Sukses

Jenis-jenis Matriks Dilengkapi dengan Penjelasannya, Mudah Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Matriks dalam matematika merupakan kumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat pada suatu matriks disebut dengan elemen atau disebut juga dengan anggota dari suatu matriks. Terdapat jenis-jenis matriks dalam matematika yang perlu diketahui.

Matriks sendiri banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematika seperti dalam menemukan solusi masalah persamaan linear, transformasi linear, yakni bentuk umum dari fungsi linear contohnya rotasi dalam 3 dimensi.

Matriks juga seperti variabel biasa, sehingga matriks pun dapat dimanipulasi misalnya dikalikan, dijumlah, dikurangkan, serta didekmposisikan. Nah, dengan menggunakan representasi matriks ini, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur.

Sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematika, terdapat jenis-jenis matriks yang bisa dipahami dan dilakukan untuk menghitung permasalahan matematika ini.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (20/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber jenis-jenis matriks yang perlu dipahami agar mudah untuk mengaplikasikannya.

2 dari 5 halaman

Mengenal tentang Matriks

Sebelum mengenal berbagai macam jenis-jenis matriks, ada baiknya untuk mengetahui tentang penjelasan matriks itu sendiri. Ya, matriks merupajan susunan sekelompok bilangan di dalam suatu jajaran yang berbentuk persegi panjang dan diatur berdasarkan baris dan kolom yang kemudian diletakkan antara 2 tanda kurung.

Tanda kurung yang dipakai untuk mengapit susunan anggota matriks tersebut bisa berupa tanda kurung biasa atau kurung siku. Bilangan pada matriks disebut dengan elemen atau unsur matriks.

Kumpulan elemen atau unsur yang tersusun secara horizontal ini disebut dengan baris. Sementara kumpulan elemen atau unsur yang tersusun secara vertikal disebut dengan kolom.

Pada matriks yang memiliki m baris dan n kolom disebut dengan matriks m x n dan disebut sebagai matriks yang memiliki orde m x n. Selain itu, penulisan matriks menggunakan huruf kapital dan tebal.

Pada matematika, matriks merupakan susunan bilangan, simbol, atau disebut dengan ekspresi yang disusun dalam baris dan kolom sehingga membentuk bangun persegi.

3 dari 5 halaman

Operasi Dasar Matriks

Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Penjumlahan serta pengurangan dalam matriks hanya dapat dilakukan apabila kedua matriks mempunyai ukuran atau tipe yang sama. Elemen-elemen dalam suatu matriks yang dijumlahkan atau dikurangan yaitu elemen yang memilki posisi/letak yang sama.

Perkalian Skalar

Perkalian matriks dilakukan dengan cara tiap baris dikalikan dengan tiap kolom, selanjutnya dijumlahkan pada kolom yang sama. Ordo suatu matriks merupakan bilangan yang menunjukan banyaknya baris (m) dan banyaknya kolom (n).

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Matriks yang Perlu Diketahui

Matriks terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu matriks persegi, matriks kolom, matriks baris, matriks transpose, matriks diagonal, matriks segitiga atas dan bawah, matriks nol, matriks simetri, dan matriks identitas. Berikut ini penjelasan jenis-jenis matriks.

Matriks Persegi

Jenis-jenis matriks yang pertama adalah matriks persegi. Matriks persegi merupakan matriks yang memiliki banyak baris dan banyak kolom yang sama. Secara umum, matriks persegi berordo n x n.

Matriks Kolom

Matriks kolom merupakan matriks yang hanya memiliki satu kolom. Secara umum, matriks kolom berordo m x 1.

Matriks Baris

Matriks baris merupakan matriks yang hanya mempunyai satu baris saja. Biasanya matriks baris ini berordo 1 x n.

Matriks Transpose

Matriks transpose Am x n yang dinotasikan dengan A’ merupakan matriks berordo n x m yang dimana baris-barisnya adalah kolom-kolom matriks Am x n.

Matriks Diagonal

Pada matriks diagonal berasal dari matriks persegi. Dimana matriks persegi disebut sebagai matriks diagonal apabila elemen-elemen atau unsur selain elemen diagonal utamanya adalah nol.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Matriks yang Perlu Diketahui

Matriks Segitia Atas dan Matriks Segitiga Bawah

Matriks segitiga atas dan matriks segitiga bawah juga termasuk ke dalam jenis-jenis matriks. Matrisks persegi disebut dengan matriks segitiga atas apabila seluruh elemen di bawah diagonal utamanya bernilai nol.

Sebaliknya, apabila seluruh elemen di atas diagonal utamanya bernilai nol, maka matriks persegi itu disebut dengan matriks segitiga bawah.

Matriks Simetri

Apabila terdapat matriks A. Nah, matriks A ini disebut dengan matriks simetri jika A’ = A atau setiap elemen pada matriks A yang letaknya simetris terhadap diagonal utama bernilai sama, yaitu aij = aji dengan I tidak sama dengan j.

Matriks Nol

Suatu matriks dikatakan matriks nol jika semua elemen dari matriks tersebut adalah nol.

Matriks Identitas

Jenis-jenis matriks yang terakhir adalah matriks diagonal yang semua elemen pada diagonal utamanya adalah 1. Matriks identitas pada umumnya dinotasikan dengan I.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Soal Rumus, Bocah Ini Justru Debat Cara Sebut Nama di Buku Matematika
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Android yang Bantu Selesaikan Soal Matematika, Tak Perlu Pusing