Sukses

Fungsi Asli Uang Adalah Sebagai Alat Tukar dan Satuan Hitung

Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung yang memudahkan dalam transaksi jual beli.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi asli uang adalah fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang. Selanjutnya dengan fungsi asli uang tersebut, muncullah fungsi-fungsi lain yang disebut fungsi turunan. Fungsi turunan dapat diartikan sebagai fungsi yang muncul selain fungsi dari tujuan awal diciptakannya uang.

Dapat disimpulkan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan uang bisa dibagi lagi pada beberapa hal, yaitu untuk menunjukkan harga, sebagai alat pembayaran, penimbun kekayaan, pemindahan kekayaan, penunjang kegiatan ekonomi dan sosial hingga sebagai alat pembayar utang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019) tentang fungsi asli uang adalah sebagai satuan hitung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi asli uang

Alat tukar (medium of exchange)

Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar. Menjadi alat tukar merupakan fungsi utama uang karena pada dasarnya penggunaan uang adalah untuk memudahkan pertukaran. Adanya uang menjadikan kamu lebih fleksibel dalam menentukan pilihan antara pembeli dan penjual sehingga tidak perlu lagi memiliki keinginan timbal balik seperti pada pola barter.

Pada zaman dulu orang akan melakukan proses pertukaran barang dengan barang yang nilainya kurang lebih sama. Di zaman modern, pertukaran tidak lagi menukarkan barang tapi hanya dengan memakai uang yang dimanfaatkan sebagai alat tukar. Beginilah fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar yang mampu mengatasi kesulitan pertukaran dengan cara barter.

Satuan hitung (unit of account)

Fungsi asli uang adalah sebagai satuan hitung. Fungsi uang sebagai satuan hitung sudah merupakan suatu keharusan. Tanpa adanya satuan hitung orang akan sulit menentukan nilai atau harga suatu barang dan jasa.

Karena nilai dari bermacam-macam barang atau jasa yang ditawarkan di luar sana cukup bervariasi, uang sebagai satuan hitung dapat memudahkan setiap orang yang ingin melakukan transaksi.

Satuan hitung yang dimaksudkan di sini adalah menghitung besar dan kecilnya pinjaman serta menunjukkan besar kekayaan. Oleh karena itulah, fungsi asli uang adalah satuan hitung sangat penting dalam penggunaan uang dalam fungsi turunan nantinya.

3 dari 5 halaman

Fungsi Turunan Uang

Menunjukkan harga

Berbeda dengan fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung, fungsi turunan uang merupakan turunan dari dua fungsi tersebut. Fungsi turunan uang yang pertama adalah untuk menunjukkan harga.

Dalam bidang perekonomian entah itu barang atau jasa yang diperjualbelikan, tentu kamu harus tahu harga dari barang atau jasa tersebut. Uanglah yang digunakan untuk menentukan harga tersebut. Dengan kata lain, uang dimanfaatkan sebagai sebuah alat penunjuk harga. Dengan kamu mengetahui harga suatu barang, kamu bisa memperkirakan untuk jadi membeli atau tidak suatu barang.

Alat Pembayaran

Setelah kamu mengetahui harga suatu barang dengan melihat fungsi uang sebagai untuk menunjukkan harga, yang merupakan turunan dari fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung. Fungsi uang selanjutnya adalah sebagai alat pembayaran. Tanpa uang, manusia tidak akan dapat membeli suatu barang atau jasa. Arti dari fungsi ini adalah bahwa manusia menggunakan uang untuk membayar jasa atau barang yang dibutuhkannya.

4 dari 5 halaman

Penimbun dan Pemindahan kekayaan

Penimbun kekayaan

Fungsi uang yang berikutnya adalah sebagai penimbun kekayaan. Uang sebagai penimbun kekayaan adalah uang merupakan bagian kekayaan seseorang atau perusahaan dalam menunjukkan seberapa besar kekuatan finansial yang dimiliki. Ini berarti menyimpan uang sama artinya dengan menyimpan kekayaan.

Pemindahan kekayaan

Fungsi uang selanjutnya adalah sebagai alat pemindahan kekayaan. Uang sebagai pemindah kekayaan maksudnya adalah seseorang yang memiliki suatu kekayaan dapat di pindahkan ke dalam bentuk kekayaan lain dengan perantara uang. Seseorang yang mempunyai kekayaan dengan bentuk lain selain dari banyak uang, ia dapat memindahkan kekayaannya.

Contohnya adalah ketika seseorang yang tinggal di kota namun sebenarnya memiliki tanah di desa. Tanah tersebut bisa dijual yang kemudian uangnya dapat digunakan untuk membeli tanah di kota.

5 dari 5 halaman

Alat pembayar hutang dan Penunjang kegiatan ekonomi

Penunjang kegiatan ekonomi dan sosial

Fungsi turunan uang selanjutnya adalah penunjang kegiatan ekonomi dan sosial. Uang sangat berpengaruh dalam masyarakat dan dianggap sangat mendukung aktivitas ekonomi dan sosial, sebagai turunan dari fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung.

Hal ini dikarenakan setiap orang akan termotivasi untuk memperoleh uang sehingga mereka ingin bekerja atau melakukan kegiatan ekonomi. Motivasi ini didapat juga karena uang adalah sebuah kebutuhan dalam kehidupan.

Alat pembayar hutang

Fungsi turunan uang berikutnya adalah sebagai alat pembayar utang. Uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang, hal tersebut karena uang dapat digunakan untuk mengukur atau dijadikan standar pembayaran utang pada masa yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini