Sukses

Fungsi Terbilang Excel 2019 untuk Mempermudah Olah Angka

Fungsi Terbilang Excel bisa membuat pekerjaan lebih efisien

Liputan6.com, Jakarta Fungsi terbilang excel 2019 bisa membantu pengolahan angka menjadi lebih mudah. Fungsi terbilang excel 2019 merupakan sebuah fitur unik dalam Excel. Banyak yang belum mengetahui kegunaan fungsi terbilang excel 2019. 

Salah satu pengolahan data yang dapat dibantu oleh fungsi terbilang excel 2019 adalah mengubah data angka ke dalam sebuah bilangan atau teks. Contoh mengubah 1000.000 menjadi satu juta. Fungsi terbilang excel 2019 ini banyak digunakan untuk membantu membuat alat pendukung laporan keuangan yang rumit.

Fungsi terbilang excel 2019 begitu membantu pengolahan angka dalam jumlah besar. Dengan fungsi ini pengolahan angka menjadi lebih cepat dan efisien. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara memanfaatkan fungsi ini. Bahkan jika dicari pada aplikasi Excel yang telah terinstal fungsi terbilang excel 2019 ini tak dapat ditemukan.

Lantas bagaimana kerja sebuah fungsi terbilang excel 2019 dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan Liputan6.com mengenai fungsi terbilang excel 2019 yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Fungsi terbilang excel 2019

Fungsi terbilang excel 2019 biasanya digunakan untuk mengubah data angka menjadi kata atau terbilang. Misalnya angka 10 oleh fungsi ini diubah otomatis menjadi "sepuluh". Jika biasanya fungsi Excel sudah tersedia otomatis dalam sistem Excel setelah diinstal, fungsi terbilang excel 2019 perlu diinstal secara manual.

Fungsi terbilang excel 2019 dapat diperloeh dengan memasang sebuah Add-Ins. Add-in Excel memungkinkan Anda untuk memperluas fungsionalitas aplikasi Excel di berbagai platform termasuk Windows, Mac, iPad, dan di browser. Add-in Excel mencakup dua komponen dasar: aplikasi web dan file konfigurasi, yang disebut file manifes. Add-Ins tidak terpasang secara default dalam excel. Anda perlu menginstal dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Add-Ins bisa diunduh gratis di internet. Sudah banyak situs yang menyediakan Add-Ins gratis sesuai kebutuhan termasuk terbilang excel dalam bahasa Indonesia.

3 dari 5 halaman

Cara memasang Fungsi terbilang excel 2019

Pertama non-aktifkan security macro dengan Klik Menu pada excel dan pilih Options. Klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings. Klik Enable all macros pada Macro Settings. Klik OK.

Sebelum memasukkan Add-Ins ke excel unduh terlebih dahulu file fungsi terbilang excel 2019. Anda bisa mendapatkan file ini melalui internet dengan kata kunci fungsi terbilang excel.

Untuk menginstal Add-in yang biasanya terinstal dengan Excel, jalankan program penyetelan untuk Excel. Pilih opsi File, klik Option. lalu klik kategori Add-In. Dalam kotak "Manage" klik Add-in Excel, lalu klik Buka. Kotak dialog Add-in muncul.

Di sebelah kanan, pilih opsi Browse, pilih tempat di mana file fungsi terbilang excel 2019. Klik OK. Kemudian beri tanda ceklist pada terbilang klick OK. Setelah ini Anda sudah dapat menggunakan fungsi terbilang excel 2019.

4 dari 5 halaman

Cara menggunakan fungsi terbilang excel

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan Add-Ins, Anda bisa mulai menggunakannya. Cara menggunakannya sama seperti fungsi excel pada umumnya. Fungsi ini bisa membantu Anda untuk merubah angka menjadi huruf secara otomatis dan menjadi lebih efisien. Berikut caranya:

1. Ketikkan angka berapa pun dalam jumlah besar pada sebuah sel. Misalnya ketikkan angka 234156 pada sel A1. Kemudian arahkan kursor ke sel kosong lain, misalnya B1.

2. Ketikkan rumus pada sel B1 =terbilang(A1). Tekan Enter.

3. Secara otomatis angka di sel A1 akan diterjemahkan pada sel B1 menjadi huruf terbilang "dua ratus tiga puluh empat ribu seratus lima puluh enam."

4. Jika ingin menambah "rupiah" dibelakang terbilang, cukup tambahkan bagian rumus dengan “& rupiah”.

5. Jika ingin merubah huruf dari kecil menjadi besar hanya dengan menambahkan kata “UPPER” dibagian depan rumus.

6. Jika ingin merubah huruf kapital di setiap awal kata, tambahkan kata “PROPER” di bagian depan rumus.

5 dari 5 halaman

Cara menghapus rumus terbilang excel

1. Klik tab file, lalu klik keluar.

2. Di kontrol panel, klik programs and features (Windows 7 dan Windows Vista) atau Tambahkan/Hapus Program (Windows XP).

3. Lakukan salah satu langkah berikut ini:

- Jika Anda telah menginstal Excel sebagai bagian dari Microsoft Office, klik Microsoft Office dalam daftar program yang terinstal, lalu klik tombol Change.

- Jika Anda menginstal Excel secara individual, klik nama program Anda dalam daftar program yang terinstal, lalu klik tombol Change .

- Jika Anda menginstal Add-in dari pusat unduhan, klik nama program Anda dalam daftar program yang terinstal, lalu klik tombol Uninstall.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.