Sukses

7 Cara Merawat Sweater Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Melar

Liputan6.com, Jakarta Sweater merupakan sebuah fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat musim dingin ataupun musim hujan. Pasalnya sweater memiliki bahan tebal yang bisa membantu menghalau cuaca dingin. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan sweater juga cocok dipakai di luar musim hujan. Terutama saat hangout di malam hari.

Namun, karena kebanyakan sweater biasanya berbahan rajutan, maka tidak jarang ditemukan sweater yang cepat rusak atau mudah melar karena perawatan yang tidak tepat. Salah satu tantangan terbesar mungkin saat mencucinya.

Cara merawat sweater agar tetap awet dan tidak mudah melar bisa kamu lakukan di rumah. Hal utama yang harus sangat diperhatikan tentunya adalah dalam mencucinya, karena biasanya pada saat mencucilah sweater sering rusak atau melar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/8/2019) cara merawat sweater agar tidak mudah melar.

2 dari 4 halaman

Pantangan Saat Mencuci Sweater.

Jangan Menggunakan Sikat

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat sweater adalah jangan menggunakan sikat saat mencucinya. Hal ini disebabkan karena bahan sweater yang tersusun dari rangkaian serat-serta tebal, membuatnya cenderung mduah rusak dan melar. Selain itu, bulu sikat yang kasar juga dapat menyebabkan sweater mudah melar dan bisa terlepas dari rajutannya.

Pisahkan dari Pakaian dengan Pengait Saat Mencuci

Selanjutnya saat mencucinya, jika kamu ingin sweater tak mencuat jahitannya, jangan mencampur sweater dengan pakaian dalam seperti bra. Besi pengait pada bra bisa mencabut jahitan dan membuat sweater rusak. Begitu pula dengan celana atau baju lainnya yang kemungkinan punya pengait atau ujung-ujung runcing.

3 dari 4 halaman

Cara Mencuci Sweater

Rendam Dalam Sabun Air Hangat

Siapkan air hangat secukupnya dan tuang detergen. Rendam sweater di dalam air sabun lebih kurang 20 menit. Jangan mencucinya di dalam mesin cuci. Kekuatan gilingan mesin cuci biasanya hanya akan membuat sweater jadi lebih mudah melar dan rusak. Kucek-kucek pelan, jangan menarik terlalu keras dan mengangkat sweater penuh air berkali-kali saat mencuci.

Buang Air Sabun dan Jangan Diperas

Saat meniriskan sweater dari sabun, jangan memeras hingga sweater berkerut dan kering. Agar tak melar, cukup remas-remas bagian yang basah. Setelah itu, masukkan ke dalam air bersih, ulangi dua kali.

4 dari 4 halaman

Mengeringkan Sweater

Peras di Mesin Cuci

Walau kamu tidak boleh memeras sweater secara manual, namun kamu bisa memanfaatkan mesin pemeras baju pada mesin cuci. Jangan menggunakan pengering karena suhunya bisa merusak sweater. Cukup diperas saja.

Angin-Anginkan Sampai Kering

Setelah cukup kering, pasang gantungan baju dari bawah sweater, jangan dari kerahnya. Kerahnya akan mudah melar jika kamu pasang gantungan dari bagian leher ini. Angin-anginkan hingga kering. Kamu harus memastikan sweater benar-benar kering sebelum menyimpannya di dalam lemari.

Lipat sweater

Menggantung sweater dengan hanger dapat membuatnya lebih mudah melar. Selain itu, penggunaan hanger biasanya juga akan merusak bentuk bagian bahu hingga lengan pada sweater. Maka dari itu, lebih baik lipat sweater dengan rapi dan masukkan ke dalam lemari. Hal ini akan membuat sweater lebih awet dan tidak mudah melar tentunya.

Loading