Sukses

6 Minuman yang Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat, Konsumsi Secara Teratur

Liputan6.com, Jakarta Mencegah timbulnya jerawat bagi sebagian orang sangatlah sulit. Banyak yang jengkel dengan segala masalah yang disebabkan oleh tumbuhnya jerawat di wajah. Hal ini membuat banyak orang melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat.

Cara mencegah timbulnya jerawat bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari perawatan dengan ahlinya hingga melakukan perawatan di rumah hanya dengan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dapat mencegah timbulnya jerawat adalah dari jenis minuman sebagai detox. 

Minuman yang dapat mencegah timbulnya jerawat dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan wajah yang bersih. Berbagai minuman alami ini bisa digunakan dengan rutin tanpa perlu menakutkan berbagai efek samping karena tidak memiliki zat kimia yang berbahaya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019) tentang minuman yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

2 dari 7 halaman

Kunyit Asam

Minuman yang dapat mencegah timbulnya jerawat yang pertama adalah kunyit asam. Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang terbuat dari campuran parutan kunyit dan asam jawa. Minuman tradisional ini cukup disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis, asam dan segar.

Kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam kunyit juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Rutin meminum kunyit asam tak hanya meredakan masalah jerawat saja, noda bekas jerawat pun bisa hilang karena berkat kandungan vitamin C dan betakaroten yang terdapat pada asam jawa. Maka dari itu, meminum kunyit asam merupakan solusi lengkap untuk mencegah timbulnya jerawat.

3 dari 7 halaman

Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Ternyata hal ini juga berlaku dalam menjaga kecantikan kulit. Teh hijau cukup handal dalam urusan meredakan jerawat.

Kandungan ekstrak etanolik yang terdapat di dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, dengan kandungan antioksidan yang kaya, teh hijau juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah risiko kanker.

4 dari 7 halaman

Air Putih

Air putih bisa dibilang merupakan obat dari segala macam penyakit. Oleh karena itu, bagi kamu yang malas minum air putih, rasanya perlu berhati-hati. Pasalnya, kurang asupan air putih ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Seperti yang telah diketahui, tubuh manusia didominasi oleh air.

Jika kekurangan cairan, sel-sel yang ada di tubuh akan mati. Termasuk sel kulit wajah yang sangat rentan karena terpapar langsung dengan matahari dan polusi udara. Bahkan, selain melembapkan, air putih juga membantu proses penyerapan nutrisi, melancarkan peredaran darah dan menetralkan racun pada tubuh yang seringkali jadi penyebab jerawat.

5 dari 7 halaman

Air Kelapa

Selain memiliki rasa yang segar, air kelapa juga menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan air kelapa diketahui dapat dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menetralkan racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa juga diyakini dapat menyembuhkan jerawat di wajah. Tak hanya diminum, membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin ternyata juga dapat dijadikan terapi untuk menghilangkan jerawat.

6 dari 7 halaman

Jus Timun dan Perasan Lemon

Minuman yang dpaat mencegah jerawat selanjutnya adalah kombinasi dari jus timun dan perasan lemon. Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan air. Selain terkenal akan khasiatnya yang dapat melembapkan wajah, timun juga memiliki zat aktif yang bisa mendetoks racun di dalam tubuh dan mengobati masalah jerawat di wajah.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah yang satu ini, kamu hanya perlu mencampur irisan timun dengan perasan buah lemon ke dalam blender. Perpaduan kedua bahan ini diyakini dapat membuat kulit wajah lebih cerah, sehat dan pastinya bebas jerawat.

7 dari 7 halaman

Beras Kencur

Minuman sehat selanjutnya yang dapat mencegah jerawat adalah beras kencur. Beras kencur merupakan minuman tradisional yang sejak dulu dikenal memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat menjaga bentuk tubuh dan membuatnya lebih bugar, jamu yang memiliki rasa manis dan segar ini juga baik untuk mengatasi jerawat, mengencangkan wajah, serta mencerahkan kulit yang kusam. Tak hanya disajikan sebagai minuman saja, beras kencur bahkan juga bisa dijadikan masker wajah.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Sembuhkan Jerawat
Artikel Selanjutnya
12 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari