Sukses

Cara Membuat Makanan Ikan Cupang di Rumah, Jadi Alternatif Hemat

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat makanan ikan cupang bisa diterapkan untuk memberi nutrisi pada cupang peliharaan. Ikan cupang adalah jenis kecil ikan air tawar yang memakan makanan terutama terdiri dari nutrisi cair. Ikan cupang suka  pilih-pilih makanan dan cenderung lebih suka makan makanan di permukaan air. 

Ikan cupang membutuhkan makanan seimbang yang kaya akan protein karena mereka terutama karnivora. Sebagian besar pemilik cupang memutuskan untuk memberi makan pelet karena mereka sederhana dan efektif. Makanan hidup, kering-beku, atau beku dapat digunakan sebagai suguhan atau diterapkan dalam rutinitas pemberian makanan sehari-hari mereka juga. Ada pula para pemilik cupang yang menerapkan cara membuat makanan ikan cupang sendiri.

Meskipun pakan komersial tersedia untuk ikan cupang, ada beberapa pilihan buatan sendiri yang tersedia untuk pemilik cupang. Cara membuat makanan ikan cupang bisa menjadi langkah hemat bagi yang mencari alternatif murah untuk pakan cupang. Ada beberapa ara membuat makanan ikan cupang sesuai bahan yang dipilih.

Cara membuat makanan ikan cupang bisa menjadi alternatif makanan cupang komersial dan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Bagi Anda pemilik cupang hias, cara membuat makanan ikan cupang bisa dicoba sebagai variasi makanan cupang. Nah, seperti apa cara membuat makanan ikan cupang sendiri?

Berikut cara membuat makanan ikan cupang ynag berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(20/8/2019).

2 dari 5 halaman

Infusoria

Infusoria adalah istilah kolektif untuk makhluk air kecil seperti ciliate, euglenoids, protozoa, ganggang uniseluler dan invertebrata kecil yang ada di kolam air tawar. Infusoria biasa diberikan kepada cupang yang sudah berumur 3-4 hari.

Infusoria adalah cara termudah untuk membuat makanan cair untuk ikan cupang Anda. Isi toples kaca dengan air dan sobek daun selada. Rendam selada ke dalam air dan tinggalkan toples di bawah sinar matahari langsung.

Toples perlu didiamkan selama beberapa hari, setelah itu akan berubah warna menjadi rona hijau, sebagai hasil ganggang menumpuk di air. Air yang kaya ganggang ini kemudian dapat diumpankan ke ikan cupang.

3 dari 5 halaman

Udang air asin

Meskipun udang air asin membutuhkan perawatan lebih daripada metode makanan lainnya, mereka menyediakan sumber makanan yang terbarukan melalui pembibitan. Untuk akuarium udang air asin, sediakan toples atau mangkuk diisi dengan air garam olahan. Batu berongga juga digunakan sebagai metode untuk menciptakan sirkulasi di dalam air bagi udang.

Sekitar seperempat dari pasokan air harus dihilangkan dan diganti setiap minggu untuk memberikan kondisi ideal untuk memastikan udang etap sehat dan mencapai usia dewasa dalam waktu sekitar delapan hari. Untuk memberi makan udang, remukkan empat butir ragi dan taburkan bubuk tersebut ke dalam air setiap hari. Anda bisa memberi makan ikan cupang dengan udang ini setiap hari.

4 dari 5 halaman

Kuning telur

Kuning telur merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan cupang. Kuning telur bisa menjadi alternatif makanan bagi cupang anak dan dewasa. Cara pembuatan makanan ini juga cukup mudah. Namun, pemberian kuning telur ini tak bisa terlalu sering karena akan membuat keruh air dan memengaruhi kesehatan ikan.

Kukus satu telur utuh hingga matang. Kupas dan ambil kuning telurnya. Telur yang digunakan bisa menggunakan telur apa saja. Anda bisa menggunakan telur puyuh jika ikan cupang yang dipelihara tidak terlalu banyak. Setelah telur siap siapkan kain berpori halus. Basahi kain dan peras.

Bungkus kuning telur dengan kain dan masukkan ke akuarium tempat ikan berada. Goyangkan bungkusan tersebut hingga cupang mendekat. Setelah cupang mendekat, peras sedikir bungkusan terbsebut agar kuning telur keluar.

5 dari 5 halaman

Makanan cupang lain yang mudah didapat

Ikan cupang memakan zooplankton, krustasea, dan larva nyamuk dan serangga yang terikat air lainnya. Dalam penangkaran, mereka dapat diberi makanan pelet atau makanan beku yang bervariasi. Berikut jenis makanan cupang yang mudah ditemui:

Jentik nyamuk

Jentik nyamuk merupakan makanan berprotein tinggi bagi cupang. Jentik nyamuk cocok bagi cupang kecil untuk mendukung perkembangannya. Jentik nyamuk juga sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Anda bisa mencari jentik nyamuk di selokan atau genangan air.

Membudidayakan jentik nyamuk juga mudah. Cukup sediakan ember dengan air agak kotor, letakkan di tempat gelap dan nyamuk akan bertelur didalamnya. Segera gunakan jentik nyamuk sebelum jentik bertumbuh menjadi nyamuk.

Cacing sutra

Cacing sutra mudah ditemukan di sungai atau selokan. Sudah banyak juga penjual cacing sutra di sentra ikan hias. Cacing sutra dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan cupang. Jika Anda mencari sendiri cacing sutra di sungai atau selokan, pastikan untuk membersihkannya terlebih dengan membilasnya menggunakan air bersih terlebih dahulu sebelum diberikan pada cupang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Alternatif Liburan di Jakarta