai.

Pulau Penang terhubung ke bagian lain negara oleh dua jembatan jalan terpanjang Malaysia, Jembatan Penang dan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Penang menawarkan beragam wisata yang menarik perhatian. Tempat wisata di Penang ini berupa wisata alam, sejarah, hingga religi.

Akses menuju tempat wisata di Penang pun mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi. Jika Anda berencana berlibur ke Malaysia, memasukkan tempat wisata di Penang sebagai daftar tujuan sangatlah tepat. Tempat wisata di Penang begitu memesona mulai dari keindahan alam hingga bangunan bersejarah.

Nah, apa saja tempat wisata di Penang yang paling direkomendasikan? Berikut tempat wisata di Penang yang bisa jadi tujuan liburan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (17/8/2019).

2 dari 7 halaman

Kek Lok Si

Kek Lok Si merupakan kuil Buddha yang terletak di Air Itam, Penang. Kuil ini juga merupakan pusat ziarah penting bagi umat Buddha dari Hong Kong, Filipina, Singapura, dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Kek Lok Si disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Di sini pengunjung dapat melihat ruang doa, pagoda, menara lonceng dan kolam kura-kura.

Daya tarik dari kuil ini adalah pagoda tujuh tingkat. Di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu. Pengunjung dapat mendaki ke puncak pagoda menggunakan tangga yang curam dan dapat melihat pemandangan Penang. Saat terbaik mengunjungi Kek Lok Si adalah pada perayaan Imlek di mana kuil akan berhiaskan ribuan lentera gantung bercahaya.

3 dari 7 halaman

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis atau benteng Cornwallis adalah sebuah benteng yang dibangun oleh Perusahaan Hindia Timur Britania pada akhir abad ke-18 di pantai timur laut Penang, Malaysia. Beberapa arsitektur asli benteng masih dipertahankan hingga saat ini.

Terdapat kapel, sel penjara, daerah penyimpanan amunisi, lampu pelabuhan yang pernah digunakan untuk memberi tanda kepada kapal yang datang, tiang bendera yang asli, serta beberapa meriam perunggu tua. Fort Cornwallis telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tahun 2016, The Esplanade Park Sdn Bhd diberi kontrak untuk mengoperasikan, mengelola, dan memelihara Fort Cornwallis oleh Pemerintah Negara Bagian Penang. Di sini Anda dapat menemukan galeri sejarah, kafe, amfiteater terbuka, toko souvenir. Disediakan pula pemandu yang akan menemani berkeliling benteng.

4 dari 7 halaman

Leong San Tong Khoo Kongsi

Khoo Kongsi adalah rumah suku Cina yang besar dengan arsitektur dan ornamen yang rumit. Rumah ini merupakan tanda kehadiran dominan Cina di Penang, Malaysia.

Khoo Kongsi terkenal sebagai kuil klan termegah di negara ini. Khoo Kongsi, bersama dengan Cheah, Yeoh, Lim dan Tan Kongsi, dikenal sebagai Lima Klan Besar (Goh Tai Seh) yang membentuk tulang punggung komunitas Hokkien di awal berdirinya Penang.

Rumah ini memiliki pilar-pilar tinggi yang menyangga atapnya yang melengkung lembut dan bergenting merah. Berhiaskan hiasan atap berupa ukiran naga, merak, dan aneka hewan mitos lain, serta berbagai adegan dari legenda Cina yang populer.

5 dari 7 halaman

Taman Nasional Penang

Taman Nasional Penang dibangun pada 2003 dan memiliki beragam jenis spesies flora fauna yang dilindungi. Taman ini memiliki 46 spesies burung seperti pekakak berparuh bangau, unggas air berdada putih dan kuntul. Terdapat pula 1.000 spesies tanaman termasuk lima spesies berbeda pohon Bintangor.

Daya tarik alam Taman Nasional Penang meliputi hutan dipterokarpa bukit / dataran rendah, kawasan hutan bakau, habitat pantai berpasir, danau meromiktik musiman, dan laut lepas pantai terbuka. Terdapat pula pantai dan teluk yang memesona seperti Pantai Kerachut, Teluk Bahang, Monkey Beach, dan banyak lagi.

6 dari 7 halaman

Sri Mahamariamman Temple, Penang

Kuil Sri Mahamariamman adalah candi Hindu tertua yang berdiri di Penang, Malaysia. Kuil ini menampilkan patung-patung dewa dan dewi di pintu masuk dan fasad utamanya. Kuil ini buka setiap hari mulai jam 6.30 pagi - 12.00 siang dan 4.30 siang - 9.00 malam. Wilayah sekitar Sri Mahamariamman juga dikenal sebagai Penang's Little India.

Bagian dalam candi juga dipenuhi dengan patung-patung dewa-dewa Hindu yang memesona termasuk Lord Subramiam, Durga dan Ganapathy. Selama musim perayaan, misalnya Deepavali dan Thaipusam, kuil akan dipenuhi dengan ribuan umat yang mempersembahkan persembahan.

7 dari 7 halaman

Penang Hill

Penang Hill adalah resor bukit yang terdiri dari sekelompok puncak di Pulau Penang, Malaysia. Terletak di pinggiran Air Itam, 9 km (5,6 mi) barat dari pusat George Town. Bukit Penang juga dikenal dengan nama Melayu Bukit Bendera, yang sebenarnya mengacu pada Bukit Flagstaff, puncak yang paling berkembang.

Bukit Penang mencakup sejumlah bukit, dengan titik tertinggi di Bukit Barat yaitu 833 m (2.733 kaki) di atas permukaan laut. Bukit ini menonjol dari dataran rendah sebagai daerah berbukit dan berhutan. 

Tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan selama periode kolonial Inggris, dan sekarang menjadi tujuan wisata populer di Penang. Bagian atas bukit dapat diakses melalui Penang Hill Railway dari stasiun pangkalannya di Hill Railway Station Road.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Viral, Begini Aksi Kocak Ayah Diminta Tolong Anak Kerjakan Soal Fisika
Artikel Selanjutnya
Pura-Pura Diculik Segerombolan Orang, Alasan Siswa Ini Bikin Geleng Kepala