Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Cara Membuat Tahu Krispi Renyah yang Mudah dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tahu krispi renyah tidak begitu sulit. Apalagi dengan harga tahu yang murah dan mudah didapatkan di mana-mana, membuat tahu banyak digemari. Olahan tahu krispi pun sekarang ini semakin banyak dijual di kedai pinggir jalan.

Bagi kamu yang ingin membuat tahu krispi sendiri di rumah, karena merasa kalau membeli di luar lebih menguras kantong, kamu bisa mengikuti cara membuat tahu krispi renyah ini. Cukup dengan menyediakan bahan-bahan yang diperlukan, lalu kamu tinggal mengikuti langkah-langkah membuatnya.

Cara membuat tahu krispi renyah sangat mudah dengan mengikuti berbagai langkahnya. Dengan membuat sendiri di rumah, kamu bebas menjadikan tahu sebagai makanan pendamping nasi maupun camilan untuk menemani kegiatan santaimu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/8/2019) begini cara membuat tahu krispi renyah.

2 dari 4 halaman

Cara membuat tahu krispi renyah yang mudah dan sederhana

Kamu bisa mengikuti cara membuat tahu krispi renyah di bawah ini untuk mendapatkan tahu krispi yang menggugah selera. Hanya dengan menyiapkan beberapa bahan yang tidak sulit ditemukan, kamu sudah bisa mengikuti cara membuat tahu krispi renyah satu ini.

Dalam mengikuti cara membuat tahu krispi renya ini, kamu perlu memerhatikan bahwa ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tahu krispi renyah,

Bahan yang diperlukan:

10 buah tahu putih. Kukus sekitar 15 menit

3/4 kg tepung terigu merek cakra untuk hasil terbaik

1 bungkus penyedap rasa

2 sdt backing powder

Garam secukupnya

Minyak secukupnya

Bumbu halus:

1 bungkus penyedap rasa

Merica bubuk secukupnya

4 siung bawang putih

Garam secukupnya

Air secukupnya (digunakan untuk merendam bumbu yang sudah di haluskan)

3 dari 4 halaman

Cara membuat tahu krispi renyah

Setelah melengkapi semua bahan-bahan yang diperlukan dan membuat bumbu halus, kamu sudah bisa mengikuti cara membuat tahu krispi renyah ini. Membuat tahu krispi renyah ini tidak membutuhkan waktu begitu lama untuk menyelesaikannya. Asalkan kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan baik, kamu akan mendapatkan tahu krispi renyah yang enak untuk teman makan dan camilan di kala bersantai. Begini cara membuat tahu krispi renyah yang mudah dan sederhana:

1. Haluskan semua bumbu halus lalu campur dengan air.

2. Potong tahu yang sudah dikukus dengan bentuk kotak ukuran 4 cm.

3. Rendam tahu yang sudah dipotong ke dalam air campuran bumbu yang sudah di haluskan tadi.

4. Setelah itu, masukkan ke dalam Chest Freezer selama kurang lebih 1 jam.

5. Campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan penyedap rasa ke dalam wadah berukuran sedang lalu aduk hingga tercampur rata.

6. Keluarkan tahu dari lemari pendingin lalu campurkan tahu kedalam campuran adonan yang sudah di buat tadi sambil ditekan pelan-pelan agar saat di goreng membentuk kulit yang renyah.

7. Panaskan minyak pada penggorengan, lalu goreng tahu sampai matang hingga kuning kecokelatan.

4 dari 4 halaman

Tips Menyimpan Tahu Sebelum Diolah

Sebelum mengikuti cara membuat tahu krispi renyah, tentunya kamu perlu tahu juga beberapa tips menyimpan tahu sebelum diolah. Hal ini diperlukan bila kamu tidak langsung mengolah tahu yang telah kamu beli. Dengan mengetahui cara menyimpan tahu yang baik, tentunya hasil dari kamu mengikuti cara membuat tahu krispi renyah akan mendapatkan hasil yang semakin maksimal dan tidak gagal tentunya. Begini tips menyimpan tahu sebelum diolah:

1. Cek tahu sebelum membeli

Pastikan tahu masih dalam keadaan yang baik ketika kamu membelinya. Perhatikan apakah permukaan tahu berlendir atau tidak. Jika permukaan tahu berlendir, itu artinya tahu sudah dalam keadaan yang tidak bagus. Hal ini harus benar-benar diperhatikan sebelum membeli tahu.

2. Periksa aroma tahu

Sebelum membeli tahu, ada baiknya kamu mencium aroma tahu untuk memastikan bahwa tahu tidak mengandung aroma obat-obatan. Jika tercium aroma obat-obatan sebaiknya urungkan membeli tahu itu.

3. Cuci tahu

Sebelum disimpan, cucilah tahu dengan menggunakan air mengalir. Kemudian tiriskan. Dengan begitu, saat kamu mengikuti cara membuat tahu krispi renyah nantinya akan mendapatkan tahu yang bersih dari kuman dan bakteri.

4. Rendam tahu

Letakkan tahu dalam wadah kemudian rendam tahu dengan air hingga seluruh permukaan tahu terendam dengan sempurna. Tutup wadah dengan rapat. Jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari agar tahu lebih tahan lama.

5. Simpan tahu secara utuh

Jangan potong tahu terlebih dahulu. Simpan tahu dalam keadaan utuh. Kamu bisa memotong tahu saat akan mengikuti cara membuat tahu krispi renyah nantinya. Jadi sebelum kamu membuat tahu, tahu yang baru dibeli harus tetap dalam keadaan utuh atau belum dipotong.

Loading