Sukses

6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta Bagi penderita asam lambung, tak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, salah-salah dalam memilih makanan bisa membuat produksi asam lambut menjadi menigkat dan memperparah keluhannya. Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung adalah cokelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah yang asam, bawang putih dan lain sebagainya.

Terjadinya asam lambung ini disebabkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang kemudian membuat penderita asam lambung sering mendapatkan resep antibiotik dan penekan asam oleh dokter. Namun, kamu tak melulu mengonsumsi obat untuk meredakan rasa nyerinya.

Penderita asam lambung disarankan untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi rasa nyeri lambung. Ya, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menekan bakteri tersebut. Berikut Liputan6.com, Rabu (21/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan dan mencegah asam lambung.

2 dari 7 halaman

Sayuran Hijau

Apabila kamu memiliki asam lambung, disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Deretan sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, dan buncis.

Di antara semua sayuran hijau tersebut, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Sayuran ini memilki tingkat asam yang rendah. Selain itu, sayuran hijau ini dapat menenangkan lapisan esofagus.

3 dari 7 halaman

Roti Gandum

Bagi penderita asam lambung, pilihan roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya, Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

4 dari 7 halaman

Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH atau derajat keasaman di dalam lambung. Di sini pisang mampu memberi rasa kenyang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

5 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan pada lidah buaya bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptic, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis. Kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya sebagai pengental untuk membuat masakan.

6 dari 7 halaman

Jahe

Selain memberikan rasa hangat dalam tubuh, jahe juga bisa mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan adanya kandingan antiradang di dalam jahe yang dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

7 dari 7 halaman

Daging Tanpa Lemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Jika kamu ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, kamu bisa memilihnya yang tidak memiliki lemak, tanpa kulit. Kemudian olah daging tersebut dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Redakan Asam Lambung