Sukses

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Perabotan Rumah

Liputan6.com, Jakarta Garam merupakan salah satu zat yang telah diketahui memiliki segudang manfaat untuk kehidupan manusia. Garam kerap dijadikan sebagai bahan campuran untuk memberikan rasa pada masakan.

Tak hanya sebagai penambah cita rasa makanan, garam juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan. Selain seluruh fungsinya tersebut, ternyata garam juga memiliki manfaat lainnya untuk membersihkan perabotan rumah tangga.

Ya, beberapa masalah seperti kotoran yang kerap muncul di perabotan rumah tangga ternyata bisa diatasi dengan garam. Penasaran kan apa saja manfaat garam yang lainnya?

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat garam untuk membersihkan perabotan rumah tangga, Selasa (20/8/2019).

2 dari 6 halaman

Membersihkan Noda di Karpet

Meletakkan karpet di bagian sisi salah satu rumah merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan bagi sebagian orang. Tak jarang karpet yang diletakkan di sisi rumah ini rentan terkena kotoran. Kotoran yang sering mengenai karpet seperti kuah dari makanan, kopi, dan lain sebagainya.

Beberapa kotoran tersebut bisa tertinggal membandel di karpet, walaupun sudah mencoba menghilangkannya. Namun kini kamu tak perlu khawatir, kini kamu bisa menghilangkan noda di karpet dengan menggunakan garam.

Untuk tumpahan kuah makanan, kamu bisa menutupi tumpahan dengan garam. Disini garam berfungsi untuk mencegah kuah tersebut menembus atau menyebar ke segala arah. Kemudian, ikuti petunjuk membersihkan karpet seperti yang dianjurkan.

Sedangkan untuk mengatasi tumpahan minyak di karpet, kamu bisa mencampurkan garam dengan alkohol dengan perbandingan 1:4. Lalu celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok noda bekas minyak dengan mengikuti arah alur bulu karpet. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

3 dari 6 halaman

Membersihkan Noda Makanan di Baju

Seringkali noda makanan seperti minyak atau saus mengotori pakaian. Noda ini sangat sulit untuk dihilangkan dengan cepat. Tenang saja, kini kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan garam.

Caranya, taburkan garam di atas noda untuk menyerap minyak sisa dan mencegah noda semakin menyebar ke segala arah. Nah, kalau kamu sudah sampai di rumah, kamu bisa mencucinya seperti biasa.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Noda Kuning di Bagian Ketiak Pakaian

Noda keringat kuning di ketiak baju merupakan salah satu masalah yang kerap mengganggu. Selain mengganggu, kondisi ini juga membuat penampilan menjadi terganggu.

Nah, untuk menghilangkan noda keringat kuning di ketiak ini, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan larutan air garam. Cara membuatnya, larutkan empat sendok makan garam ke dalam satu liter air panas. Setelah itu rendam pakaian tersebut ke dalam air garam dan biarkan sejenak sampai nodanya terangkat.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan Aroma Tidak Sedap di Sepatu

Beberapa jenis atau bahan sepatu kerap menimbulkan aroma tidak sedap atau bau apek ketika sering dipakai tanpa pernah dicuci sekalipun. Apalagi kalau kamu kerap tidak menggunakan kaos kaki saat mengenakan sepatu.

Tenang saja, kini kamu bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan bau tersebut dengan menaburkan sedikit garam di sol dalam sepatu tersebut.

6 dari 6 halaman

Membersihkan Kulkas

Manfaat garam untuk membersihkan perabotan rumah lainnya adalah bisa untuk membersihkan kulkas. Cara membersihkan kulkas dengan garam ini dengan mengeluarkan semua isi benda-benda yang ada di kulkas.

Setelah itu, buat racikan garam dengan dicampurkan air hangat. Campurkan segenggam garam dengan beberap liter air hangat. Gunakan spons yang dicelup air garam untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Larutan air garam ini tidak bersifat keras, sehingga tidak akan menggores lapisan kulkas.

Loading