Sukses

Anak Idap Autisme, Ini Cerita Dian Sastrowardoyo Berjuang Demi Kesembuhannya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang anak dalam sebuah pernikahan tentu saja termasuk hal yang membahagiakan dan cukup dinantikan. Setiap orang tua tentu akan memberikan yang terbaik bagi sang buah hati. Hal ini pula yang dilakukan oleh aktris Dian Sastrowardoyo

Baru-baru ini Dian Sastro mengungkapkan jika sang buah hati yang bernama Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo mengidap autisme. Kondisi sang anak yang mengidap autisme baru diungkap ke publik oleh Dian Sastrowardoyo setelah bertahun-tahun. Dian Sastrowardoyo baru mengetahui hal tersebut saat sang anak berusia enam bulan.

Menurut wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini, perkembangan Shailendra pada saat itu tak seperti bayi pada umumnya. Ia juga menyadari perbedaan perkembangan sang anak dari instingnya sebagai seorang ibu.

"Di sini insting seorang ibu muncul. Sorry to say, tapi ini fakta kalau insting ibu lebih kuat. Kita harus early intervention untuk mengetahui gejala dini pada anak," ujar Dian Sastrowardoyo di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2019).

Tentu saja, mengetahui ada gejala yang berbeda dari anak tercintanya, Dian Sastrowardoyo pun melakukan konsultasi dengan dokter. Setelah melakukan konsultasi dan mengetahui hasilnya, rupanya benar jika anaknya didiagnosa mengidap autisme. Selain itu, menurutnya setelah konsultasi dengan dokter, ia pun melihat tujuh ciri pengidap autisme pada diri anaknya.

2 dari 3 halaman

Lakukan terapi dan pengobatan

Tentu saja, mengetahui sang anak mengidap autisme, membuat Dian Sastrowardoyo mencurahkan segala usaha untuk kesembuhannya. Dian juga mengaku akibat dari anaknya yang termasuk 'spesial', dirinya tak bisa melakukan bonding layaknya ibu dan anak pada umumnya. Hal ini pulalah yang membuat Dian cukup sedih.

"Lalu jarang ada kontak mata, kita juga merindukan koneksi batin, bonding. Itu enggak pernah terjadi di anak saya. Aku rindu loh ada eye contact sama anak saya, aduh saya kalau ngomong begini pengin nangis loh," ujar Dian.

Masa-masa pengobatan yang membutuhkan banyak kesabaran pun dilakukan oleh Dian Sastrowardoyo demi kesembuhan sang anak. Mulai dari menjalani pengobatan dan juga terapi.

"Dia terapi dan juga banyak bantuan dari psikolog dan juga dokter anak. Saya memberikan terapi wicara, terapi okupasi, dan juga terapi perilaku buat anak saya," ungkapnya.

Karena kesabaran dan pendampingan dari keluarga terhadap kondisi sang buah hati, Shailendra kini pun sudah dianggap seperti anak normal lainnya. Kabar membahagiakan diketahui oleh Dian Sastrowardoyo saat usia sang anak berumur 6 tahun.

3 dari 3 halaman

Kedekatan dengan sang anak

Meski Dian Sastrowardoyo cukup disibukkan dengan segala kegiatan di industi hiburan Tanah Air, ia tetap menyempatkan untuk tetap menjalin interaksi dan komunikasi pada keluarga.

Bahkan, Dian juga cukup sering mengunggah foto bersama anak-anaknya dan sang suami di akun Instagram pribadinya. Kedekatan dan keakraban keluarga kecil ini juga terlihat dari unggahan foto pada akun Instagram.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Momen Kebersamaan Dian Sastrowardoyo dengan Buah Hatinya
Artikel Selanjutnya
Suka Olahraga, 6 Seleb Cantik Tanah Air Ini Suka Ikut Lari Maraton