Sukses

Disimpan di Lemari, Uang Rp 20 Juta Milik Wanita Ini Rusak Dimakan Rayap

Liputan6.com, Jakarta Menabung menjadi salah satu cara bagi sebagian besar orang untuk mengumpulkan uang agar tidak boros. Selain itu, menabung juga menjadi cara untuk menghadapi situasi yang tak terencana atau situasi yang mendadak membutuhkan uang. 

Pada masa modern saat ini, kebanyakan orang akan memilih menabung alias menyimpan uangnya di bank. Bank merupakan sebuah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang dan meminjamkan uang. Keamanan menyimpan uang di bank pun tentunya terjamin. 

Banyak bank dengan mudah ditemui di berbagai daerah dengan kemudahan yang ditawarkan. Meski begitu, masih ada orang yang berniat menyimpan uang mereka sendiri di rumah. Kebanyakan mereka akan meyimpan uang di sebuah celengan atau dimasukkan ke dalam lemari. 

Menyimpan uang di rumah memang dapat menenangkan diri karena berada dalam pengawasan sendiri. Hal ini juga lah yang dilakukan oleh seorang wanita tua di China. Namun ia harus gigit jari kala menemukan uang yang ia simpan di lemari miliknya rusak dimakan rayap. Padahal jumlah uang tabungannya pun tak bisa dianggap kecil.

2 dari 3 halaman

Menabung Selama Satu Tahun dan Terkumpul Hampir Rp 20 Juta

Dilansir dari Shanghaiist oleh Liputan6.com, Senin (19/8/2019) seorang wanita tua harus ikhlas kehilangan sebagian uang tabungannya yang ia simpan di dalam lemari miliknya. Wanita tua yang berasal dari Guangxi, Tiongkok Selatan bermarga Liu ini sudah hampir selama satu tahun menabung beberapa lembar yuan di rumahnya.

Ia mengumpulkan selembaran hingga menjadi setumpuk uang kertas seratus yuan ke dalam lemarinya untuk menjaga uangnya tetap aman. Namun, pada hari Senin, 12 Agustus 2019 lalu, wanita tua itu terkejut ketika membuka pintu lemarinya dan melihat tumpukkan uangnya sudah dikelilingi oleh rayap-rayap. 

Selama hampir setahun dia mengumpulkan lembaran ratus yuan di lemarinya, setidaknya ada sekitar 10000 yuan atau sekitar Rp 20 juta yang terkumpul di dalam lemari itu. Sayangnya, uang-uang itu sudah dimakan rayap dan berakhir rusak.

3 dari 3 halaman

Tak Semua Uangnya Bisa Ditukar di Bank

Wanita tua itu akhirnya memutuskan untuk membawa uangnya ke bank dan berharap dapat menukarnya dengan kondisi uang yang baru. Dari semua total uang yang ia bawa yaitu Rp 20 Juta, wanita tua itu harus menerima bahwa hanya sebagian yang dapat ia tukarkan ke dalam kondisi baru.

Menurut teller bank, uang milik wanita tua itu senilai 6900 yuan atau sekitar Rp 14 juta saja yang dapat diselamatkan alias dapat ditukar dengan kondisi uang kertas yang baru. Sisanya tak berlaku untuk ditukarkan karena kondisinya yang sudah parah akibat dimakan oleh rayap-rayap di lemarinya tersebut. 

Teller di bank itu mengatakan bahwa wanita tua itu masih bisa bersyukur lantaran hanya kehilangan sekitar 1900 yuan atau Rp 3,8 juta. Sebelumnya ada pria tua asal Guangdong yang mengalami kerugian mencapai 40000 yuan atau sekitar Rp 80 juta akibat dimakan rayap dan seorang wanita tua lainnya yang harus rela kehilangan uang tabungannya sekitar 60000 yuan, setara dengan Rp 120,9 juta karena alasan yang sama.

 

Loading