Sukses

7 Tempat Wisata di Riau yang Terbaik dan Populer, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Riau didominasi oleh wisata alam dan budaya. Provinsi yang terletak di sebelah timur Sumatera Barat dan sebelah selatan Sumatera Utara ini memiliki berbagai wisata alam mulai dari wisata air hingga wisata hutan.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah, serta pemandangan bangunan-bangunan tua atau bangunan budaya yang jarang kamu lihat di tempat lainnya. Apalagi dengan budaya melayu yang kental, membuat tempat wisata di Riau semakin unik.

Tempat wisata di Riau menyajikan berbagai pengalaman yang menakjubkan. Di lokasi-lokasi kebudayaan maupun di wisata alamnya, kamu bisa mengabadikan kunjunganmu dengan berfoto dan mencoba berbagai aktivitas lainnya.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019) ragam tempat wisata di Riau yang sayang banget buat dilewatkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Riau

Ulu Kasok

Terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar, tempat wisata di Riau ini menawarkan pemandangan yang sekilas mirip dengan Raja Ampat. Bahkan, wisatawan yang ke lokasi ini menyebutnya dengan Raja Ampat ala Kampar.

Ulu Kasok terdiri dari beberapa pulau yang terletak di tengah bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang. Air yang mengelilingi pulau masih hijau dengan hutan yang masih lebat, sehingga menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Ulu Kasok menyajikan tiga objek wisata, di antaranya air terjun Ulu Kasok, wisata pulau dengan naik speedboat untuk berkeliling ataupun mengitari pulau, dan terakhir adalah Puncak Ulu Kasok. Dari Kota Pekanbaru, jarak tempuh ke Ulu Kasok sekitar satu setengah jam.

Candi Muara Takus

Tempat wisata di Riau berikutnya adalah satu-satunya candi peninggalan umat Budaha di Riau, yaitu Candi Muara Takus. Terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Candi Muara Takus terbuat dari berbagai bahan yang berbeda dengan candi-candi yang ada di Pulau Jawa. Candi ini dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Pekanbaru, tentunya belum lengkap liburan ke tempat wisata di Riau bila belum mampir ke Candi Muara Takus ini.  

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Riau

Sungai Kampar

Buat kamu yang memiliki hobi berselancar, bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata di Riau yang satu ini. Namanya adalah sungai Kampar. Ketika biasanya orang-orang berselancar di laut, kamu bisa melakukannya di sungai Kampar ini. Adanya gelombang pasang surut atau ombak yang dikenal secara lokal sebagai Bono, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Tempat wisata di Riau satu ini sudah dikenal oleh dunia internasional. Buktinya banyak peselancar dunia yang sudah mencoba ombak di sungai Kampar ini. Gelombang di sungai ini memiliki sifat yang berbeda dengan laut terbuka. Ini dikarenakan kekuatan gelombang yang melaju, arus yang bergegas ke hulu akan menyebabkan gelombang dari kedua sisi kiri setelah memukul kedua tanggul sungai. Meski hanya berupa sungai, tinggi Gelombang Bono bisa mencapai 6 meter dengan kecepatan mencapai 40 km/jam.

Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata di Riau selanjutnya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura ini. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang konon adalah salah satu kesultanan kuat di Semenanjang Malaya. Di sini kamu bisa menikmati gaya arsitekturnya yang indah dan benda-benda peninggalan Kesultanan Siak.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Riau

Pulau Jemur

Pulau Jemur terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir. Tempat wisata di Riau ini terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil, seperti pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang serta pulau Labuhan Bilik. Di pulau ini, kamu bisa melihat beragam spesies penyu.

Selain itu, Pulau Jemur juga menyimpan beberapa potensi wisata lain di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid termegah di Pekanbaru. Masjid ini didesain dengan gaya ala Melayu, Arab, Turki, dan India yang membuat bangunan masjid tampak eksotis dan megah. Masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Riau. Selain megahnya bangunan masjid, di depan masjid ini juga terdapat kolam yang menambah keindahan.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan, kawasan masjid ini dijadikan lokasi untuk ngabuburit dan dipenuhi oleh pedagang makanan dan pakaian.

Desa Okura

Tempat wisata di Riau satu ini menawarkan berbagai macam kegiatan seru. Kamu bisa bersampan menyusuri sungai, melihat kebudayaan tradisional, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu dan berkuda di padang pasir.

Loading