Sukses

7 Pantangan Makanan Penderita Asam Urat yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Pantangan makanan penderita asam urat benar-benar harus dihindari. Bila tidak bisa mengakibatkan asam urat sering kambuh dan malah bertambah parah. Oleh karena itu, pengaturan pola makan sangat diperlukan bagi penderita asam urat.

Beberapa makanan mulai dari daging hewan, susu, hingga sayuran menjadi beberapa pantangan makanan penderita asam urat. Biasakanlah pola makan sehat dan teratur agar kamu bisa menghindari segala penyebab asam urat.

Pantangan makanan penderita asam urat bisa dilihat dari kandungan purin. Purin adalah senyawa alami dalam makanan dan minuman yang akan diurai oleh asam urat dalam tubuh. Semakin banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, sistem pencernaan kamu akan memproduksi asam urat lebih banyak pula.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/8/2019) tentang pantangan makanan penderita asam urat.

2 dari 4 halaman

Jeroan dan Daging

Jeroan

Pantangan makanan penderita asam urat yang pertama adalah Jeroan. Jeroan seperti ati, limpa, babat, usus, paru, lidah, otak, ginjal, dan jantung harus benar-benar kamu hindari agar asam urat tidak menyerangmu. Bila kamu tak menginginkan asam urat melonjak, maka kamu perlu menghindari makanan penyebab asam urat yang berbahan hati, babat, kikil, dan semua jenis makanan yang tergolong sebagai jeroan ini. Pada 100 gram jeroan mengandung sekitar 100 hingga 1000 miligram purin.

Daging

Selanjutnya, pantangan makanan penderita asam urat adalah produk daging. Baik daging merah seperti daging sapi, kambing, domba, dan babi, maupun daging putih atau daging unggas seperti daging kalkun, entok (angsa), burung puyuh, dan kelinci merupakan salah satu makanan yang dapat memicu asam urat kumat.

Untuk sajian daging ini, kamu perlu menghindari daging yang memiliki lemak berlebih. Batasi konsumsinya hanya 100 gram per hari. Air kaldu yang berasal dari daging-daging ini pun mengandung purin yang tinggi, sehingga tetap harus kamu batasi konsumsinya.

3 dari 4 halaman

Seafood dan Sumber Makanan Nabati

Seafood

Pantangan makanan penderita asam urat selanjutnya adalah makanan laut yang tinggi purin. Tak hanya jeroan yang memiliki sumber purin yang tinggi, Seafood dan ikan juga merupakan sumber purin.

Di antara seafood dan ikan, kerang, ikan sarden, trout, herring, teri, dan kembung merupakan makanan yang mengandung kadar purin yang paling tinggi. Sedangkan aneka olahan ikan yang memiliki kadar purin sedang adalah tuna, ikan cod, ikan mas, ikan pecak, kakap, salmon, serta seafood, seperti lobster, kepiting, dan udang.

Sumber Makanan NabatiĀ 

Sumber makanan nabati ternyata juga merupakan pantangan makanan penderita asam urat. Beberapa jenis sayuran seperti jamur, asparagus, kembang kol, lentil, kacang-kacangan, polong-polongan, dan bayam berkadar purin sedang dan konsumsinya dibatasi tidak lebih dari 2 porsi, atau 1 cangkir mentah atau Ā½ cangkir matang, per minggu.

Bayam yang merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid, ternyata memiliki kandungan purin yang tinggi. Secara otomatis, hal ini mengakibatkan bayam tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

Sedangkan kembang kol yang seringkali disajikan dalam campuran sayuran juga mengandung purin yang cukup tinggi. Menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

4 dari 4 halaman

Alkohol dan Produk Susu Tinggi Lemak

Alkohol

Alkohol seperti bir, wine, arak, sake, soju, dan wiski juga merupakan pantangan makanan penderita asam urat. Minuman beralkohol, khususnya bir dan minuman beragi, sangat tinggi purin. Sedangkan, liquor dan wine berkadar purin sedang dan karenanya masih bisa dikonsumsi dalam batas wajar. Namun dengan mempertimbangkan minuman beralkohol yang memang tidak menyehatkan, sebaiknya kamu menghindari konsumsinya.

Dengan membatasi makanan yang mengandung purin, diharapkan kadar asam urat di dalam tubuh kamu bisa terjaga di rentang normal: 2,4-6 mg/dL untuk perempuan, dan 3,4-7 mg/dL untuk laki-laki. Kamu bis mengombinasikan diet rendah purin dengan perilaku hidup sehat, olahraga secara rutin dan teratur, serta menjaga berat badan ideal agar kesehatan tubuh terus terjaga dengan baik.

Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Metabolisme gula memang tidak menghasilkan purin. Namun, makanan tinggi gula sederhana seperti roti tawar putih, produk roti komersial, cake, kue-kue kering, produk minuman kemasan dan minuman bersoda khususnya yang mengandung high-fructose corn syrup dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, makanan dengan kadar gula tinggi ini menjadi salah satu pantangan makanan penderita asam urat yang perlu diperhatikan.

Produk Susu Tinggi Lemak

Susu tinggi lemak seperti whole milk atau full cream, serta produk sampingannya, seperti keju juga tinggi kandungan purin. Karena itu, produk susu tinggi lemak merupakan salah satu pantangan makanan penderita asam urat yang harus dihindari.

Namun, konsumsi susu skim dan produk susu rendah atau bebas lemak (keju maupun yogurt) tergolong rendah purin, sehingga cenderung aman dikonsumsi.