Sukses

5 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah-buahan memang baik untuk kesehatan. Buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, kebanyakan orang mengabaikan hal ini dan jarang mengonsumsi buah.

Terdapat banyak buah-buahan yang bisa kamu konsumsi, salah satunya buah persik. Buah persik yang biasa disebut buah peach ini bentuknya hampir mirip dengan buah apel, namun warna daging buahnya cenderung lebih kuning.

Buah yang berasal dari China ini juga sudah populer di Indonesia. Selain itu buah persik mengandung zat, mineral, dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, zat besi, potasium, kalsium, fluoride, dan juga beta karoten.

Berikut 5 manfaat buah persik untuk kesehatan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi buah persik dapat membantu membersihkan racun-racun di usus, ginjal, perut, dan hati. Buah persik memiliki kandungan serat dan potasium yang dapat mendorong zat pembuangan beracun dari ususmu.

Selain itu, kandungan potasium dapat mengurangi gangguan-gangguan yang berhubungan dengan ginjal dan mengurangi risiko terkena usus buntu. Buah persik ini akan membuat pencernaanmu lancar dan sehat.

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah persik secara rutin dapat menjaga kesehatan mata. Buah persik memiliki kandungan beta karoten yang membantu meningkatkan kesehatan penglihatan dengan meningkatkan sirkulasi darah di semua bagian tubuh.

Selain itu, buah persik memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam buah persik yang mampu mencegah katarak karena dapat menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula akibat pertambahan usia. Jadi buah ini sangat cocok cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah dengan kesehatan mata.

4 dari 6 halaman

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Saat daya tahan tubuhmu tidak dalam kondisi baik, kamu akan mudah terserang virus dan mengalami infeksi, seperti batuk dan pilek. Nah, buah persik yang kaya akan vitamin C mampu menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

Saat daya tahan tubuhmu terserang, kamu bisa mengatasinya dengan mengomsumsi buah persik yang memiliki banyak nutrisi. Selain itu dibarengi dengan istirahat yang cukup akan mengembalikan daya tahan tubuhmu.

5 dari 6 halaman

4. Mencegah Kanker

Buah persik memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah ini dikenal karena secara efektif dapat melindungi tubuh dari kanker paru, usus, dan mulut.

Kandungan asam fenolik yang terdapat dalam buah persik, yang juga dikenal sebagai asam klorogenik dan nonklorogenik, dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara tanpa merusak sel-sel normal lainnya.

Seorang ilmuwan dari Washington State University menemukan bahwa senyawa dalam buah persik (peach) dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. 

"Sel-sel kanker yang ditanamkan di bawah kulit tikus dengan sel kanker payudara tipe agresif seperti MDA-MB-435 menunjukkan penghambatan metastasis ketika tikus mengkonsumsi ekstrak peach," tulis ilmuwan makanan yang berbasis AgriLife Research, 'Dr Luis Cisneros-Zevallos dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

6 dari 6 halaman

5. Menyehatkan Kulit

Jika kamu adalah seorang wanita yang sangat memperhatikan kesehatan kulit, buah persik adalah bahan alami yang yang menyehatkannya kulit tanpa efek samping yang buruk dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Selain itu, ekstrak yang terbuat dari bunga persik atau dagingnya yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Tak hanya itu, kandungan protein di dalamnya juga mampu berkhasiat untuk menyembuhkan kulit yang terluka.