Sukses

Spider-Man Bakal Tinggalkan Marvel Universe, Ini 4 Fakta Terbarunya

Sony akan tarik keluar Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe.

Liputan6.com, Jakarta Marvel Cinematic Universe merupakan istilah untuk media waralaba Amerika dan alam semesta yang berpusat pada serangkaian film pahlawan super yang diproduksi oleh Marvel Studios. Kisah pahlawan super ini berdasarkan karakter yang muncul dalam publikasi Marvel Comics.

Bagi pencinta film keluaran Marvel tentunya sudah tak asing dengan sosok-sosok karakter pahlawan super yang diciptakan dari Marvel versi komiknya. Diantaranya seperti Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Ant-Man, Doctor Strange, Spider-Man dan masih banyak lagi.

Marvel beberapa waktu lalu berhasil mencetak rekor ketika merilis film Avengers: Endgame. Selama penayangan, Avengers: Endgame selalu menepati trending di media sosial. Berselang beberapa waktu, Marvel merilis film salah satu tokoh superhero yaitu Spider-Man: Far From Home. 

Spider-Man: Far From Home yang ditayangkan perdana pada 2 Juli 2019 lalu pun menjadi film yang meraup keuntungan fantastis. Suka cita para penggemar Marvel akan kesuksesan Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland ternyata harus dikejutkan dengan kabar tak menyenangkan.

Spider-Man, salah satu tokoh pahlawan super yang memiliki banyak penggemar dari anak-anak hingga orang dewasa ini kabarnya bakal meninggalkan Marvel Cinematic Universe. Sony Pictures kabarnya bakal menarik keluar Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe karena permasalahan pembagian keuntungan.

Lebih lengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber fakta-fakta terbaru mengenai karakter Spider-Man yang tengah menjadi sorotan publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sony Pictures Bakal Tarik Keluar Spider-Man dari Marvel

Dikutip dari Buzzfeed oleh Liputan6.com, Rabu (21/8/2019) Marvel Studios akan berpisah dengan franchise Spider-Man yaitu Sony Pictures. Kabar yang mulai terekspos pada hari Selasa, (20/8/2019) lalu ini terkait dari pemutusan kerjasama. Sony Pictures secara efektif akan menghapus versi Peter Parker yang diperankan oleh Tom Holland dari Marvel Cinematic Universe. 

Karakter yang selalu sukses dan jadi idola sepanjang masa ini bakal keluar dari Marvel karena permasalahan pendapatan alias uang. Sony Pictures yang telah memiliki hak film untuk Spider-Man selama beberapa dekade ini harus menelan kekecewaan.

Marvel dan Sony Pictures bekerjasama untuk memproduksi film Spider-Man: Homecoming pada tahun 2017 dan Spider-Man: Far From Home pada tahun 2019 ini. Namun, kesepakatan pembagian pendapatan yang seharusnya 50:50 tak tercapai. Produser Spider Man: Far From Home, Kevin Feigedan Amy Pascal kabarnya setuju untuk mengeluarkan Spider Man dari Marvel Cinematic Universe terkait nama hak cipta oleh Sony Pictures. 

3 dari 5 halaman

2. Film Kedua yang Meraup Keuntungan Fantastis

Film Spider-Man: Far From Home berhasil naik dengan pesat melampaui angka pendapatan 1 Miliar Dolar di box office seluruh dunia dan menjadi film pertama dari waralaba tersebut yang berhasil mencetak prestasi tersebut. Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi para penggemar dan juga kru dari Spider Man. 

Bagi Sony Pictures, film Spider-Man: Far From Home adalah film kedua yang mampu meraup miliaran dolar setelah "James Bond: Skyfall" yang berhasil meraup angka pendapatan 1,1 miliar dolar, yang dibuat bersama MGM seperti dilaporkan The Hollywood Reporter.

"Spider-Man: Far From Home" yang dibintangi oleh Tom Holland sebagai Spider-Man adalah film seri ke delapan dari Sony Spidey dan diproduksi oleh pimpinan Marvel Studios Kevin Feige dan Amy Pascal.

4 dari 5 halaman

3. Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Film Spider-Man: Far From Home merupakan sekuel dari  film sebelumnya yaitu Spider-Man: Homecoming yang dirilis pada 2017 lalu. Spider-Man: Homecoming menjadi film "Spider-Man" dengan pendapatan terbesar dengan perolehan 880 juta dolar.

Kemudian tahun 2019, Spider-Man: Far From Home menjadi film ke-40 yang melampaui 1 miliar dolar dan merupakan film ketiga terbesar yang dirilis 2019 di belakang Avengers: Endgame yang meraup 2,79 miliar dolar dan Captain Marvel yang berhasil mengumpulkan 1,13 miliar dolar baik dari Disney dan Marvel.

Spider-Man juga berhasil menyalip rekor Jumanji: Welcome to the Jungle yang sebelumnya menjadi film terlaris sepanjang masa dari Sony Pictures dengan 963 juta dolar.

5 dari 5 halaman

4. Masih Belum Ditentukan

Dikutip dari USA Today oleh Liputan6.com, seorang narasumber mengatakan bahwa belum ada kepastian bagaimana nasib Spider Man selanjutnya. 

"Ini tidak selalu berarti bahwa Spider-Man tidak akan menjadi bagian dari MCU yang akan datang. Masalah ini hanya tentang kredit produser." ucapnya dikutip dari USA Today. 

Meski masih belum menentukan, para netizen sudah ramai di media sosial. Tagar Save Spiderman dan nama Tom Holland pun menjadi trending di Twitter perihal masalah ini. Banyak para netizen yang tak ingin Spider Man berpisah dari Marvel. 

"Jangan setuju dengan Spidey tanpa MCU! Penonton punya banyak kekuatan di sini. #SaveSpiderMan" tulis pemilik akun @epeytonhudson di Twitter. 

"Spider-Man harus tetap di MCU & Tom Holland harus terus bermain sebagi Peter Parker. Stan Lee mengatakan betapa sempurnanya Tom sebagai Peter & betapa Spider Man adalah favoritnya. #SaveSpiderMan" imbuh @brie_sparkles.

"Tony Stark tidak melakukan perjalanan kembali pada waktunya untuk mendapatkan batu infinity hanya agar Sony dapat mengacaukannya dengan mengambil Spider Man dari MCU. KITA TIDAK BISA MENGAMBIL TOM HOLLAND SETELAH KITA JATUH CINTA DENGAN DIA. #SaveSpiderMan" timpal @djairine_

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini