Sukses

Bisa Cegah Kanker, Ini 5 Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jeruk limau merupakan salah satu buah citrus yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan. Jeruk limau kerap dicampurkan ke dalam campuran makanan karena memiliki cita rasa yang khas seperti asam dan memiliki aroma yang menggoda.

Tak hanya sebagai penambah cita rasa pada makanan, ternyata jeruk limau memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain menyegarkan tenggorokan, jeruk limau ini merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa bantu mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Selain mengandung antioksidan, jeruk limau juga kaya akan kalium, kalisum, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D yang penting bagi tubuh. Nah, dengan segudang kandungan baik yang dimilikinya ini, tak heran kalau ada manfaat jeruk limau untuk kesehatan dan untuk kecantikan.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (20/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat jeruk limau untuk kesehatan tubuh. Untuk bisa merasakan manfaatnya, kamu bisa mulai mengonsumsi jeruk limau setiap hari.

2 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

Tak hanya mengandung vitamin, jeruk limau juga mengandung mineral yang memiliki peran penting untuk tubuh. Di dalam jeruk limau juga terdapat kandungan kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf.

Selain itu, ada juga kandungan antioksidan di dalam jeruk limau yang bisa membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Bahkan bisa mencegah penyakit kanker.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jeruk limau merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Nah, kedua kandungan utama pada jeruk limau ini bisa membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman yang menyebabkan pilek atau flu.

Vitamin C ini bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak sel sehat yang dapat membunuh mikroba dan melindungi tubuh terhadap penyakit.

4 dari 6 halaman

Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk limau untuk kesehatan lainnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya asam sitrat yang terdapat di dalam jeruk limau. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan olahraga secara rutin setiap hari untuk merasakan manfaat jeruk limau secara signifikan.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan pada perasan jeruk limau yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah adanya magnesium dan kalium. Kalium pada jeruk limau ini bisa membantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol di dalam pembuluh darah, dan memperlancar peredaran darah.

Nah, dengan begitu, risiko stroke, serangan jantung, dan gangguan jantung lainnya akan menurun.

6 dari 6 halaman

Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin C dan flavonoid yang berlimpah pada jeruk limau bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti melawan radikal bebas penyebab peradangan, mencerahkan kulit, dan mengurangi bekas kerutan di wajah.

Selain itu, kandungan vitamin C juga merupakan vitamin penting yang bisa membantu memproduksi kolagen agar kulit lebih lembut dan kenyal. Namun kamu tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi jeruk limau untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Ya, perasan jeruk limau ini tidak boleh langsung dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Bisa-bisa kulit kamu akan semakin rusak.

Loading