Sukses

9 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 yang Mudah Dirawat, Cocok Bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 sedang banyak dicari oleh orang-orang yang hobi memperindah akuriumnya. Tentunya tidak hanya ikan hias saja yang penting dalam akuarium, namun berbagai komponen lain seperti tanaman juga tidak kalah penting.

Berbagai jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini tidak hanya berfungsi sebagai penghias akuarium saja, namun juga sebagai tempat tinggal atau tempat bersembunyi ikan. Karena itulah tanaman aquascape diperlukan dalam akuarium.

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini cocok untuk pemula karena mudah dirawat. Ketika tanaman-tanaman lainnya membutuhkan CO2 untuk berfotosintesis, beberapa tanaman ini tidak membutuhkan CO2. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan akuarium lebih indah dan aman untuk tinggal ikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019) beberapa jenis tanaman aquascape tanpa CO2.

2 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Java Moss

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 pertama yang bisa digunakan adalah Java Moss. Tanaman ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rumput laut, namun java moss memiliki warna hijau terang. Tanaman Java moss ini terbilang sebagai jenis aquascape yang cukup mudah diperoleh di sekitar, karena salah satu jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini biasa tumbuh pada kayu apung atau bebatuan.

Perawatan tanaman java moss ini juga tidak begitu sulit. Tanaman ini dapat hidup di segala macam pencahayaan dan tumbuh ideal pada suhu sekitar 21-24 derajar celcius. Ikan-ikan kecil akan sangat menyukai java moss sebagai tempat berlindung dan bersembunyi.

Lilaeopsis

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 selanjutnya adalah Lilaeopsis. Lilaeopsis adalah tanaman aquascape dengan bentuk yang mirip dengan rumput biasa yang tumbuh di sekitar rumah. Hanya saja rumput ini bisa tumbuh cepat di dalam akuarium secara menyebar hingga setinggi 5 cm. Dengan pertumbuhannya yang cukup cepat ini, kamu harus rajin-rajin memangkasnya agar tidak mengganggu tanaman lainnya, atau malah membuat akuarium menjadi tidak indah.

3 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Anubias

Anubias merupakan jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang juga mudah dirawat. Bentuknya kecil, berwarna hijau gelap dan dapat beradaptasi dalam kondisi air seperti apapun. Anubias juga dapat bertahan pada air bersuhu 22-28 derajat celcius sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman anubias biasanya digunakan sebagai penghias di bagian sudut akuarium. Tanaman ini juga tidak sulit didapatkan. Kamu bisa menemukannya di sawah, di kebun dan tempat-tempat lainnya. Umumnya tanaman yang bisa mengeluarkan bunga di dalam air ini hanya membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.

Java Fern

Java fern bisa tumbuh hampir di bagian mana saja pada akuarium. Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 satu ini juga tidak begitu sulit perawatannya. Selain perawatannya mudah, tanaman java fren juga tak kalah indah untuk hiasan aquascape lainnya. Tanaman ini bisa tenggelam semua di dalam air, bisa juga sebagian saja yang terkena air. Kamu bisa menemukan tanaman java fern ini di alam liar, biasanya menempel di batu-batu pada pinggiran sungai.

4 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Amazon sword

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 adalah Amazon Sword. Bentuknya seperti pedang, karena itulah tanaman ini dinamakan amazon sword. Amazon sword banyak digunakan sebagai background akuarium. Tanaman Amazon sword dapat tumbuh ideal pada suhu 22-28 Celcius dengan sumber pencahayaan sedang. Tanaman aquascape amazon sword ini merupakan salah satu tempat favorit untuk anak-anak ikan bersembunyi.

Eleocharis parvula

Tanaman Eleocharis parvula merupakan salah satu jenis tanaman aquascape tanpa CO2. Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga kamu perlu melakukan pemangkasan secara rutin. Tanaman Eleocharis parvula dapat tumbuh dengan baik pada suhu 22-25 Celcius dengan pencahayaan sedang hingga tinggi.

5 dari 5 halaman

Jenis Tanaman Moss Lainnya

Christmas Moss

Tanaman moss selanjutnya yang menjadi salah satu jenis tanaman aquascape tanpa CO2 adalah Christmas moss. Dari segi bentuk tanaman ini menyerupai tanaman peacook moss, hanya saja daun christmas lebih kecil dan tumbuhnya tidak teratur. Tanaman Christmas moss ini cukup banyak diminati. Mungkin karena pertumbuhannya yang cepat dan semakin tinggi pencahayaannya, semakin cepat pertumbuhannya.

Peacock Moss

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 selanjutnya adalah peacock moss. Daunnya agak lebar dengan daun berwarna hijau lumut dan rantingnya bercabang-cabang layaknya ekor merak. Ciri-cirinya mudah menyebar sehingga cocok dijadikan substrat/alas aquascape. Kamu bisa memilih salah satu tanaman aquascape ini karena perawatannya tidak begitu sulit.

Singapore Moss

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 lainnya adalah Singapore Moss. Ciri cirinya helai daun panjang dan longgar, lalu bercabang tegak mirip dengan tanaman pada umumnya. Selain tanpa co2, singapore moss juga mampu tumbuh dengan cahaya yang sangat sedikit. Namun dengan cahaya yang cukup, tentunya tanaman aquascape ini akan tumbuh semakin indah.

Itulah beberapa jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang perawatannya mudah dan bisa kamu gunakan pada akuarium. Bila kamu melakukan perawatan secara teratur, maka tanaman-tanaman tersebut pastinya akan memperindah akuarium.

Loading